Cara Sinkronisasi Pesan iMessage di iPhone, iPad, dan Mac

Cara Sinkronisasi Pesan iMessage di iPhone, iPad, dan Mac

Cara Sinkronisasi Pesan iMessage di iPhone, iPad, dan Mac

Dengan iMessage, sesama pengguna iOS & OS X dapat bertukar pesan dengan mudah menggunakan jaringan Internet. Pesan yang dikirimkan dapat berupa teks, gambar, dokumen, dan bahkan video. Kemudahan dalam bertukar data menjadikan iMessage sebagai salah satu cara favorit dalam mengirimkan file dalam satu jaringan.

Apabila Anda pemilik iPhone, iPad, dan Mac maka kemungkinan besar tidak setiap pesan iMessage tersinkronisasi dengan benar. Khususnya bagi pemilik iPhone yang menggunakan nomor telepon sebagai Caller ID, pesan iMessage biasanya tidak akan muncul di Messages iPad maupun Mac.

Cara sinkronisasi pesan iMessage di setiap perangkat Apple sebenarnya cukup sederhana. Singkatnya Anda harus menggunakan Caller ID yang sama pada setiap perangkat sehingga pertukaran pesan konsisten di mana penerima dan pengirim pesan selalu sama. Apabila penjelasan di sini masih kurang jelas, berikut ini adalah langkah-langkah sinkronisasi iMessage di iPhone, iPad, iPod touch, dan Mac.

Pengaturan iMessage di iPhone

Buka Settings > Messages > Receive At > Caller ID dan gunakan email iCloud sebagai Caller ID. Jangan lupa juga mematikan Send As SMS karena pesan SMS tidak dapat dibawa ke perangkat Apple lainnya.

Caller ID adalah identitas yang muncul ketika pesan pengirim sampai ke penerima.

Mengubah Caller ID iMessage di iPhone

Mengubah Caller ID iMessage di iPhone

Meskipun menggunakan nomor telepon mempunyai kelebihan sendiri di mana penerima dapat membalas menggunakan SMS, menggunakan nomor telepon sebagai Caller ID akan mempersulit proses sinkronisasi. Hal ini disebabkan Anda tidak dapat menggunakan nomor telepon sebagai Caller ID di iPod touch, iPad dan Mac.

Pengaturan iMessage di iPad dan iPod touch

Cara menentukan Caller ID di iPad dan iPod touch juga serupa dengan iPhone. Buka Settings > Messages > Receive At > Caller ID dan pilih email yang digunakan sebelumnya di iPhone sebagai Caller ID.

Beberapa orang suka menggunakan beberapa email pada Receive At. Sebaiknya cukup gunakan satu email karena email yang berbeda tidak akan digabung menjadi satu pembicaraan di iMessage.

Pengaturan iMessage di Mac

Lakukan hal yang sama buat Mac. Gunakan email yang sebelumnya digunakan pada iPad, iPhone, dan iPod touch.

Pengaturan iMessage di Mac

Pengaturan iMessage di Mac

Tips: Menggunakan satu email untuk iMessage juga mempermudah proses pengaturan pada perangkat baru. Daripada mengingat semua email yang bisa menerima pesan iMessage, coba manfaatkan email iCloud sebagai pusat dari pesan iMessage.

Apabila semua pengaturan sudah benar maka pesan yang diterima akan sama di setiap perangkat. Proses sinkronisasi ini bisa mempermudah banyak keadaan. Berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain untuk melanjutkan pembicaraan menjadi sangat mudah. Saya sering melanjutkan pembicaraan dengan sesama penulis MakeMac dari Mac ke iPhone tergantung situasi.


Seorang penggemar produk Apple dan memiliki blog pribadi yang membahas kebiasaannya dalam menggunakan produk Apple sehari-hari. Ikuti dia di Google+.

4 Comments

  1. Amir  /  18 September 2012, 15:46 Reply

    Apakah kita meng-deaktivasi penggunaan no telp sebagai identitas iMessage — sehingga full ke email?

    • Sayz Lim  /  18 September 2012, 18:16

      Iya… itu salah satu cara untuk memastikan sinkronisasi berjalan dengan lancar. Minimal kita ga perlu khawatir kalau pesan yang dikirimkan diubah menjadi MMS.

  2. Chaniago  /  1 October 2013, 01:26 Reply

    sinkron No tlp nya gimana ya gan?saya pakai ipad mini celluler ga bisa bisa masukan No tlp…mohon bantuannya gan .

  3. Fatimah Harahap  /  1 March 2014, 17:43 Reply

    Cara menggunakan iMessage itu gimana ya? Waktu nama kontak sudah dipilih dan mulai menulis pesan nggak bisa, dan nama kontak langsung merah tanda seru, mohon bantuannya ya mas, makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>