Cari Tahu Lokasi Teman Dengan Find My Friends

Aplikasi baru yang diluncurkan berbarengan dengan iOS 5 adalah Find My Friends. Dengan aplikasi ini, kita bisa melihat posisi teman kita. Aplikasi ini sangat berguna untuk janjian bareng teman di suatu tempat yang tidak kita kenal. Tapi sebenarnya bagiamana sih cara kerjanya? Simak…

Keamanan dan Privacy

Anda langsung berfikir kalau aplikasi Find My Friends hanya untuk stalker. Apple sudah memikirkan hal tersebut, seseorang tidak bisa stalking Anda karena untuk bisa melihat posisi kedua belah pihak harus mempunyai aplikasi Find My Friends dan menyetujui permintaan terlebih dahulu. Jadi, kalau Anda tidak suka dengan permintaan seseorang, Anda bisa menolaknya.

Cara pakai

Aplikasi Find My Friends menggunakan akun iCloud/iTunes ID/Apple Store ID. Cukup unduh Find My Friends, kemudian login. Find My Friends adalah universal app yang bisa dipakai di iPad dan iPhone.

Gambar Find My Friends

Antar muka Find My Friends merubakan gabungan antara Maps dan Game Center. Sistem penambahan teman bekerja seperti Game Center, tekan tombol [+] di kanan atas. Teman yang ada di daftar akan selamanay bisa Anda lihat posisi mereka. Find My Friends akan menampilkan seberapa jauh teman Anda berada dan posisi mereka di peta.

Apple juga menambahkan sistem permintaan sementara di tab Temporary. Di sini Anda bisa meminta sementara posisi lokasi teman Anda selama selang waktu tertentu. Anda bisa menentukan akhir pembagian posisi lokasi.

Apakah berguna?

Kembali lagi kepada diri masing-masing. Apakah Anda membutuhkan informasi terbaru posisi teman, rekan, pasangan atau anak-anak Anda? Jangan sampai seperti kasus yg satu ini.

Apakah Anda memakai Find My Friends? Utarakan di komentar.

Follow juga @makemac dan jadi fans di Facebook untuk dapat update tips, tutorial dan berita seputar Apple, iOS dan Mac OS X.


Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>