Featured

CleanMyDrive 2: Pantau & Pindah Dokumen Antar Media Ekstra Mudah



Grup pengembang MacPaw – nama besar dibalik Clean My Mac 3 – hari ini resmi merilis CleanMyDrive 2 bagi pengguna OS X. Aplikasi ini berfungsi untuk membantu kamu melakukan drive manager alias mengelola dan memantau kapasitas penyimpanan di komputer Mac atau media eksternal. Tim MakeMac sudah mencoba versi beta selama sepekan lalu dan di hari rilisnya ini, saya akan bagikan reviewnya untuk kamu. Yuk

Sepintas Tentang CleanMyDrive 2

Seperti bahasan di awal, CleanMyDrive 2 adalah aplikasi drive manager. Akses utama aplikasi ini berpusat di Menu Bar perangkat OS X sehingga bisa kamu panggil kapan saja ketika dibutuhkan. Tidak ada ikon yang tampil di Dock sehingga kamu yang gemar tampil minimalis dan produktif dapat mengandalkan Spotlight untuk memanggil akses Menu Bar dari CleanMyDrive 2.

CleanMyDrive 2: Tampilan Manis, Fitur Lengkap & Kustomisasi

Begitu kamu memanggil aplikasi ini, list media penyimpanan yang terhubung ke komputer Mac akan langsung tampil. Dapat kamu lihat dari gambarnya, tim pengembang MacPaw sangat serius membuat detail fitur untuk CleanMyDrive 2. Sebut saja mode deteksi dokumen yang tersimpan di setiap media dengan garis beragam warna dan sekaligus mendeteksi jumlah besaran datanya. Ya, silahkan sorot salah satu garis warna untuk melihat jumlah dan jenis data yang tersimpan di media Flash Drive, Hard Disk internal atau eksternal kamu. Sangat membantu kan!

Oke lanjut ke fitur utama yang sangat membantu saya yaitu mode drag and drop untuk memindah data. Pengguna bisa menekan dan tahan dokumen gambar, PDF, musik dari Finder atau app Mail misal. Setelah itu seret pointer kamu ke CleanMyDrive 2 dan pilih media penyimpanan baru sebagai tempat menyalin dokumen. Animasi proses menyalin data juga dapat kamu lihat disini, membuat pengguna dapat menerima perkiraan waktu yang harus ditempuh untuk proses tersebut.

Ingin menggunakan CleanMyDrive 2 dengan lebih personal? Ada 2 cara yaitu membuat kustomisasi shortcut dan juga mengganti ikon media penyimpanan kamu. Mari kita bahas kustomisasi shortcut dulu ya! Mode ini hadir dari menu Preferences – bisa diakses dengan cara membuka CleanMyDrive 2 lalu tekan ikon 3 garis vertikal di kiri atas. Atau bisa juga akses shortcut cmd + ,.

Di bagian ini pengguna bisa mengatur 3 hal yaitu General, Eject dan Hidden Disks untuk kamu yang tidak ingin menampilkan media penyimpanan tertentu di CleanMyDrive 2. Sedangkan untuk mode shortcut ada di bagian Eject untuk melakukan mode cabut semua media penyimpanan eksternal dengan cepat.


Baca Juga:

Kustomisasi Ikon, Cara CleanMyDrive 2 Memperoleh Pendapatan

Nah untuk pengaturan terakhir adalah kustomisasi ikon. Pengguna bisa mengatur gambar ikon dari setiap media penyimpanan eksternal dengan gambar yang sudah disiapkan oleh MacPaw. Ya, memang tidak gratis. Kamu harus membayar in-app purchases seharga 45 ribu Rupiah untuk mendapatkannya. Tidak mahal kok, anggap saja kamu mendukung MacPaw untuk terus mengembangkan CleanMyDrive 2 menjadi lebih baik lagi.

Mode ini dapat diakses dengan cara membuka CleanMyDrive 2, tekan ikon titik di samping lalu pilih Change Disk Icon. Setelah itu tekan tombol Buy untuk membeli icon pack yang sudah disiapkan. Mudah, cepat dan media penyimpanan kamu akan tampil lebih personal.

Buruan Unduh CleanMyDrive 2 Ya!

Saya sudah mencoba CleanMyDrive 2 sejak versi beta dan sangat mengandalkan aplikasi ini untuk beragam kegiatan. Seperti mengecek kapasitas penyimpanan di Flash Drive, menghapus Junk Files atau menyalin data dengan cepat. Tampilan yang sederhana, fitur lengkap dan mode kustomisasi shortcut adalah beberapa kelebihan CleanMyDrive 2. Buruan cobain dan dukung MacPaw dengan cara membeli icon pack ya!

Download CleanMyDrive 2: Manage and Clean External Drives · Harga: Gratis


Listen: Pemutar Musik Dengan Mode Gesture Untuk iOS

Gambar


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top