Cobook, Pengolah Kontak Pengganti Address Book

Pada Lion OS X, Address Book mendapatkan renovasi antarmuka yang sangat drastis. Banyak yang tidak suka dengan penggunaan antarmuka metafora buku, yang memang sangat berlebih. Terlebih lagi, tidak ada fitur baru selain perubahan tampang. Sudah saatnya developer pihak ketiga membuat alternative Address Book yang mempunyai fitur lebih maju. Datanglah Cobook, berikut ini reviewnya.

Cobook mengambil data yang ada di Address Book, jadi semua data kontak saling tersingkronisasi. Kalau Anda memutuskan uninstall Cobook, data Address Book akan tetap termutakhirkan.

Sistem kerja Cobook merupakan sistem tagging dan pencarian. Cocok bagi Anda yang mempunya database kontak ratusan orang. Sistem pencariannya juga canggih, bahkan Anda bisa mencari orang dari situs-situs sosial, yang akan saya bahas di bawah ini.

Ketika Cobook pertama kali dinyalakan, ia akan meminta Anda terhubung ke jejaring sosial. Hal ini penting, karena kelebihan Cobook merupakan fitur sosialnya.

Welcome to Cobook

Ketika Anda sudah terhubung dengan jejaring sosial, Anda bisa melihat update status kontak Anda langsung di Cobook. Fitur ini membuat Cobook bukan hanya sebuah aplikasi buku kontak biasa, tapi juga sebagai aplikasi pengolah relasi.

Cobook dapat mengambil update atau status sosial langsung dari kontak-kontak Anda. Saat ini Cobook hanya menampilkan status, mudah-mudahan di versi selanjutnya pengguna bisa mengirimkan pesan pribadi melalui Twitter atau Facebook langsung dari Cobook.

Akun Sosial di Cobook

Kalau di Address Book, kontak di kelompokan ke dalam Groups. Di Cobook, Groups tersebut menjadi Tags. Anda bisa mengatur Tags kontak-kontak dengan menekan tombol edit, berupa icon pensil.

Tombol edit tersebut berfungsi ganda, bisa juga untuk mengedit tag atau untuk mengedit info kontak. Kalau suatu kontak di klik, akan masuk ke layar detil kontak, di sini tombol edit akan berfungsi menjadi tombol edit info kontak.

Edit Contact di Coobook

Saya mempunyai data kontak sampai ratusan orang, dan tidak semua data lengkap. Cobook akan mengisi data-data tambahan dengan mengambil data dari Facebook, Twitter dan LinkedIn. Misalnya, kalau ada kontak Anda yang belum ada foto, Cobook akan mengambil avatar Twitter. Cobook juga dapat menggabungkan beberapa kontak ke dalam satu kontak. Caranya, pilih lebih dari satu kontak yang akan digabungkan, kemudian klik icon gear dan pilih menu Merge Selected Contacts.

Merge Contacts With Cobook

Walaupun Cobook masih dalam tahap beta, fitur-fitur yang disajikan sudah sangat menarik sebagai aplikasi pengganti Address Book yang mulai menua. Belum ada kepastian apakah Cobook menjadi aplikasi berbayar, tapi selama versi beta ini Anda masih bisa mencobanya gratisan.

Download: Cobook


Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>