Featured

DailyCost: Catat Pengeluaran di iPhone Dengan Simpel dan Elegan


DailyCost

DailyCost

Tentu saja kita harus mengetahui kemana saja keluarnya uang kita karena jika tidak, bisa-bisa uang kita tanpa tahu untuk apa kita menggunakannya. Hal ini sangat tidak bijak.

Berangkat dari hal tersebut, kali ini kami akan merekomendasikan sebuah aplikasi yang akan membantu kamu dalam hal mencatat pengeluaran. Aplikasi tersebut bernama DailyCost.

DailyCost berbeda dengan Moni. Ia tidak bisa digunakan untuk mengetahui berapa sisa uang yang kita miliki. Sebaliknya, ia hanyalah sebuah aplikasi, yang bisa digunakan untuk mengetahui berapa uang yang keluar dan berapa uang yang masuk. Itu saja, tidak lebih.

Dikembangkan oleh pengembang asal China Guopeng Liang, aplikasi yang masuk ke dalam kategori Finance ini menawarkan skema pencatatan pengeluaran dan pemasukan yang sangat simpel dan elegant. Hal ini tentu saja selaras dengan tagline yang mereka anut: Keep It Simple and Elegant.

Tagline itu sendiri diwujudkan dengan sistem pengoperasian DailyCost yang sama sekali tidak sulit. Untuk menulis pengeluaran/pemasukan, kamu hanya perlu menarik kertas yang tersedia di halaman depan aplikasi ini. Seusai menarik, halaman input sendiri akan muncul dihadapanmu. Di sini kamu bisa menulis berapa pengeluaran/pemasukan kamu, mengkategorikannya, dan membubuhkan catatan khusus untuknya.

DailyCost juga menyediakan sebuah charts di bagian atas aplikasinya. Dalam posisi portrait, peran charts tersebut memang tidak terlalu besar, tapi coba atur perangkatmu ke tampilan landscape. Charts tersebut akan memenuhi layar iPhone kamu, sekaligus memaparkan secara gamblang kemana saja uang kamu dalam 1 minggu terakhir.

Harus diakui, sangat sulit untuk menemukan cara meng-input pemasukan ke dalam DailyCost. Mungkin karena tujuan sang pengembang buat menjadikan aplikasi ini sebagai sarana pencatat pengeluaran saja.

Untuk menulis pemasukan, sebelum menulis berapa uang yang sudah kamu keluarkan, tap dahulu icon minus yang ada di halaman input. Setelah itu, masukan jumlah uangnya. Jika sudah, tap centrang yang ada di bagian bawah kanan layar. Warna angka yang tertera itu akan berubah menjadi hijau, tandanya, ia sudah terdeteksi sebagai sebuah pemasukan. Tap centrang sekali lagi untuk menyelesaikan proses.

Di DailyCost, seluruh pengeluaran/pemasukan kamu dirangkum dalam format mingguan. Hal ini saya rasa dimaksudkan buat meminimalisir terlalu banyak data yang bisa memicu kita menjadi malas mencatat pengeluaran lagi.

Selain kesederhanaan DailyCost, tampilan antarmuka dan grafisnya juga patut diacungi jempol. Tampilan DailyCost sangat sederhana dan bersih. Tidak banyak icon-icon tidak penting atau command yang sama sekali tidak berguna di dalam aplikasi ini. Meksi agak skeumorphism (desain virtual yang menyerupai bentuk aslinya), tapi tampilannya tetap tidak mengganggu.

Saya sendiri sudah mengunduh DailyCost sejak lama, tapi saya sempat tidak menggunakan aplikasi ini lagi karena saat itu DailyCost masih belum menyediakan opsi mata uang dalam bentuk Rupiah.

Sekarang ia sudah mendukung mata uang negara kita, dan berangkat dari hal tersebutlah kini saya mulai aktif menggunakannya, serta mengulasnya secara lengkap di sini supaya kamu juga bisa merasakan peran DailyCost yang sangat penting.

DailyCost sangat layak kamu miliki. Kamu bisa mengetahui seboros apa dirimu, sekaligus sepintar apa kamu dalam menghasilkan uang. DailyCost juga bisa menjadi media referensi yang bagus buat kamu untuk mengurangi pengeluaran.

Segera unduh!

Download DailyCost - Personal Finance · Harga: 15000


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top