News

Facebook Tekan Peredaran Berita Palsu dengan Education Tool



Berita palsu alias hoax sudah masuk dalam kategori meresahkan beberapa waktu ini. Facebook sebagai salah satu sosial media yang digunakan hampir seluruh pengguna di dunia, ingin mengajak kamu memerangi berita hoax dengan sebuah Education Tool baru. Cara ini diharapkan dapat menjadi awal yang mudah dan dapat dipahami oleh banyak pengguna – demi mencegah penyebaran berita palsu.

False news and hoaxes are harmful to our community and make the world less informed. All of us have a responsibility to curb the spread of false news.

Dikutip dari laman Facebook Newsroom, mereka bekerja sama dengan First Draft, lembaga yang berfokus pada penelitian seputar laporan dan pembagian informasi digital. Tools yang dihadirkan akan berisi beberapa pengetahuan dasar seputar cara mendeteksi sebuah berita hoax atau informasi yang tidak bisa kamu percaya.


Baca Juga:


Tampilannya akan menggunakan format dari Facebook Help Center berisi beragam tips, info dan contoh dari tampilan tautan dan berita yang dapat dipercaya. Pengguna akan mendapatkan pengetahuan dasar untuk mengecek sumber berita dan pilihan lainnya. Kamu juga bisa melaporkan sebuah tautan atau profil pengguna yang dianggap melanggar aturan dari Facebook seperti menyebarkan informasi palsu dan meresahkan.

Untuk masa awal, Facebook baru merilis Education Tools tersebut di 14 negara saja. Sayangnya saya belum menemukan tampilan tersebut saat menggunakan di negara Indonesia. Apakah ada Sahabat MakeMac di luar Indonesia yang sudah mendapatkan tampilan yang dimaksud? Bagikan di kolom komentar ya!

Download Facebook · Harga: Gratis


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top