Market

Panduan Lengkap Menggunakan Fitur Baru Instagram.com di iPad

Instagram hari ini merilis fitur unggah foto jika kamu mengakses laman Instagram.com lewat Safari di iPad atau iPhone. Sebelumnya mode unggah foto hanya ada di Instagram for iOS untuk pengguna iPhone. Ada beberapa pengguna yang masih penasaran mengenai fitur baru tersebut.

Di artikel ini tim MakeMac akan merangkum beberapa hal penting mengenai akses Instagram.com dari mobile device yang dapat kamu lakukan. Simak info lengkapnya.

Apa Itu Akses Instagram Dari Mobile Device?

Akses Instagram dari mobile device adalah membuka laman Instagram.com dari peramban di perangkat gadget yang biasa kamu gunakan sehari-hari. Misalkan iPhone, iPad, Android atau beberapa jenis perangkat lainnya. Akses Instagram.com dari perangkat komputer tidak akan menghasilkan tampilan yang sama dengan gambar di atas, karena Instagram membaca komputer kamu bukan sebagai mobile device sehingga tampilan mobile web tidak dapt tampil.

Kenapa Instagram Memberikan Fitur Unggah Foto di Mobile Web?

Dalam artikel sebelumnya sudah dijelaskan, Instagram ingin siapa saja dapat menikmati sosial media mereka dengan mudah dan cepat. Yaitu tanpa kendala koneksi internet yang lambat untuk dowloand aplikasi Instagram misalnya. Selain itu para pengguna iPhone versi lama seperti iPhone 4 atau mungkin iPhone 3Gs yang sudah tidak bisa mengunduh Instagram di App Store lagi, tetap dapat menikmati fitur Instagram secara cukup lengkap – salah satunya unggah foto.

Cara Unggah Foto di Instagram Mobile Web

  1. Akses Instagram.com via peramban di iPhone atau iPad.
  2. Login dengan akun Instagram kamu atau buat akun baru jika belum pernah menggunakan Instagram.
  3. Masuk ke tampilan utama, tekan tombol kamera di bagian tengah bawah dan pilih sumber foto yang ingin kamu unggah ke Instagram. Apakah dari app Photos, iCloud Drive atau mungkin jepret dahulu menggunakan Camera.
  4. Tulis caption atau penjelasan menarik yang kamu inginkan untuk foto tersebut dan unggah.

Fitur yang Hilang di Instagram Mobile Web

Untuk mengejar tampilan sederhana dan tidak memakan banyak akses data internet kamu, Instagram Mobile Web meniadakan beberapa fitur yang ada di Instagram for iOS. Antara lain yang saya temukan adalah:

  1. Catatan lokasi untuk foto.
  2. Editing foto dan filter.
  3. Mode unggah video dan Multiple Photos.
  4. Fitur Insta Stories.
  5. Tab Explore yang lebih sederhana dan beberapa hal lainnya.

Baca Juga:


Tambahkan Aplikasi Instagram Mobile Web di iPad

Kamu bisa menambahkan Instagram Mobile Web sebagai aplikasi di perangkat iPad. Bukan aplikasi sebetulnya sih, tetapi sebagai akses cepat dari tab Instagram.com yang berbentuk seperti ikon aplikasi di Homescreen. Simak tutorialnya

  1. Buka Safari di iPad, masuk ke Instagram.com.
  2. Login dengan akun Instagram kamu.
  3. Tekan tombol Share Extension dan cari Action dengan nama Add to Home Screen. Ubah namanya jika diperlukan dan silahkan tekan Add untuk mengakhiri pengaturan.

Ikon Instagram Mobile Web juga sudah dirancan gsama persis dengan aplikasi aslinya, jadi kamu tidak akan menemukan perbedaan secara tampilan luar. Sedangkan untuk akses bagian dalam akan menggunakan tampilan seperti Instagram.com dari peramban mobile. Bedanya adalah tidak ada bagian URL di atas dan tampilan yang terasa lebih fullscreen.

Akhir Kata

Kehadiran Instagram Mobile Web bisa dibilang penyelamat untuk kamu pengguna iPhone versi lama yang sudah tidak mendukung Instagram. Atau bagi pengguna iPad yang sudah cukup lama menunggu kehadiran aplikasi Instagram di perangkat tablet tersebt. Meskipun hadir dalam fitur yang cukup terbatas, namun tentunya strategi menghadirkan fitur ini cukup menarik untuk kamu coba jika memang diperlukan.

Apakah kamu sudah mencoba Instagram Mobile Web versi terbaru? Bagaimana pendapat kamu, bagikan di kolom komentar dan jangan lupa Follow Instagram @MakeMac ya!


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top