Fitur Leopard Yang Ditunggu-tunggu

snowleopardlogo.jpgMenurut rumor, Snow Leopard akan diluncurkan pada caturwulan pertama tahun 2009. Caturwulan pertama akan habis pada bulan April, dua bulan lagi dari sekarang. Belakangan ini video dan gambar-gambar fitur baru muncul kepermukaan, padahal Apple bilang Snow Leopard hanya akan berisi perbaikan-perbaikan dari Leopard. Tentu saja hal tersebut tidak sepenuhnya benar, Apple pasti akan menambahkan fitur-fitur baru walaupun minor untuk memperbaiki usability pengguna Mac. Berikut ini adalah fitur-fitur yang patut ditunggu-tunggu di Snow Leopard.

Put Back

Harus diakui Apple tidak merawat tong sampah sebagai mana mestinya. Saat ini kalau kita mau mengambil berkas dari tong sampah dan mengembalikannya ke folder di mana berkas tersebut berada, harus dilakukan secara manual. Dengan Put Back, nantinya bisa mengembalikan berkas di Trash dengan gampang.

putback

Navigasi Stack Folder

Stack folder banyak yang membenci tapi banyak juga yang suka. Di Leopard, Stack Folder sangatlah sederhana. Stack hanya menampilkan rentetan berkas yang diurutkan berdasarkan nama, yak sudah! Hanya segitu. Di Snow Leopard, nantinya bisa menjelajah folder-folder langsung dengan stack, folder parent akan diperlihatkan dengan sebuah jendela stack kecil dibagian atas. Folder parent tersebut bisa di akses lagi, dengan begitu pengguna dapat menjelajah folder langsung di Stack.

stack_navigation

Driver Printer tergantung permintaan

Saat ini semua driver printer langsung terinstall di Leopard, memakan ruang sampai bergiga-giga banyaknya. Nantinya kalau kita butuh sebuah driver printer, Mac akan mengunduh driver tersebut. Kabar buruk bagi yang tidak selalu online, jadi pastikan koneksi Internet selalu menemani Leopard ketika memasang printer.

Ukuran yang ringkas

Snow Leopard secara resmi tidak akan mendukung PPC lagi. Dengan begitu kode-kode program untuk PPC dapat dihilangkan sepenuhnya, Apple hanya akan mensuport mesin Intel. Kabar buruk bagi pengguna yang masih memakai PPC, kabar baik bagi para pengguna yang sudah memakai Intel. Menghilangnya ribuan atau malah jutaan baris kode akan banyak memperkecil berkas-berkas sistem. Lihat saja gambar di bawah ini, perbandingan antara Snow Leopard dan Leopard.

QuickTime Pro gratis di Snow Leopard

Bagi yang pekerjaannya mengolah video fitur ini akan menyelematkan beberapa puluh dolar. Saat ini untuk menggunakan fitur seperti trimming, atau menyimpan video yang terdapat di website haruslah mempunyai nomor seri QuickTime Pro. Saya sendiri menyambut dengan senang fitur yang satu ini, mudah-mudahan tidak dirubah oleh Apple.

Pengembangan Usability lainnya

Mac OS X merupakan sebuah sistem operasi yang menurut saya paling mudah digunakan. Perkembangan yang Apple suguhkan di setiap sistem operasi baru menjadikan aplikasi-aplikasi semakin terintegrasi satu sama lain. Menurut AppleInsider, ada kemungkinan kalau Snow Leopard akan mempunyai fitur Aktifivasi Otomatis, sebagai contoh, apabila membuka sebuah berkas yang didalamnya menggunakan sebuah font yang belum terinstall, Snow Leopard akan mencarinya dan menginstall font tersebut untuk Anda.

Apa yang ditunggu?

Snow Leopard akan muncul beberapa bulan kedepan, belomba dengan Window 7. Fitur apa yang Anda tunggu di Snow Leopard? Silakan berbagi di komentar.


Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

19 Comments

  1. Felix Widjaja  /  5 March 2009, 10:06 Reply

    Navigasi stack folder sepertinya ide yang super unik tuh. Bravo Apple

  2. Yogi  /  5 March 2009, 12:14 Reply

    Yang paling gw tunggu adalah fungsi untuk move file tanpa drag and drop :mrgreen:

  3. anima  /  5 March 2009, 12:17 Reply

    put back ini yang mantap nih, been waiting for that :D

  4. Felix Widjaja  /  5 March 2009, 13:28 Reply

    Selamat datang Yogi di dunia Mac. Selamat sekali lagi buat pembelian MacBook barunya :)

    Sayang sekali, semoga tidak pindah agama lagi gara2 di Mac tidak bisa Cut file wakak.

  5. Kuswanto  /  5 March 2009, 14:24 Reply

    @Yogi: Fitur yang satu itu gak akan pernah muncul di Mac. Karena gak logis. Kertas di gunting untuk dipindahin ke tempat lain, terus kertasnya di lem lagi.. repot amat. Mending pindahin dari jendela ke jendela.

    Tutorial ini mungkin bisa membantu Yogi.

  6. oyik  /  5 March 2009, 18:21 Reply

    yg gue tunggu ya Macintel :mrgreen:

  7. momo  /  5 March 2009, 19:16 Reply

    mauuuw…
    tunggu yah macbook, tabunganku dikit lagi cukup kok.. :D

  8. Lucky  /  5 March 2009, 20:31 Reply

    yah, install printer musti online :cry: moga nanti ada package khusus untuk printer di apple.com

  9. taufiq  /  6 March 2009, 06:10 Reply

    Hooh, navigasi Stack Folder tuh mantab!!!
    kalo sekarang stack enaknya dipake kalo ga ada parent foldernya,
    hu3x…can’t wait

  10. Yogi  /  6 March 2009, 09:44 Reply

    @Kuswanto:

    Soalnya kalau drag and drop harus buka 2 window ncus, kalau bisa ada fungsi buat cut kan cukup buka 1 window aja :D

    Menuju TKP dl…

  11. Felix Widjaja  /  6 March 2009, 12:22 Reply

    @Yogi: Spring folder brow ;) One Window.

  12. Lucky  /  6 March 2009, 22:39 Reply

    @ Yogi : gak harus kok… kita tinggal drag and drop ke folder yang dituju. misal pictures, events. tinggal drag and drop aja ke picture, langsung tujukan ke events. nanti window yang sudah banyak terbuka akan otomatis menghilang lagi

  13. Adi Wahyu  /  9 March 2009, 07:43 Reply

    Hmmmm…. bagaimana dengan fitur 64 bit nya? mestinya jauh lebih cepat…

  14. Marlioboro  /  10 March 2009, 17:03 Reply

    Kalau compienya bukan Mac tapi OSnya pake Mac OS X boleh ga ya gabung disini? Soalnya dah banyak yang gituh….

  15. neto  /  17 March 2009, 10:06 Reply

    mas semua laptop n pc bisa pake mas sebagai os g?minta alamat untuk donlod mac os nya sie.makacih

  16. DanLuk  /  26 March 2009, 15:10 Reply

    @ neto: bisa sih, cuma bakal banyak hardware yang gak kedetek. pengalaman temen saya mulai network sama audio gak dikenali. kalo udah gitu sama aja deh. mending beli mac, udah gitu aja. semua langsung berjalan.

    untuk download os mac sepertinya ada cuma yaitu, balik ke sifat orang indo. gak bisa menghargai ciptaan orang lain (baca: tukang bajak *kaya petani aja)

  17. Adinandra  /  9 May 2009, 19:22 Reply

    Kalooo ada duid pasti udah beli mac ooom ..

    Sayang mac gag maw nurunin harga ..

    ya terpaksa pake hackintosh aja ..

    mending PC biasa tapi OSnya Leopard hha .. :evil:

  18. awank  /  19 May 2009, 23:17 Reply

    ^^
    selama HANYA untuk belajar, silakan aja.
    tapi, kalo udah KOMERSIL, pake yang ori bro.. :)

  19. chelsea  /  20 July 2009, 16:46 Reply

    Halo Mac masters…

    mau nanya nih, beda macbook dan pro 13″ yang baru di semua aspek apa aja sih? dan brp harga Indo sebenarnya buat keduanya?

    lalu apa ‘mac mini’ bisa dipake dgn menggunakan semua LCD TV/monitor pada umumnya dgn segala merek dan ukuran yg mendukung DVI port tentunya?

    brp sih harga software Snow Leopard ori?

    Thanks…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>