News

Fitur Pengenalan Wajah di iPhone 8 Ternyata Sudah Direncanakan 3 Tahun Lalu

iPhone 8

Kehadiran fitur pengenalan wajah yang rencananya siap disematkan Apple di iPhone 8 ternyata bukan cuma rumor atau prediksi belaka. Apple sudah menyiapkan teknologi yang bakal menggantikan sensor Touch ID ini sudah cukup lama.

Fitur pengenalan wajah itu sendiri muncul dalam dokumen paten yang dirilis Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO). Sebagaimana dilansir Apple Insider, paten dengan nama “Embedded authentication systems in an electronic device” diajukan Apple sejak tahun 2013.

iPhone 8

Bernomor US020170199997, paten teknologi baru tersebut memaparkan soal metode untuk membuka kunci layar iPhone dengan menggunakan sensor pengenalan wajah. Sehingga pengguna tidak perlu memasukkan input apapun.

Lebih jelasnya, teknologi dalam paten tersebut adalah metode untuk mengambil citra 2D yang disesuaikan dengan kedalaman data wajah pengguna dan menghimpun informasi yang diambil sensor kamera, sensor infrared, sensor 3D, sensor dan laser lainnya. Selain itu, sensor infrared tersebut disebutkan dapat mengambil informasi melalui mata pengguna.


Baca juga:


Kehadiran paten teknologi ini datang tepat di saat Apple dikabarkan bakal meluncurkan iPhone 8 tanpa sensor Touch ID melainkan dengan sensor 3D yang mendukung pengenalan wajah. Bisa dipastikan fitur pengenalan wajah di iPhone baru nanti bukan merupakan keputusan yang diambil Apple secara tergesa-gesa. Tapi sudah direncanakan jauh-jauh hari.

Sebelumnya, Apple dirumorkan bakal mengadopsi sensor Touch ID baru yang lokasinya berada di bawah layar. Namun mereka kabarnya mengalami kendala dalam memproduksinya.

Apple rencananya bakal mengumumkan iPhone 8 berbarengan dengan iPhone 7s dan iPhone 7s Plus pada bulan September mendatang. iPhone 8 bakal hadir dengan layar OLED dengan desain bezeless. Sementara dua model iPhone baru lainnya bakal mirip seperti pendahulunya.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top