Fontcase olah font ala Mac

Fontcase.jpgSeorang desainer seringkali dipusingkan dengan fonts yang terpasang di Mac mereka. Semakin banyak fonts yang terpasang akan memberatkan sistem, dan memperlambat proses loading aplikasi. Memang ada beberapa aplikasi pengatur font, yang terbaru adalah Fontcase. Aplikasi yang masih dalam tahap beta ini merupakan salah satu aplikasi yang ditunggu-tunggu oleh para desainer Mac. Bagi yang tidak sabar, kami memberikan versi Beta kepada pembaca Make Mac.

Baru-baru ini sebuah aplikasi baru pengatur Font yang ditunggu-tunggu telah memasuki tahapan open beta, artinya semua orang dapat mencobanya.

Setelah mencobanya saya merasa takjub akan kemampunannya, walaupun masih mempunyai label beta, saya yakin aplikasi ini mempunyai masa depan yang cerah.

Jendela Fontcase

Jendela Fontcase

Antar muka Fontcase layaknya sebuah Finder yang dipermak abis-abisan sehingga memudahkan kita untuk memilih font. Disebelah kiri Anda dapat mengkategorikan fonts kedalam Collections, Smart collection, tags, Foundries dan Genres. Di bagian bawah adalah pratinjau teks yang bisa dimasukan langsung di Samples.

Proses pemasukan metadata juga mirip dengan di iTunes, para pengguna Mac tidak akan kesusahan dalam menggunakan Fontcase. Sepertinya aplikasi ini akan menjadi kesayangan para desainer pengguna Mac.

Bagi yang menginginkan fontcase silahkan daftarkan email anda di websitenya. Bagi tidak sabar untuk mencoba versi beta, silahkan bergabung di flickr Make Mac untuk mendapatkan versi beta Fontcase. Tenang saja, versi beta ini legal koq.

Saat ini belum ada informasi harga Fontcase, tapi sepertinya aplikasi ini tidak akan gratis.

Semoga bermanfaat dan silakan ikuti kami melalui Twitter atau berlangganan RSS kami untuk mendapatkan artikel baru lebih cepat. Ikuti juga lomba menulis pengalaman menggunakan Mac, dan dapatkan peluang mendapatkan 2 iPod Shuffle.


Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

2 Comments

  1. anima  /  23 December 2008, 12:27 Reply

    mau! mau! :D

  2. sunardi  /  27 December 2008, 12:33 Reply

    Wis. Gak usah pake Adobe Type Manager lagi…

    Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>