Miscellaneous

Hampir 200.000 Aplikasi 32 Bit Bakal Usang di iOS 11

App Store

Toko aplikasi paling populer di dunia dari Apple buat perangkat iOS, App Store, diperkirakan bakal kehilangan hampir dua ratus ribu aplikasi begitu versi terbaru sistem operasi mobile besutannya iOS 11 dirilis pada tahun ini.

Menurut data terbaru yang dirilis firma analitik Sensor Tower, sekitar 8 persen atau 187.000 aplikasi iOS saat ini belum mendukung aplikasi 64 bit. Sehingga nanti tidak bisa digunakan para pengguna perangkat iPhone dan iPad dengan iOS 11 yang tidak mendukung aplikasi 32 bit.

Sebagian besar aplikasi yang terkena dampak dihentikannya dukungan terhadap aplikasi 32 bit adalah game. Sensor Tower mencatat bahwa aplikasi game saat ini menguasai sebanyak 20 persen dari aplikasi 32 bit yang ada di App Store.

iOS 11 64 Bit

Kategori aplikasi 32 bit berikutnya bakal usang adalah aplikasi pendidikan. Tercatat sebanyak hampir 20.000 aplikasi pendidikan yang bakal terkena dampaknya. Berikutnya adalah aplikasi hiburan dengan jumlah mencapai 14.000-an aplikasi.

iOS 11 64 Bit


Baca juga:


Dukungan terhadap aplikasi 64 bit sendiri sudah lama diberlakukan Apple saat meluncurkan iPhone 5s di tahun 2013 yang lalu. Meski itu sudah diperkenalkan, para pengembang saat itu belum diminta untuk mendukungnya.

Namun dua tahun berlalu tepatnya pada bulan Februari 2015, Apple mengirimkan pemberitahuan kepada pengembang bahwa semua aplikasi yang dikirimkan ke App Store sudah harus mendukung aplikasi 64 bit paling lambat Juni 2015.

Apple sendiri rencananya bakal merilis iOS 11 pada musim gugur mendatang. Mengenai informasi ketidakcocokan aplikasi 32 bit dengan iOS versi berikutnya sudah dihadirkan di iOS 10.3 beta yang dirilis awal Februari lalu.

Nah buat para pengembang yang masih membandel, kamu masih punya beberapa bulan lagi untuk memberikan update dengan dukungan terhadap aplikasi 64 bit jika mau aplikasi bikinanmu tetap dipajang di App Store.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top