Featured

Tanpa Penjelasan, Pemerintah Indonesia Blokir Website Telegram Messenger



Telegram Messenger, aplikasi chat dengan beragam fitur terbaik yang dapat kamu instal di iPhone, iPad, Mac dan peramban web ini kabarnya mendadak diblokir oleh pemerintah Indonesia. Informasi ini awalnya tim MakeMac dapatkan dari Tweet @sheggario yang menceritakan bahwa aplikasi Telegram Messenger masih dapat digunakan, namun akses ke telegram.org sudah mulai ditutup oleh beberapa ISP (Internet Service Provider) di Indonesia.

Hal serupa juga dijelaskan oleh beberapa Sahabat MakeMac yang juga kaget mengenai langkah blokir Telegram.org oleh pemerintah.

Saat artikel ini tim MakeMac bagikan, belum ada keterangan apapun yang dirilis oleh Telegram atau pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) mengenai hal tersebut. Saat ini aplikasi Telegram Messenger di iOS atau komputer Mac yang saya gunakan masih dapat diakses dengan baik dan lancar, mungkin karena sifatnya yang berbentuk aplikasi dan tidak bisa diblokir secara mudah seperti akses ke sebuah website.


Baca Juga:


Dari beberapa sumber yang tim MakeMac dapatkan, rumornya langkah ini dilakukan pemerintah untuk mencegah aksi terorisme di Indonesia. Beberapa negara lain juga sebelumnya sudah mulai memberikan perhatian khusus untuk aplikasi Telegram yang kabarnya digunakan oleh kelompok ISIS dalam hal komunikasi mereka. Salah satunya adalah pemerintah Rusia yang meminta Telegram membuka akses dekripsi pesan untuk pihak pemerintah. Hal ini tentunya ditolak oleh Pavel Durov, CEO Telegram Messenger.

Bagaimana dengan pemerintah Indonesia? Apakah aksi main blokir ini juga dilakukan karena menganggap Telegram Messenger digunakan oleh para teroris? Atau mungkin karena masalah lain yang sebetulnya tidak perlu sampai melakukan pemblokiran? Bagaimana pendapat kamu, bagikan di kolom komentar ya!

Thanks, Ario!

Download Telegram Messenger · Harga: Gratis


3 Comments

3 Comments

  1. Faizal

    14 July 2017 at 20:17

    Sy pengguna telegram tahun 2013 ( kl tdk salah ) , telegram sangat begus di bandingkan messenger yg lain tp mau di apalagi hal yg harus di pakai semestinya di gunakan yg tdk2 , itulah resiko nya ….. mau di apa ?

  2. Bafo Ade Hutiva

    14 July 2017 at 21:18

    Saya pengguna aktif telegram, dan semenjak telegram memiliki fitur bot, saya menggunakannya untuk urusan pekerjaan sampai dengan sekarang, saya rasa adalah alasan konyol melakukan pemblokiran karena dipakai oleh teroris. Jika memang ingin “menghentikan” teroris ada baiknya jika INTERNET saja yg di blokir, karena saya rasa pasti diantara semua aplikasi, pasti INTERNET lah yg paling sering dipakai.

  3. Singgih

    17 July 2017 at 20:53

    Alternatif telgram untuk comminucasi dengan teman di timur tengah http://blog.zapplerepair.com/index.php/2017/07/17/trend-2-imo-messenger-aplikasi-serupa-telegram/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top