News

Ini Model iPhone yang Sudah Mulai Diproduksi Apple di India

Apple India

Ternyata rencana Apple untuk memproduksi iPhone di India tahun ini benar adanya. Perusahaan teknologi raksasa asal Cupertino tersebut dikabarkan sudah mulai memproduksi salah satu varian model iPhone di Negeri Bollywood itu.

Sebagaimana dilansir Wall Street Journal (via 9to5Mac), Apple melalui manufaktur rekanannya sudah mulai memproduksi iPhone SE untuk pasar dalam negeri India, yang merupakan pasar terbesar setelah Tiongkok.

Dalam laporan tersebut, manufaktur rekanan Apple memproduksi iPhone SE di Bangalore. Menurut jadwal, mereka bakal mulai memasarkan iPhone layar 4 inci yang punya spesifikasi seperti iPhone 6s tersebut pada akhir bulan Mei ini.

Diproduksinya iPhone SE di India adalah tindak lanjut dari bentuk ketaatan Apple terhadap aturan pemerintahnya yang mewajibkan perusahaan-perusahaan yang ingin berbisnis di sana menggunakan bahan baku lokal sebanyak 30 persen.

Apple sendiri memang berencana membuka toko ritel perdananya di India. Dan sebagai pemenuhan terhadap aturan tersebut, mereka akhirnya memproduksi iPhone secara lokal di negara tersebut.

Di samping itu, iPhone SE diproduksi secara lokal diharapkan bisa menekan harga jualnya. Mengingat, Apple tidak pernah membanderol iPhone dengan harga berbeda-beda berdasarkan negara. Malah bakal lebih mahal di luar AS karena mengikuti kurs dolar.


Baca juga:


Sayangnya, tidak diketahui berapa harga jual iPhone SE yang diproduksi secara lokal di India. Sebagai perbandingan, iPhone SE yang dijual toko pihak ketiga di India berada kisaran $320. Sedangkan di AS, iPhone tersebut dijual mulai $399 (32GB) dan $499 (128GB). Namun harga jual iPhone SE di India dispekulasikan berada di kisaran $220 karena harga rata-rata smartphone yang dijual di sana di bawah $200.

Apabila penjualan iPhone SE di India sukses, tidak menutup kemungkinan bagi Apple untuk memproduksi model-model iPhone lainnya, seperti iPhone 6, iPhone 6s, atau iPhone 7 yang paling baru. Sebelum ini, sebagian besar produksi iPhone dilakukan di pabrik-pabrik Foxconn dan Pegatron yang ada di Tiongkok. Sementara beberapa model iPhone lawas diproduksi di Brasil.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top