Integrasi Kalender Facebook dan iCal

iCal merupakan aplikasi kalender yang tersedia di Mac OS X. Selain menggunakannya di MacBook, saya juga menyelaraskan (synchronize) kalender dari iCal ke iPhone. Facebook memiliki fitur “Events” yang sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai kalender yang dinamis sesuai acara yang kita ikuti di Facebook. Saat ini tidak sedikit orang yang mengundang kita untuk menghadiri suatu acara melalui Facebook. Bahkan untuk memastikan status kehadiran kita (RSVP, répondez s’il vous plaît).

Memeriksa situs Facebook untuk melihat jadwal acara mungkin terasa tidak praktis bagi sebagian pengguna. Bagi Anda yang merasa lebih nyaman menggunakan iCal seperti saya, bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengintegrasikan kalender Facebook Events ke iCal.

Langkah pertama tentunya masuk ke situs Facebook dengan akun Anda. Lalu pilih menu “Events”, atau masuk ke alamat http://facebook.com/events. Gulung laman sampai ke bagian bawah, lalu cari pilihan “export”.

Setelah itu akan muncul URL kalender pribadi (webcal) yang dapat Anda gunakan.

Salin URL webcal tersebut.

Buka aplikasi iCal. Pada kolom kalender di sebelah kiri, klik kanan lalu pilih menu “Subscribe”.

Setelah itu akan muncul jendela yang menanyakan alamat URL webcal yang akan dilangganankan. Masukkan URL webcal yang diberikan oleh situs Facebook tadi. Dan tentunya klik tombol “Subscribe”.

Lalu akan muncul jendela berikutnya yang berisi pengaturan konfigurasi lengkap berlangganan kalender.

Konfigurasikan nama dan warna sesuai keinginan Anda. Dan jika Anda tidak ingin terganggu dengan pengingat (reminder) di kalender Facebook, centang pilihan yang ada. Untuk pilihan “Auto-refresh” bisa pilih sesuai kebutuhan Anda, atau pilih “No” jika Anda lebih suka mengaktualkan secara mandiri. Tak lupa diakhiri dengan menekan tombol “OK”.

Walla! Jadwal Facebook Anda dapat dilihat di iCal!


Tags:
Blogger yang berprofesi sebagai pekerja digital media. Founder siteo.us. AdhamPlus juga berlari dengan Nike+ iPhone. A qualified but not certified nor authorized (yet) Apple service engineer. (http://adha.ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>