Saya Sangat Menyukai Konsep iWatch Yang Satu Ini

Karena ia memadukan konsep jam klasik namun dengan tampilan antarmuka yang sepenuhnya futuristik.

Konsep ini dibuat oleh Nickolay Lamm, dan mock-up berikut menjelaskan apa yang saya maksud.

Mock up ini menjelaskan apa yang saya maksud:

Designed by Nickolay Lamm

Designed by Nickolay Lamm

Untuk membuat mock-up ini, Lamm berangkat dari pemikiran kalau iWatch sebenarnya adalah ‘aksesoris pendukung buat iDevices’, bukan ‘iDevices yang lainnya’.

However, I can’t help but think that the iWatch will be an accessory that complements existing Apple products, not a standalone device.

Kemudian ia memanfaatkan paten yang diterima Apple tahun 2010 silam terkait tampilan antarmuka spiral. Ini merupakan salah satu hal besar yang ditampilkan Lamm pada mock-upnya, yang menjadikan mock-up buatannya beda dari mock-up lainnya – yang lain membuat tampilan antarmuka iWatch layaknya antarmuka iPhone versi mungil.

via nickolaylamm.com

via nickolaylamm.com

Terkait bentuk iWatch, Lamm yakin kalau Jony Ive akan menggunakan ‘kaca melengkung dalam sesedikit mungkin’, mengingat kegemaran Ive akan jam dengan desain yang normal. Hubungan baik antara Jony Ive dengan designer jam Ikepod Marc Newson, menjadi alasan di balik penuturan Lamm ini.

Why Ikepod? Jony Ive is very good friends with Marc Newson, who owns and designs Ikepod watches. Furthermore, the Geneve Horizon series is very Apple-esque.

Terakhir, Lamm mengutarakan kalau sulit untuk merubah bentuk jam yang saat ini sudah simpel menjadi lebih simpel lagi.

Designed by Nickolay Lamm

Designed by Nickolay Lamm

Mock-up ini memang memperlihatkan kita akan sebuah jam yang simpel, manusiawi dan tentunya berciri khas Apple. Desain antarmnuka spiral yang dianutnya, akan membuat kita serasa menavigasikan iPod saja. Apple pernah sukses dengan clickwheel dan tidak tertutup kemungkinan kalau sistem navigasi tersebut juga akan disematkan buat iWatch – kalau saja ia berdesain bundar.

Salah satu mock-up di atas mendukung pernyataan iWatch adalah aksesoris buat iDevices Lamm. Berdasarkan apa yang saya tangkap dari mock-up tersebut, kita bisa mengunduh app buat iDevices kita dari iWatch. Ya, on-the go…

Tentu saja ini bukan sebuah hal yang mustahil mengingat setelah kehadiran iCloud, Apple menghadirkan automatic download di mana ketika kamu mengunduh sebuah app di perangkatmu, app tersebut juga akan muncul di perangkat lainnya.

Even if the iWatch can’t be on the same level as the iPhone or the iPad, I believe it can still be something that captures our imagination. It can still be as easy to use and beautiful as any other Apple product – Nickolay Lamm

Saya suka sekali dengan pendapat dari Lamm mengenai iWatch. Kalau kamu?


John Lennon, gitar dan Apple. News section writer untuk MakeMac, dan punya blog pribadi berjudul AppleGlass. Ikuti saya di: Google+ dan @ndrandrandra.

1 Comment

  1. Jauhari  /  21 February 2013, 19:28 Reply

    Layak dinanti ini… apakah akan benar2 mengejutkan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>