News

Apple: Fitur Kata Sandi Khusus App Wajib Aktif Mulai 15 Juni 2017

Apple hari ini mengirim email kepada para pengguna layanan iCloud seputar fitur kata sandi khusus app (app-specific password). Mulai 15 juni 2017, pengguna perangkat Apple yang memerlukan akses akun iCloud dari aplikasi pihak ketiga, wajib mengaktifkan fitur tersebut.

Mulai 15 Juni, kata sandi khusus app akan diperlukan untuk mengakses data iCloud Anda yang menggunakan app pihak ketiga seperti Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird, atau layanan email, kontak, dan kalender lainnya yang tidak disediakan oleh Apple.

Setelah peraturan ini resmi berlaku dalam beberapa pekan lagi, semua aplikasi pihak ketiga dengan akses iCloud yang masih menggunakan password utama, akan otomatis keluar (logout). Untuk dapat kembali menikmati layanan dari aplikasi tersebut dengan akun iCloud, silahkan gunakan fitur kata sandi khusus app.


Baca Juga:


Masih dari catatan dalam email Apple, kamu harus menyalakan fitur autentikasi dua faktor (Two Factor Authentication) untuk dapat memperoleh layanan kata sandi khusus app. Cara kerja layanan ini adalah membuat setiap password berbeda untuk setiap aplikasi pihak ketiga yang kamu gunakan di perangkat iOS atau komputer Mac dan memerlukan data dari akun iCloud. Dengan cara ini pengguna tidak perlu menuliskan password dari akun iCloud di layanan pihak ketiga untuk menjamin keamanan akun.

Cara mendapatkan kata sandi khusus app juga sebetulnya sangat mudah. Tinggal masuk ke laman appleid.apple.com dan login menggunakan akun yang kamu gunakan. Setelah itu akses bagian Keamanan – Kata Sandi Khusus App. Terakhir tinggal tekan tombol Hasilkan Kata Sandi dan salin kode yang diberikan ke aplikasi yang memerlukan kata sandi khusus app.

Bagi kamu yang masih bingung, kata sandi khusus app hanya berlaku untuk aplikasi yang menggunakan akses data dari iCloud. Misalkan aplikasi email, kalender, kontak dan lain sebagainya. Beragam aplikasi produktivitas, hiburan serta games yang biasa kamu mainkan tentu saja tidak memerlukan layanan ini untuk setiap kali penggunaan.

Menurut pendapat saya, Apple sudah mengambil langkah yang tepat untuk membuat fitur ini sebagia standar keamanan baru. Ya, mengingat sistem operasi iOS 10.3 sudah mewajibkan penggunaan Two Factor Authentication untuk Apple ID, maka kata sandi khusus app juga harus ikut menyesuaikan. Bagaimana pendapat kamu, setuju dengan langkah keamanan baru dari Apple? Bagikan di kolom komentar ya!


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top