Kenali Notification Center di Mountain Lion

Salah satu fitur yang cukup dikenal di iOS adalah Push Notification Service. Dengan dirilisnya iOS 5, fitur ini semakin dirapikan dengan adanya Notification Center. Lalu, bagaimana bentuk fitur ini ketika dibawa ke Mountain Lion?

Tampilan Notifikasi dari Aplikasi OS X

Mirip sekali dengan aplikasi iOS, aplikasi di OS X bisa memunculkan notifikasi ke OS X melalui Notification Center. Namun, hanya aplikasi OS X yang menggunakan Push Notification API dari Apple dan yang diunduh dari Mac App Store yang dapat memunculkan notifikasi via Notification Center.

Bagi Anda yang terbiasa dengan Growl, sebuah aplikasi penyedia notifikasi yang sangat dikenal di OS X, cara kerja Notification Center pun mirip dengan Growl. Notifikasi akan muncul secara default di pojok kanan atas. Jika Anda mengatur notifikasi yang akan muncul berbentuk ‘Banner’, maka notifikasi akan muncul dan beberapa detik kemudian akan hilang. Jika memilih bentuk ‘Alerts’, notifikasi akan hilang apabila kita sudah merespon notifikasi tersebut.

Animasi muncul dan hilangnya notifikasi di OS X Mountain Lion juga cukup elegan dan keren! Buat yang penasaran, saya sudah membuat kompilasi rekaman video animasi notifikasi yang muncul di OS X Mountain Lion ini.

Tekan atau Geser. Muncullah Notification Center

Sama seperti iOS, semua notifikasi yang dikirimkan ke OS X akan dikompilasikan di Notification Center. Ada dua cara untuk memunculkan Notification Center. Pertama, cukup dengan menekan logo bulleyes di samping logo Spotlight dan Notification Center akan muncul di sisi kanan layar, menggeser desktop ke kiri. Kedua, dengan menggunakan gesture jari anda yaitu cukup gunakan dua jari ke kiri dari luar trackpad ke dalam untuk menggeser desktop dan memunculkan Notification Center.

Pengaturan Notifikasi di System Preferences

Anda pun bisa mengatur notifikasi apa saja yang ingin dimunculkan di Mac yang digunakan. Semua pengaturan notifikasi ada di System Preferences > Notification. Di sana Anda bisa mengatur bentukan notifikasi yang muncul per aplikasinya hingga mengatur urutan notifikasi yang ada di Notification Center.

Bagaimana dengan Nasib Growl?

Mendengar Apple mengintegrasikan Notification Center ke OS X Mountain Lion, developer Growl pun angkat bicara. Menurut artikel di blog Growl, mereka menyatakan bahwa Growl akan tetap ada, mendukung setiap aplikasi yang memiliki integrasi dengan Growl dan berusaha untuk mengintegrasikan Growl dengan Notification Center di OS X Mountain Lion. Bahkan dengan adanya Notification Center, developer dari Growl tidak gentar dan tetap mengembangkan Growl 1.4 dan 2.0 sesuai jadwal.


Fokus membahas iOS. Tertarik untuk merancang UI/UX. Terjebak di dunia Apple dan sangat terinspirasi dengan Steve Jobs. Hampir lulus dari Program Studi Arsitektur ITB dan aktif sebagai Mozilla Reps.

3 Comments

  1. toriqsumodiken  /  22 February 2012, 23:56 Reply

    min, kok ane g bias update ke mountain lain ya….punya and masih versi 10.7.3

    • Makemac  /  23 February 2012, 18:34

      @toriqsumodiken Update dari mana ya maksudnya? Soalnya Mountain Lion OS X masih beta, dan tidak dianjurkan dipakai sebagai OS utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>