News

Kominfo Rilis Alasan Pemutusan Akses Telegram Messenger di Indonesia

Berita mengenai website Telegram Messenger mulai diblokir pemerintah Indonesia telah membuat banyak pengguna merasa bingung dan kesal. Sebab pemerintah tidak memberikan catatan apapun mengenai hal tersebut. Namun tim MakeMac sudah menemukan Press Release atau catatan resmi dari Kominfo mengenai hal tersebut.

Dikutip dari laman sumber berita, kabarnya pemerintah telah memblokir 11 DNS untuk akses Telegram dan dilakukan oleh beberapa ISP (Internet Service Provider) di Indonesia. Hal ini membuat pengguna tidak bisa lagi mengakses Telegram lewat peramban web. Daftarnya adalah sebagai berikut:

  • t.me
  • telegram.me
  • telegram.org
  • core.telegram.org
  • desktop.telegram.org
  • macos.telegram.org
  • web.telegram.org
  • venus.web.telegram.org
  • pluto.web.telegram.org
  • flora.web.telegram.org
  • flora–1.web.telegram.org.

Baca Juga:


Lebih lanjut lagi, Semuel A. Pangerapan (Dirjen Aplikasi Informatika) menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia sedang menyiapkan langkah untuk menutup akses Telegram secara menyeluruh alias dari aplikasi di iOS, Mac atau sistem operasi lain. Hal ini berhubungan dengan permintaan pemerintah agar Telegram mempersiapkan Standard Operating Procedure (SOP) untuk konten yang melanggar hukum.

“Saat ini kami juga sedang menyiapkan proses penutupan aplikasi Telegram secara menyeluruh di Indonesia apabila Telegram tidak menyiapkan Standard Operating Procedure (SOP) penanganan konten-konten yang melanggar hukum dalam aplikasi mereka. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)” papar Dirjen Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan.

Dalam catatan tersebut juga dijelaskan bahwa perlanggaran SOP dapat membahayakan keamanan negara seperti dalam hal penanganan kasus terorisme. Kementerian Komunikasi dan Informatika juga memberikan catatan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan lembaga negara lainnya dan juga aparat penegak hukum untuk menangani pemblokiran konten.

Saya pribadi sebagai pengguna Telegram Messenger merasa tidak sepakat dengan keputusan pemerintah Indonesia. Mengingat aplikasi ini selalu saya gunakan setiap hari dan memang dapat diandalkan untuk komunikasi dalam bentuk chat, voice call dan juga grup chat serta beberapa mode lainnya. Tampilan yang mudah digunakan, akses multi platform, mode Bot, fitur Channels dan tentunya gratis serta bebas iklan adalah beberapa alasan saya dan tim MakeMac lainnya untuk menjadi pengguna setia Telegram Messenger. Semoga pihak pemerintah dan Telegram Messenger dapat menemukan jalan tengah untuk masalah ini tanpa perlu melakukan blokir.

Bagaimana pendapat kamu mengenai kebijakan pemerintah yang akan memblokir Telegram Messenger? Bagikan di kolom komentar ya!


7 Comments

7 Comments

  1. Rizal A

    15 July 2017 at 12:19

    Kalau sudah menyangkut keamanan negara kita tidak bisa ngomong… keutuhan NKRI jauh lebih utama daripada sekedar chatting dll kan masih banyk aplikasi lain yg gratis..

    • Urad

      16 July 2017 at 00:13

      tapi yang jadi masalah bukan itu tapi orang kantoran dan pegawai yang sudah terbiasa menggunakan telegram karena lebih responsif komunikasi menggunakan telegram (bisa sent file diatas 1gb) itu yang menjadi incaran teman-teman kantor saya untuk kirim file video dan photo RAW.

  2. Driver odong²

    16 July 2017 at 15:28

    Keberadaan instagram mampu mengancam keamanan negara?keutuhan nkri?Itu ssungguhnya karena ‘kehebatan instagram atau lemahnya intelijen kita ya..
    Kalo alasannya digunakan utk propaganda,radikalisasi,ujran kbncian dll maka WA,LINE,dan semua app chat juga sosmed mau diblokir juga? Hellooooo mau sampai kapan?? Kwkwkkk
    #BlokirJokowi

  3. Chio

    16 July 2017 at 18:50

    Tindakan yang gegabah dan alasannya tidak masuk akal dari pemerintah. Bukan aplikasinya yg diblokir dong, Klo aplikasinya di blokir kaya gitu bisa-bisa semua aplikasi di blokir dengan alasan serupa dan kembali ke jaman batu.

  4. telegram

    20 July 2017 at 08:47

    i usually use telegram plus android

  5. طراحی قالب وردپرس

    20 July 2017 at 09:05

    telegram realy usefull for chat with customer

  6. telegram channel

    20 July 2017 at 09:09

    i have best site for channel telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top