Kontrol komputer lain dari Mac

Pernahkah membayangkan untuk mengontrol banyak komputer hanya menggunakan satu keyboard dan tetikus? Hal itu sudah bisa dilakukan, dan cara pengaturannya juga sangat gampang. Yang Anda butuhkan adalah sebuah aplikasi bernama Synergy. Synergy tersedia untuk Mac, Windows dan Linux. Silahkan lanjutkan untuk membaca tutorial.Dalam tutorial ini saya akan membahas Mac sebagai server Synergy dengan kata lain keyboard dan tetikus ada di Mac. Komputer lain yang saya pakai adalah sebuah PC WindowsXP. Mari kita mulai.

Langkah 1: Unduh Sinergy untuk Mac dan Windows

Untuk Mac, silahkan Unduh SynergyKM. Dengan SynergyKM Anda akan mempunyai antar muka grafis di dalam System Preference.

Versi Windows bisa didapatkan di website Synergy2. Unduh dan silahkan install di mesin Windows.

Apabila Anda ingin mengontrol Mac lain menggunakan Synergy, yang Anda perlukan hanya SynergyKM. Aplikasi yang diunduh bisa menjadi server atau client.

Langkah 2: Pengaturan Server Synergy di Mac

Buka SynergyKM di System Preferences. Di tab General inilah Anda akan mengatur Synergy sebagai server atau client. Karena kita akan mengatur Synergy sebagai server, pilihlah Server Configuration. Di sini kita akan mengatur server Synergy.

Seperti yang Anda lihat saya sudah mempunyai dua komputer yang terhubung yaitu, NcusMBP dan pc-tua. Untuk menambahkan komputer klik tombol + , akan muncul aikon komputer baru. Posisi aikon monitor merupakan posisikan komputer Anda yang sebenarnya, kalau Windows-nya di kiri, simpan aikon monitornya di kiri. Supaya ketika tetikus bergerak ke kiri masuk ke mesin Windows.

synergyKM_config.jpg

Beri nama sesuai denga nama komputer Windows. Untuk melihat nama komputer Windows, klik kanan di aikon My Computer, pilih properties, dan lihat di tab Computer Name akan terlihat Full computer name, lihat gambar dibawah ini.

nama_komputer_windows.png

Nama komputer Windows

Kalau sudah, tekan Apply Now.

Langkah 3: Memulai Server

Kembali lagi ke tab General. Pilih “Share my keyboard and mouse” untuk menjadikan Mac sebagai server. Pilihan diatasnya untuk Mac menjadi client. Kilk Apply now, dan kemudian klik Turn Synergy on untuk memulai server synergy.

synergyKM_server.jpg

Pengaturan Server Synergy

Langkah 4: Pengaturan client Windows

Server sudah menyala, tinggal mengatur client Windows. Synergynya sudah terpasang di Windows kan? Nyalakan aplikasi Synergy akan terlihat jendela seperti ini.

jendela_synergy.jpg

Jendela Synergi di Windows

Masukan nama komputer Mac, atau masukan nomor IP komputer Mac. Saya coba memakai nama komputer, ternyata gagal, jadi saya pakai nomor IP address, dan berhasil.

Silahakn klik tombol test untuk mengetahui apakah konfigurasi Synergy telah benar. Ketika mengetes, gerakan penunjuk tetikus ke arah monitor Windows. Apabila penunjuk berpindah berati semuanya benar. Kalau tidak, nama komputer atau IP address yang dimasukan salah.

Supaya Windows XP langsung terhubung ke server Synergy Mac, klik tombol AutoStart. Pilih opsi yang Anda inginkan, kalau saya memilih menyalakan Synergy ketika komputer menyala.

Setelah test berhasil, tekan tombol Start. Synergy akan berdiam di system tray.

Silahkan reboot komputer Windows untuk mengetes apakah Autostart-nya bekerja atau tidak.

Fitur lain

Selain berbagi keyboard dan tetikus, Synergy juga bisa menyalin clipboard dari server ke klien atau sebaliknya.

Masalah

Synergy bukanlah sebuah aplikasi yang tanpa kutu. Masalah yang sering terjadi adalah gerakan pointer di komputer klien kadangkala terunda-tunda. Salinan clipboard dari klien tidak tersalin ke server.

Koneksi antar klien dan server tergantung dari kualitas jaringan Anda. Jadi kalau jaringan Anda sibuk, mungkin akan mengalami masalah diatas, atau kadangkala client tidak bisa terhubung ke server Synergy.

Penutup

Dengan menggunakan satu keyboard dan tetikus meja kerja juga menjadi lebih rapih karena tidak ada keyboard yang menumpuk. Kita juga bisa menghemat dana pembelian keyboard dan tetikus.

Apakah tulisan ini berguna bagi Anda? Silahkan berlangganan (subscribe) RSS untuk mendapatkan tulisan terbaru lebih cepat. Atau, Anda juga bisa mengikuti Twitter kami.


Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

2 Comments

  1. aris  /  10 March 2010, 08:00 Reply

    :) cacad

  2. iskandar ibrahim  /  10 July 2010, 01:35 Reply

    saya ada rencana membeli komputer grafis yang bisa membaca peta karena Komputer saya sering karena memori sudah tidak kuat lagi menahan beban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>