Mematikan Fitur Resume di OS X Lion

Bagi orang-orang yang baru dengan OS X Lion mungkin akan terganggu dengan tingkah laku Lion dalam menangani windows-windows. Resume, salah satu fitur baru OS X Lion, menyimpan keadaan windows pada saat menutup aplikasi. Saat menjalankan aplikasi kembali, Resume akan mengembalikan keadaan windows sesuai dengan keadaan pada saat ditutup.

Sebagai contohnya adalah aplikasi Preview bawaan OS X. Pengguna Snow Leopard terbiasa dengan Preview yang menutup semua file saat Quit. Dengan Resume, semua file yang sudah pernah dibuka akan dimunculkan kembali sampai ditutup satu per satu.

Mematikan Resume mungkin bisa menjadi pilihan bagi yang tidak menyukai tingkah laku baru ini. Buka System Preferences > General dan uncheck Restore windows when quitting and re-opening apps untuk mematikan Resume.

01 Resume Preferences

Namun Lion dengan fitur Resume-nya mencoba mengganti pola pikir pengguna terhadap “Quitting Applications”. Menggunakan Resume menghilangkan langkah-langkah untuk mencari tahu apa saja yang dikerjakan terakhir. Dan Full Screen membutuhkan Resume dalam menangani windows agar tidak butuh memasuki Full Screen setiap kali menjalankan aplikasi.

Buat yang pernah menggunakan fitur Restore Tabs di browser bisa merasakan kenyamanan yang ditawarkan. Resume istilahnya Restore Tabs untuk setiap aplikasi tetapi di sini yang direstore adalah windows. Untuk mendapatkan kelebihan Resume dan pada saat yang bersamaan tidak ingin diganggu Preview yang selalu restore windows bisa menggunakan beberapa cara:

  • Quit and Close All Windows dengan menekan ⌘+⌥+Q (Command+Alt+Q) ketika keluar dari aplikasi.
  • Menggunakan Tinker Tool untuk mematikan Resume pada aplikasi-aplikasi tertentu.

TinkerTool Resume

Nyaman atau tidak dengan fitur baru ini, saya menyarankan untuk mencoba memanfaatkan Resume dalam kegiatan sehari-hari. Siapa tahu bisa menjadi lebih efisien dengan Resume.


Seorang penggemar produk Apple dan memiliki blog pribadi yang membahas kebiasaannya dalam menggunakan produk Apple sehari-hari. Ikuti dia di Google+.

1 Comment

  1. adrielhw  /  13 March 2012, 17:38 Reply

    @limtedd hee bro.. Wkwkwk.. Pie?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>