Membuat Ringtone iPhone dari Lagu di iTunes

iphone.jpgiTunes sebenarnya mempunyai fitur untuk membuat ringtone iPhone langsung dari lagu yang terdapat di library. Tapi, hanya lagu-lagu yang dibeli dari iTunes saja yang bisa. Sedangkan bagi yang mempunyai koleksi lagu dari CD harus membuat ringtone secara manual. Kali ini aplikasi yang akan kita pakai hanya iTunes dan Garage Band, beserta cara singkronisasinya dengan iPhone.

Jalankan Garage Band

Pada Garage Band ’09 terdapat fitur membuat ringtone untuk iPhone. Saya tidak tahu apakah di Garage Band ’08 apakah fitur ini ada atau tidak. Silakan jalankan Garage Band dan buatlah sebuah proyek baru dengan tipe Loops.

proyek_baru_garage_band.jpg

Pilihlah Loop

Pilihlah lagunya

Kembali ke iTunes, pilihlah lagu yang akan diedit dan dijadikan ringtone. Saya memilih lagunya ColdPlay, karena pada intronya ada nada yang looping. Silakan Anda pilih lagu Anda sendiri, contoh di sini hanya berupa petunjuk saja.

Di lagu yang terpilih, klik kanan dan kemudian Show in Finder.

show_infinder.jpg

Lokasi di mana berkas tersebut tersimpan

track_editor.jpgSetelah di Finder dan lagu tersebut terpilih, drag-n-drop ke dalam jendela Garage Band yang akan menjadi track baru. Klik, tombol View Track Editor. Dengan track editor Anda akan menyalin bagian yang akan dijadikan ringtone. Menurut spesifikasi ringtone iPhone, panjang musiknya harus 4 detik saja.

Seleksi bagian yang ingin Anda pakai, kemudian salinlah ⌘ + C . Eits, jangan tempelkan dulu, buatlah sebuah track baru melalui menu Track > New Basic Track atau tekan ⇧ ⌘ N. Nah, baru tempelkan track yang tadi di seleksi ke dalam track baru tersebut.

Edit Track

Dengan track baru yang masih terpilih, tempatkan penanda track di akhir loop dan tempelkan kembali loop yang tadi ⌘ C. Cara ini untuk membuat pengulangan track dengan mudah.

loop.jpg

Loop saya diulang sebanyak 3 kali

mute_.jpgUntuk memutar track tekan spasi, apabila musiknya menumpuk Anda bisa mengapus track lagu lengkap atau membisukannya dengan menekan tombol speaker kecil.

Kita anggap pengeditannya selesai saja. Saya bukanlah ahli dalam hal musik dan suara, selanjutnya Anda dapat langsung membuatnya menjadi Ringtone dengan memilih menu Share > Share Ringtone to iTunes. Apabila Ada pertanyaan, jawab

send_ringtone.jpg

disinilah

Kemungkinan besar, akan keluar jendel ini.

adjust_ringtone_window.jpg

Klik saja tombol Adjust

Setelah tombol Adjust di klik, di timeline track akan muncul bilah warna kuning. Track musik belum masuk ke iTunes, jadi Anda harus mengulang menekan Share Ringtone to iTunes lagi supaya Garage Band membuatkan file ringtone dan memasukannya ke iTunes.

Ini hasil di iTunes.

ringtone_itunes.jpg

Ringtone telah masuk ke iTunes

Singkornisasi dengan iPhone

Tancapkan iPhone anda, kemudian didalam tab Ringtones pastikan rigtone tadi terpilih atau pilihlah Sync All Ringtone. Untuk mulai Sync tekan tombol Sync-lah!

Anda dapat mengecek ringtone tadi di dalam Setting > Sounds > Ringtone.

Kesimpulan

Tutorial ini tidaklah sempurna, terutama dalam pengeditan GaragaBand, tapi mudah-mudahan saya dapat mengilustrasikan tentang pembuatan ringtone dari lagu-lagu di library iTunes Anda. Bagi yang punya tips yang lebih bagus, silakan utarakan, begitu juga dengan pertanyaan, tanyakan melalu form komentar di bawah.


Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

13 Comments

  1. Muflih  /  31 August 2009, 11:39 Reply

    Saya juga lagi tergila2 ngisi iPhone dengan ringtones bikinan sendiri. :) Tapi mungkin tips ini cuma berlaku buat iPhone yang jailbreak. Tools utama yang dipakai adalah iTunes dan CyberDuck (di Mac), dan OpenSSH (di iPhone via Cydia). Jika mau tambahan untuk editing, crop/trim/efek mp3nya, saya menggunakan Audacity.

    Tanpa Proses Editing Lagu:
    Tentukan lagu yang akan dipilih, klik kanan lagu tsb di iTunes, ubah format ke AAC, di playlist judul lagu akan double, klik kanan lagi di lagu versi AAC, show in FInder. akan terlihat judullagu.m4a, rename jadi judullagu.m4r.

    Buka Cyberduck, akses openSSH iPhone, cari (kalo gak salah) /Library/Ringtones, drag judullagu.m4r ke folder tsb. Cek di Settings iPhone>Sound>Ringtones akan terpampang judullagu. Saya mencoba lagu 4 menitan masih bisa dijalankan kok.

    Dengan Proses Editing Lagu:
    Prosesnya sama sebenarnya, tapi dengan Audacity kita bisa crop lagu untuk looping, memperhalus dengan efek Fade in/fadeout, echo, dsb.

    Kini sebagian besar contacts di iPhone saya, sudah punya ringtone masing-masing yang sesuai dengan kepribadian mereka *lebay :p

    Mohon maaf jika kurang lengkap, tips ini saya buat di warnet, jadi tidak dapat memberi screenshot dll.

  2. fisto  /  31 August 2009, 11:40 Reply

    this is what i’ve been looking for…thanks!

  3. Kuswanto  /  31 August 2009, 12:03 Reply

    @Muflih: Terima kasih atas sumbangsih tipsnya, pasti sangat berguna bagi iPhone yang di Jailbreak.

  4. Muflih  /  7 September 2009, 00:49 Reply

    Melanjutkan, bagi pengguna Windows. Software yang saya gunakan: iTunes 8.2.1.6 dan i-FunBox di OS Windows XP.

    Kurang yakin, tapi nampaknya iPhone tidak perlu dijailbreak untuk pengisian Ringtones ini.

    Tentukan lagu/mp3 yang akan dipilih, buka di iTunes, klik kanan lagu tersebut di iTunes, ubah format ke AAC, di playlist judul lagu akan double, klik kanan lagi di lagu versi AAC, show in Windows Explorer. akan terlihat judullagu.m4a, rename jadi judullagu.m4r.

    Buka i-FunBox. Plug iPhone menggunakan kabel data. Akan muncul Fulan’s iPhone> klik Ringtones> dengan sebelah kanan terdapat file view. Drag judullagu.m4r ke File View Ringtones.

    Cek di Settings iPhone>Sound>Ringtones akan terpampang judullagu.

    Selamat mencoba.

    (btw baru sadar, bagaimana cara melampirkan screenshots di komentar ini ya? :) )

  5. 085664827520  /  2 October 2009, 11:29 Reply

    gak ngerti farah

  6. merry tan  /  25 November 2009, 12:59 Reply

    low..
    mau nanya nich..
    wa brsan tkar iphone..
    btw binggung pemakaian nya
    ad beberapa pertanyaan nich..
    ad yg bz bantu jawab gk?
    1. bgmn cara install game / app ke iphone?
    2. bgmn cara set mp3 jadi ringtones?

  7. GG  /  16 December 2009, 11:35 Reply

    Sy pengguna iphone tp pemakai PC,semenjak beli smp sekarang tidak tahu bagaimana app music jd ringtones. Application apa yg harus sy install utk bs mendukung hal tsb n langkah2nya,tq

  8. taufan  /  23 February 2010, 17:19 Reply

    saya bisa merubah lagu jadi ringtone tanpa perlu garage band, hanya menggunakan itune, bagaimana caranya biar saya bisa share disini? silakan di lihat di taufanyaki.blogspot.com sudah ada disana,

    @merry tan, untuk memasukan aplikasi, semua menggunakan itunes, anda bisa membelinya di itunes store yg juga ada di itunes.

    @gg
    semua kekuatan iphone ada di itunes, jadi anda hanya perlu mendownload itunes saja.

  9. daz_romeo  /  30 April 2010, 05:57 Reply

    klo pengen mp3 anda menjadi ringtone crana mudah kux , gag prlu berbelit2 , klik kanan pada lagu yg ingin anda jadikan ringtone di library anda pada root music , laguna gag prlu yg trlalu pnjang , nmana jg to nada dering doang :wink: setelah itu klik kanan pada lagu , pilih get info , setelah terbuka , pilih options , tentukan durasi awal lagu hingga akhir dengan cara mencentangkan pilihan start dan akhir lgu , klik o.k !! setelah itu lagu anda terduplikat mnjadi 2 , file asli anda ( MP3 ) dan lgu yg tlah anda convert tdi mnjdi m4a , anda drug file m4a anda ke dekstop , kmudian rename nmana mnjadi m4r , perjuangan anda hampir berhasil :p , setelah itu anda copy paste aj lgu itu ke root ringtone anda , silahkan cek di settingan sound anda , jika berhasil , file yg anda masukkan tadi akn masuk dan terlihat pada pilihan custom di sisi plg atas , selamat mencoba !!!
    salam 3 jari :evil:

  10. arez  /  24 September 2010, 15:00 Reply

    gimana cara ganti ringtone SMS di iphone 3gs,selain bawaan iphone??

  11. marshell  /  10 November 2010, 09:49 Reply

    broo..
    cemana cara menggunakan aplikasi itunes buat iphone ??
    dan cemana cara memasukkan lagu2 atw video2 dn gambar2 ke iphone ??
    itu harus menggunakan aplikasi itunes kah ?
    tlg info nya

  12. anchy  /  24 March 2011, 02:42 Reply

    bagaimana cara membuat nada dering sms pada iphone, terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>