Menambahkan Spell Check Bahasa Indonesia di OS X

Spell check atau pemerika ejaan bisa sangat membantu pekerjaan menulis. Tapi sayangnya, Apple tidak memberikan spell check untuk Bahasa Indonesia. Sebenarnya kita bisa menambahkan sendiri spell check berbahasa Indonesia di OS X. Caranyapun sangat mudah, berikut tutorial bagaimana menambahkan spell check Bahasa Indonesia ke OS X.

Tutorial ini saya test di Lion OS X, kemungkinan besar bisa berjalan juga di Leopard atau Snow Leopard OS X.

Dapatkan database kamus Bahasa Indonesia

Spell check sebenarnya merupakan kumpulan database kata-kata dalam bahasa tertentu berupa beberapa file yang bisa didapatkan secara gratis melalui sumber-sumber open source. Tempat yang bagus untuk mengambil spell check Bahasa Indonesia adalah melalui proyek extension bahasa di OpenOffice. Unduhlah Kamus Indonesia dari halaman tersebut. Setelah selesai diunduh, ubahlah akhiran nama file .oxt ke .zip. Unzip file id.zip, di dalamnya ada banyak file, tapi yang kamu butuhkan hanyalah file id.aff dan id.dic.

Buat OS X Mengenali kamus Bahasa Indonesia

Supaya OS X mengenali file kamus Bahasa Indonesia kamu harus memindahkannya ke folder ~/Library/Spelling. Karena folder Library di Lion OS X disembunyikan, untuk menuju ke sana pakailah fitur Go to Folder – di Finder tekanlah CMD + Shift + G. Ketikan ~/Library/Spelling. Tanda ~ melambangkan Home folder kamu.

Go To Folder Spelling
Go To Folder Spelling

Setelah file id.aff dan id.dic dipindahkan atau disalin, lanjut ke tahap berikutnya.

Mengaktifkan spell check Bahasa Indonesia

OS X dapat menguji ejaan berdasarakan setingan bahasa, langkah ini tidak wajib kamu ikuti. Kamu bisa menambahkan setingan Bahasa Indonesia melalui System Preference > Language & Text, buka tab Language. Tambahkan Bahasa Indonesia dengan klik tombol Edit List dan aktifkan Bahasa Indonesia yang terdapat dalam window pop up daftar bahasa. Kamu juga bisa drag Bahasa Indonesia ke paling atas sebagai bahasa utama OS X.

Pilih Bahasa Indonesia (Library)
Pilih Bahasa Indonesia (Library)

Langkah ini wajib kamu ikuti. Kemudian, buka tab Text. Di sinilah kamu bisa mengubah Spelling menjadi Bahasa Indonesia. Klik dropdown Spelling dan ubah ke Bahasa Indonesia (Library). Yang kita lakukan disini adalah memaksa OS X untuk menggunakan spell check Bahasa Indonesia tanpa mempedulikan urutan bahasa di tab Language.

Menggunakan spell check Bahasa Indonesia

Untuk mulai menggunakannya, sebaiknya kamu log-in ulang ke OS X. Setelah log-in kembali kamu bisa tes menggunakan TextEdit. Berikut ini tes yang saya lakukan. Fitur anjuran kata ala iOS yang diperkanalkan di Lion OS X-pun dapat bekerja, walaupun tidak sempurna. Ada baiknya kamu aktifkan lagi auto correction apabila sebelumnya menonaktifkannya.

Test spell check Bahasa Indonesia di Text Edit
Test spell check Bahasa Indonesia di Text Edit

Kalau kamu sering gonta-ganti menulis dalam Bahasa Inggris dan Indoneisa, kamu bisa mengatur Spell Checker langsung per aplikasi. Klik kanan atau sekunder dan pilihlah menu Spelling and Grammar > Show Spelling and Grammar. Di dalam window kecil ini kamu bisa gonta-ganti spell check yang akan kamu pakai.

Window Spell Check and Grammer
Window Spell Check and Grammer

Menambahkan kata baru

Data spell check dari OpenOffice belumlah sempurna, masih banyak kata-kata baru atau serapan yang tidak dikenali. Kamu bisa menambahkan kata-kata yang belum ada di kamus Bahasa Indonesia dengan menekan tombol Learn di window Spelling and Grammar. Dengan menambahkan kata-kata baru akan mempermudah tulisan selanjutnya.

Menambahkan kata baru
Menambahkan kata baru

Belum sempurna

Cara di atas menandakan keluarbiasaan OS X. Apple memberikan fitur yang memudahkan pengguna OS X untuk menambahkan dukungan bahasa sendiri tanpa harus mengandalkan dan menunggu dari Apple, walaupun jumlah kata yang didukung tidak up to date. Yang pasti, dapat membantu banyak penulis Indonesia untuk menulis lebih baik lagi dengan bantuan spell check Bahasa Indonesia.


Tags:
Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>