Menelaah Desktop Mac

desktop.jpgDesktop adalah satu bagian yang paling mendasar, dan yang paling sering dilihat oleh para pengguna komputer. Dalam Bahasa Indonesia, Desktop diartikan sebagai layar utama, tapi kita pakai saja kata Desktop, karena lebih familiar dan singkat. Ketika kita menyalakan komputer, kita akan dibawa ke tampilan Desktop sebelum ke aplikasi lain. Sebagai sebuah Sistem Operasi yang maju, Mac mempunya desktop yang sangat cantik. Di dalam tulisan perdana ini saya akan menjelaskan bagian-bagian Desktop Mac kepada Anda.

leopard_desktop_thumb.pngTampilan desktop leopard

Gambar di atas adalah hasil tangkapan layar Desktop Leopard. Apabila Anda masih menggunkan Tiger (Mac OSX 10.4) tampilannya akan sedikit berbeda terutama di jendela Finder. Mari kita bahas satu persatu.

1. Menu Apple 

Saya menyebutkan Apple bukan Apel, karena mengikuti nama perusahaan Apple Inc. Di dalam menu ini terdapat menu-menu yang berhubungan dengan Sistem Operasi Mac. Seperti Shut Down, Restart atau Log Out. Kunci pintas untuk mengakses menu  adalah dengan menekan tombol CTRL+F2.

Untuk mengetahui versi Mac Anda, Anda bisa membuka About This Mac. Di sini Anda bisa melihat versi sistem operasi, kecepatan prossesor, besarnya memori yang terpasang di komputer serta kecepatannya. Apabila anda menekan tombol Software Update, Anda akan membuka sistem update Mac yang otomotis, akan kita bahas mengenai Software udpdate dilain hari. Dengan menekan More Info, Anda akan diperlihatkan System Profile Mac Anda. Di sini anda bisa melihat jenis-jenis perangkat keras yang terpasang di Mac anda lebih mendetil. Lebih baik kita lewati bagian ini dulu, karena sangat rumit dan beragam.

01_aboutMac.pngJendela About Mac

Salah satu bagian menu yang akan sering (mungkin) Anda gunakan adalah menu Force Quit…. Menu ini akan membuka jendela Force Quit, yaitu jendela yang berfungsi untuk memaksa menutup aplikasi-aplikasi yang bermasalah. Kita akan membahas lebih banyak lagi tentang hal ini ditulisan berikutnya.

01_ForceQuit.pngJendela Force Quit Application

2. Menu Aplikasi

Menu Aplikasi di Mac tidak seperti di Windows, dimana Menu Aplikasi di Mac selalu berada di atas, sedangkan di Windows berada di setiap jendela aplikasi.

Menu Aplikasi akan berubah mengikuti aplikasi yang sedang aktif. Untuk mengakses menu lewat papan kunci tekan Control+F2 kemudian tekan huruf depan yang ada di menu. Misalkan kita mau mengakses menu Edit, setelah Control+F2 tekan E, atau anda juga bisa menggunakan tombol panah untuk memilih menu-menu yang ada.

01_menu.pngPerbedaan menu aplikasi antara Adium dengan MarsEdit

3. Menu Extra

Ini adalah tempat menu extra berada, icon kecil yang bisa menjadi jalan pintas ke menu aplikasi Anda atau juga bisa menjadi aplikasi sendiri, atau juga bisa menjadi status sistem seperti jam atau kemampuan batere laptop Anda. Fweeh banyak bener atau-nya.

01_menuextra.pngContoh Menu Extra beraksi

4. Icon Desktop

Icon di desktop Mac hampir sama dengan icon desktop di Windows, bedanya adalah, kalau di windows icon dekstop ada di kiri, kalau di Mac ada di kanan layar..hehehehe. Bukan hanya itu saja sih, ketika Anda masuk ke Desktop Mac pertama kalinya, hanya terdapat satu icon yaitu Macintosh HD. Di gambar di bawah ini saya sudah menggati nama Hardisk dan ada satu tambahan hardisk.

Untuk bisa merubah ukuran icon desktop anda melalu Show View Options. Di jendela ini Anda bisa merubah ukuran icon, jarak antar icon (hanya ada di Leopard), posisi teks, dan ukuran teks icon.

show_veiw_desktop.pngSetting icon desktop

5. Spotlight

Spotlight adalah sebuah fitur pencarian yang pintar. Anda bisa mencari apa saja dengan Spotlight, pesan email lama Anda, aplikasi Mac di dalam folder Application, apa saja yang ada di dalam Mac Anda.

Spotlight bisa anda akses dengan menekan tombol ⌘+Spasi. Di tulisan mendatang kami akan membahas tentang penggunaan Spotlight lebih lanjut.

6. Jendela Aplikasi

Jendela aplikasi yang tertera adalah Finder, aplikasi pengolah berkas bawaan Mac. Jendela aplikasi Mac mempunyai bayangan yang memberikan kesan kedalaman pada tiap jendela yang tertumpuk. Apabila Anda penasaran tentang Finder, kami akan mengulas tentang penggunaan Finder semaksimal mungkin termasuk beberapa trick yang dapat menghemat waktu Anda.

7. Finder icon

Icon Finder di dock ini tidak bisa di hilangkan. Dengan menekan icon ini akan memunculkan jendela Finder.

8. Dock Aplikasi icon

Dock adalah salah satu fitur unggulan di Mac. Dock berfungsi sebagai peluncur aplikasi atau juga sebagai pemindah antar aplikasi. Aplikasi yang berjalan di tandai dengan lampu putih berpendar untuk di Leopard, di Tiger ditandai dengan segitiga. Anda bisa mengakses Dock dengan menekan CTRL+F3.

dock_leotiger.jpgKiri: OS Tiger (OSX 10.4), kanan: Leopard (OSX 10.5)

Kita akan membahas tentang merubah tampilan dock di masa yang akan datang.

9. Stack

Stack hanya terdapat di Leopard, di Tiger stack digantikan menjadi jalan pintas ke folder pilihan Anda. Di Leopard stack tampilannya jauh lebih keren dibandingkan Tiger yang hanya mempunya List View saja.

stack_folder.jpgStack dengan tampilan Grid sedang beraksi di Leopard
stack_view.jpgKiri: tampilan Fan, kanan: tampilan List.

Stack di Leopard terdapat tiga macam tampilan, yaitu: Grid (gambar atas), Fan (seperti Kipas), dan List view (seperti halnya di Tiger). Untuk berganti mode tampilan, yang perlu Anda lakukan klik kanan di icon stack dan pilih tampilan yang Anda suka.

10. Icon Tong sampah

dock_fulltrash.jpgDi Windows disebut dengan Recycle Bin, di Mac cukup disebut sebagai Trash atau Tong Sampah. Berkas-berkas yang dihapus akan masuk ke dalam Tong Sampah, berkas tersebut akan berada di dalam Tong Sampah sampai Anda membersihkannya.

Untuk membersihkan tong sampah Anda bisa melakukan dengan Click Kanan di icon Trash kemudian pilih Empty Trash, atau menekan tombol ⌘+Shift+Delete ketika window Finder terpilih.

ejecticon.jpgIcon Trash juga bisa berganti menjadi icon eject ketika anda mengklik media yang bisa dikeluarkan seperti CD-ROM, DVD-ROM atau volume jaringan. 

Kesimpulan

Ketika saya berganti menggunakan Mac, salah satu yang agak mengganggu adalah posisi Menu yang selalu di atas, dan terkesima melihat kemampuan Dock dalam memanjemen aplikasi saya. Selain itu Spotlight juga membuat saya suka mencari berkas-berkas yang kadang kala lupa ditaruh di mana. Desktop Mac bagi saya adalah sebuah desain tampilan yang menyenangkan tanpa menghilangkan kegunaan dan kemudahan.


Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

20 Comments

  1. Felix  /  24 June 2008, 19:52 Reply

    Penulisan, liputan, jargon dan bahasa yang sempurna. Ditunggu petunjuk-petunjuk selanjutnya yah! O:)

  2. erwin  /  2 July 2008, 20:17 Reply

    sing penting nganggo boso indonesia…ben cepet mudeng..sipp 8)

  3. Yudhaworld  /  2 July 2008, 20:39 Reply

    Wow keren sekali bro ..

    Kl boleh sedikit menambahkan tentang DOCK ..

    Banyak orang masih beranggapan bahwa DOCK hanyalah berfungsi sebagai peluncur aplikasi atau juga sebagai pemindah antar aplikasi.
    Ada satu fungsi yang lebih besar lagi ari dock yaitu sebagi sebuah base station dari WorkFlow kita.

    Ex.

    Saya seorang Bloger …
    Aplikasi yang sering saya gunakan adalah :
    1. Pages dan Text Edit
    2. iPhoto sebagai Photo Management dan Image editor sederhana.
    3. Browser.

    Nah shotcut aplikasi aplikasi tersebut kita pasang di DOCK , sehingga pada saat kita akan transfer pekerjaan dari 1 aplikasi ke apikasi lain kita tinggal drag and drop saja ke icon yang ada di dock .

  4. daaan  /  2 July 2008, 21:11 Reply

    Sayang sekali masih Tiger user :D

  5. Lulu  /  7 July 2008, 09:40 Reply

    Tambahan sedikit, kalau boleh :D

    “Stack di Leopard terdapat tiga macam tampilan, yaitu: Grid (gambar atas), Fan (seperti Kipas), dan List view (seperti halnya di Tiger)”

    Tampilan List View hanya ada di Leopard 10.5.2. Di Leopard versi awal hanya ada tampilan Grid dan Fan.

  6. Harya Dimas  /  8 July 2008, 05:15 Reply

    Ditunggu post-post bermanfaat berikutnya..

  7. Taufik  /  5 August 2008, 19:14 Reply

    Wah keren…trusin yon nulis nya …
    walaupun gw blom pake mac tapi gw tertarik
    mudah2an tar gw bisa pake mac…go deon!

    • Rio Pianist  /  1 April 2011, 01:23

      sama.. saya juga blm pake.. tp kyknya bntr lagi bakal “menceraikan” notebook pc mo beralih ke macbook pro.. istri saya sudah duluan pake, ternyata sangat menyenangkan.. hihihihi..

  8. ClubPenguinCheats  /  15 April 2010, 10:04 Reply

    Ditunggu post-post bermanfaat berikutnya..

  9. ndrew  /  27 June 2010, 13:17 Reply

    love Mac so much..
    keep sharing y mas…

  10. nurul  /  24 January 2011, 16:54 Reply

    app yg dgnakn pa sja y mas? n utk buat crsornxa gmna y mas software yg dgnkan biar cursorxa cntyk…

  11. Rio Pianist  /  1 April 2011, 01:26 Reply

    luar biasa petunjuknya.. betul2 bermanfaat khususnya buat newbie.. thanks bgt buat sharingnya disini..

  12. Rongz  /  21 April 2011, 12:30 Reply

    bang kus saya baru nemuin web ini, soalnya saya baru beli macbook pro 2011, awalnya ragu2 juga sih pindah ke mac,tapi setelah pindah baru mikir kenapa ga dari dulu pake mac,hehe. untung ada web makemac… jadi saya bisa belajar dari awal. oya kok punya saya coba tekan ctrl+f2 ngga bisa ya untuk mengakses menu??

    • Kuswanto  /  21 April 2011, 21:21

      Coba sambil tekan CMD + FN+F2. Secara default tombol Function di Mac berfungsi sebagai tombol Multifungsi Apple (dashboard, brightness dll).

  13. Apple Addicted  /  28 May 2013, 22:20 Reply

    Isi dari blog ini yang paling mudah dipahami, bahasanya sederhana dan mudah dipahami.
    Baru tadi siang pegang macbook, emang bener… ribet diawalnya doank.
    Setelah baca blog ini… wuzzzzzz jadi ngerti.
    Makasih sangat yaaa ^^

  14. jasmank  /  25 September 2013, 23:54 Reply

    bang bgai mna cara klau dlm tong sampah trash nga bisa di hapus..langka2 apa aj di gunakan?

  15. dacca  /  15 January 2014, 11:35 Reply

    jujur sy masi bingung dalam memulai menjalankan aplikasi di mac… mau memulai membuat pekerjaan sebagaimana sy menggunakan word pun masi bingung.. tlng sob,, kasi tau kalo mau memulai untuk melakukan pekerjaan, seperti membuat laporan dll.. tenk’s all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>