Mengambil Ikon Aplikasi OS X Dengan Skitch

Sebagian besar pekerjaan saya membuat mockup desain menggunakan Photoshop atau menulis untuk MakeMac. Seringkali saya harus mengambil icon aplikasi-aplikasi OS X. Cara yang biasa dilakukan, dengan membuka package content aplikasi dan mengambil file ICNS-nya, membutuhkan banyak langkah. Tidak lama ini saya menemukan cara yang lebih cepat.

Cara yang lebih cepat tersebut, membutuhkan aplikasi Skitch, sudah sering dibahas berkali-kali di MakeMac. Skitch yang dipakai adalah Skitch versi OS X dan juga tersedia untuk iPad dan Android.

Sekilas tentang sejarah Skitch. Skitch awalnya dibuat oleh Plasq, yang secara singkat menjadi aplikasi screenshot kesukaan banyak pengguna OS X. Pada Agustus 2011, Skitch diakuisisi oleh Evernote, dengan adanya akuisisi tersebut membuat Skitch melebarkan sayap ke platform lain, yaitu Skitch untuk iPad dan Android.

Mari kembali ke tips mengambil icon aplikasi OS X dengan Skitch.

Setiap icon aplikasi terdapat di dalam file aplikasinya, kamu bisa melihatnya dengan membuka menu Show Package Contents melalui menu konteks, kemudian buka folder Resources dan cari file berformat “ICNS”. Sistem mencari icon dengan membuka aplikasi membutuhkan banyak langkah, tidak efisien dan tentunya memakan banyak waktu.

Cara termudahnya adalah menggunakan Skitch. Seleksi aplikasi yang ingin icon-nya diambil, kemudian tekan CMD+C (Copy), buka skitch, kemudian CMD+v (Paste). Icon aplikasi tersebut akan tercopy ke Skitch dalam ukuran 512x512px.

Mengambil icon YoruFukurou

Tips ini tidak hanya berlaku untuk aplikasi saja, tapi berlaku juga untuk icon files dan folders. Misalnya kalian ingin mengambil icon jenis FLA, lakukan langkah di atas, maka icon jenis file FLA akan tersalin ke Skitch. Bahkan tips ini bekerja untuk thumbnail file Photoshop.

Yep, tipsnya hanya copy-paste, semoga gak basi-banget ya dan tentunya semoga tips kecil (sedikit rahasia) ini bisa membantu kalian supaya bisa lebih efektif mendesain dan menulis ketika membutuhkan icons dari aplikasi Mac OS X.

[review_web site="http://www.skitch.com" appstore="http://itunes.apple.com/id/app/skitch/id425955336?l=id&mt=12" price="Free"][/review_web]

Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

2 Comments

  1. Faiz Al-Qurni  /  29 May 2012, 09:58 Reply

    Tips sederhana tapi keren bang,
    Bermanfaat :)

  2. TH2786  /  12 June 2013, 13:01 Reply

    Makasih infonya Mas Kuswanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>