How-To

Cara Membuat Kecerahan Layar iPhone Lebih Gelap Dari Batas Normal

Sering menggunakan perangkat iPhone dalam kondisi minim cahaya, butuh tingkat kecerahan yang sangat rendah? Namun terkadang ada kondisi dimana posisi kecerahan paling rendah sekalipun, kamu tetap merasa silau. Tim MakeMac punya sebuah tutorial sederhana untuk membuat layar di iPhone, bisa mendapatkan tingkat kecerahan yang lebih gelap lagi. Berikut ini info lengkap dan panduannya:

Cara Membuat Layar iPhone Lebih Gelap dengan Accessibility

  1. Kurangi kecerahan layar di iPhone hingga batas minimal, matika mode Auto Brightness jika diperlukan. Setelah itu masuk ke aplikasi Settings.
  2. Akses bagian General > Accessibility > Zoom.
  3. Aktifkan Zoom. Jika kamu menemui tampilan kotak Zoom di depan layar, lakukan double-tap dengan 3 jari di atas layar untuk nonaktifkan tampilan.
  4. Masuk ke Zoom Region > Full Screen Zoom.
  5. Masuk ke Zoom Filter > Low Light. Akhiri pengaturan dengan cara keluar dari app Settings

Selesai melakukan tutorial di atas, silahkan akses Control Center. Kamu akan melihat slider untuk kecerahan layar yang tidak berada di posisi minimal lagi. Silahkan geser ke bagian kiri dan tingkat kecerahan layar paling redup yang tidak bisa ditemukan selama ini.

Sebagai tambahan catatan, fitur ini hanya berupa filter alias efek buatan agar layar terlihat lebih redup ya. Tentunya kamu tidak bisa menganggap bahwa fitur ini dapat menghemat penggunana baterai berbasis tingkat kecerahan yang lebih rendah.


Baca Juga:


Cara Cepat Memanggil Filter Low Light

Panduan di atas memang terbilang sangat panjang dan agak merepotkan. Ada sebuah langkah singkat yang dapat kamu lakukan untuk memanggil pengaturan tersebut saat dibutuhkan. Berikut ini langkah lengkapnya:

  1. Masuk ke aplikasi Settings.
  2. Akses bagian General > Accessibility > Accessibility Shortcut.
  3. Pilih mode Zoom. Selesai, tutup aplikasi Settings. Silahkan tekan Home Button 3x berturut-turut untuk menggunakan atau mematikan pengaturan Filter Low Light secara cepat.

Tim MakeMac sudah mencoba fitur ini dan sangat bermanfaat saat butuh akses layar lebih gelap. Misalkan untuk akses iPhone di tempat umum dan butuh privasi atau di dalam ruangan gelap sebelum tidur. Selamat mencoba fitur ini dan bagikan pendapat kamu di kolom komentar ya!


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top