Mengenal Cydia Lebih Dekat

Semua pengguna iPad, iPhone dan iPod Touch yang sudah melakukan jailbreak pasti akan menemukan aplikasi tambahan dengan ikon berwarna coklat dan bergambar kardus ini pada Home screen mereka. Apa sih sebenarnya kegunaan dari aplikasi ini? Mengapa aplikasi ini muncul setelah jailbreak?

Cydia on iOS

Photo via Geek

Aplikasi ini bernama Cydia! Aplikasi ini diciptakan oleh Jay Freeman (saurik), seorang Technology Consultant yang sudah menyelesaikan studi di University of California pada jurusan College of Creative Studies, dan sedang melanjutkan studi pada universitas yang sama di jurusan College of Engineering.

Cydia pada tahun 2007 merupakan aplikasi wajib bagi setiap pengguna iPhone 1st Generation. Pada saat itu, App Store belum hadir di iPhone sehingga Cydia menjadi salah satu tempat untuk memasang aplikasi pihak ketiga selain Installer. Selama 5 tahun sejak kehadirannya, Cydia telah melahirkan banyak fungsi tambahan yang berguna bagi perangkat iOS dan terdapat tema-tema yang mampu membuat perangkat iOS tampil berbeda dari yang lainnya.

Pada saat pertama kali menjalankannya, Cydia akan mencoba mengenali perangkat iOS kamu. Setelah beberapa saat kemudian, Cydia akan keluar secara otomatis. Langkah pertama sudah selesai, sekarang kamu sudah bisa menggunakan Cydia sepenuhnya.

Saat kamu membuka Cydia kembali, kamu akan diberikan 3 pilihan, yaitu user, hacker, dan developer. Dari ketiga pilihan tersebut, saya menyarankan kamu untuk memilih user. Karena Hacker hanya ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan tools Command Line. Sedangkan pilihan Developer mempunyai pilihan yang cukup menyeramkan di dalamnya karena dapat merusak perangkat iOS apabila tidak memahami setiap fasilitas yang tersedia.

Ada 5 bagian yang terdapat pada Cydia, penjelasannya adalah sebagai berikut:

Home

Pada bagian ini terdapat tautan ke halaman Facebook Cydia dan akun Twitter penemunya. Di bagian atas, kamu bisa melihat berkas SHSH yang tersimpan di server Cydia untuk perangkat iOS tersebut saja. Berkas SHSH sangat berguna untuk melakukan restore ke versi iOS yang sudah tidak diperbolehkan oleh Apple. Kamu juga bisa menemukan informasi tentang paket aplikasi beserta tema-tema terbaru di Cydia. Bagian bawah terdapat panduan, terutama bagian FAQ, bagi kamu yang baru menggunakan perangkat jailbreak.

Di halaman ini juga, terdapat Cydia Store dimana kamu bisa membeli paket aplikasi berbayar di Cydia karena tidak semua paket aplikasi gratis. Untuk membuat akun dan menambahkan kartu kredit layaknya akun iTunes Store, kamu bisa memilih ‘Manage Account’.

Cydia Homescreen

Section

Semua tweak, aplikasi, add-on, dan widgets dipisahkan dalam kategori masing-masing. Upaya ini diambil untuk mempermudah pengguna mencari paket-paket aplikasi yang terdaftar di Cydia.

Changes

Selanjutnya adalah changes, di sini kamu bisa mencari tahu paket aplikasi terbaru yang hadir di Cydia berdasarkan waktu kemunculannya. Di sini juga kamu bisa memeriksa update dari paket aplikasi yang sudah terpasang pada perangkat iOS kamu.

Manage

Kamu dapat menggunakan bagian ini untuk mengatur paket aplikasi (seperti theme, add-on, tweak, dan sebagainya) yang sudah terpasang pada perangkat iOS, menentukan sumber aplikasi Cydia, dan memeriksa kapasitas yang tersisa. Penjelasan setiap bagian adalah sebagai berikut:

Cydia Manager

  • Packages: Di sini kamu bisa melihat paket aplikasi apa saja yang sudah terpasang pada perangkat iOS kamu. Di pojok kiri atas terdapat pilihan simple/expert. Saya menyarankan untuk memilih menu simple agar fitur penting yang terdapat pada menu expert tidak hilang/terhapus.
  • Sources: Seperti namanya, sources menampilkan sumber dari segala paket aplikasi yang terdapat pada Cydia, atau biasa disebut dengan repository. Ada banyak sekali repository yang bisa kamu tambahkan ke Cydia. Terdapat 5 repository yang akan tersedia secara otomatis di Cydia, yaitu BigBoss, Cydia/Telesphoreo, Dev Team, ZodTTD & MacCiti dan ModMyi. Untuk menambahkan repository, kamu cukup dengan memilih Edit & Add, kemudian tambahkan alamat repository di kolom yang disediakan.
  • Storage: Menu ini hanya berupa penjelasan mengenai berapa besar kapasitas yang sudah digunakan oleh fitur-fitur.

Search

Bagian terakhir dari Cydia adalah search. Menu ini digunakan untuk mencari paket aplikasi yang kamu inginkan.

Kesimpulan dan Saran

Pada awalnya, Cydia merupakan aplikasi yang memang sulit untuk dipahami kegunaannya. Namun, untuk mempelajari fungsi dan kegunaannya tidaklah sesulit yang kamu pikirkan. Sebelum memutuskan untuk membeli/memasang suatu tweak, aplikasi, add-on, widgets, pastikan kamu membaca keterangan/kegunaan dari fitur tersebut dan pastika pula paket aplikasi yang akan dipasang cocok dan sesuai dengan seri perangkat iOS dan iOS yang terpasang. Bila tidak, hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi pada perangkatmu.

Yang paling PENTING adalah jangan terlalu banyak memasang tweak, aplikasi, add-on, dan widgets. Memasang terlalu banyak fitur bisa menyebabkan crash pada Springboard. Ketika crash terjadi, perangkat iOS kamu akan memasuki safe mode. Ada 6 cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikannya, antara lain:

  1. Restart Springboard.
  2. Reboot perangkat iOS.
  3. Hilangkan fitur yang baru saja dipasang.
  4. Menggunakan fitur Crash Reporter yang bisa diunduh di Cydia.
  5. Minta tolong langsung ke saurik dengan bergabung di IRC pada channel #iphone
  6. Restore

Semoga pengenalan Cydia ini bisa membuat kamu yang sudah melakukan jailbreak bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dan lebih bijak dalam memilih paket aplikasi yang ada.


Pemegang alat musik tabuh, yang suka mengabadikan momen dengan tustel ala kadarnya. Percaya dengan adanya dunia paralel, dan berharap suatu saat dapat menciptakan mesin waktu. Awas ada UFO!!

7 Comments

  1. moncler.com-5sgSum  /  9 November 2013, 18:52 Reply

    en ligne acheter sacs moncler pas cher 2013 france paris

  2. doudoune moncler homme lazare  /  15 November 2013, 17:02 Reply

    Cheap Moncler Gilet Fr Online

  3. doudoune moncler alpin 409302  /  15 November 2013, 17:03 Reply

    Moncler Pas Cher,Moncler Soldes Homme & Femme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>