Miscellaneous

Ming Chi-Kuo: Dilengkapi Tombol Home Virtual, iPhone 8 Bakal Fakir Touch ID

Judul

iPhone 8 yang diharapkan bakal mengusung sensor Touch ID di bawah layar sepertinya pupus sudah. Pasalnya, iPhone edisi ulang tahun kesepuluh itu diprediksikan tidak bakal dilengkapi sensor pemindai sidik jari tersebut.

Prediksi tersebut muncul dalam catatan terbaru yang dirilis analis ternama dari KGI Securities, Ming Chi-Kuo. Seperti dilansir Street Insider, sang analis mengatakan bahwa iPhone 8 bakal hadir dengan rasio layar ke bodi paling tinggi. Lantaran, bakal dilengkapi fitur “Notch” di bagian bezel atas dan juga tombol Home virtual.

"Notch: sendiri adalah area kecil di bezel atas yang merupakan lokasi bercokolnya sejumlah sensor proximity, kamera depan, dan speaker buat mendengarkan panggilan telepon yang masuk.

Sayangnya, tombol Home virtual di iPhone 8 tidak mendukung sensor Touch ID. Dengan kata lain, Apple tidak bakal menyematkan sensor pemindai sidik jari apapun di iPhone generasi berikutnya tersebut. Penyebabnya adalah terdapat banyak isu teknis dalam pengembangan teknologi ini.

"We predict the OLED model won’t support fingerprint recognition, reasons being: (1) the full-screen design doesn’t work with existing capacitive fingerprint recognition, and (2) the scan-through ability of the under-display fingerprint solution still has technical challenges, including: (i) requirement for a more complex panel pixel design; (ii) disappointing scan-through of OLED panel despite it being thinner than LCD panel; and (iii) weakened scan-through performance due to overlayered panel module.

Sebagai gantinya, Apple disebutkan bakal mengandalkan kamera 3D yang berada di depan. Kamera yang kualitasnya sudah ditingkatkan tersebut bakal digunakan untuk mendukung fitur pengenalan wajah buat proses otentifikasi.

Kuo juga mengkonfirmasi bahwa Apple bakal menelurkan tiga model iPhone baru tahun ini, yaitu iPhone 8, iPhone 7s dan iPhone 7 Plus. iPhone 8 yang siap hadir dengan desain kaca dan sasis stainless steel itu bakal dilengkapi dengan layar OLED 5,8 inci dengan area aktif berukuran 5,2 inci.

Sedangkan dua model lainnya bakal dilengkapi layar LCD 4,7 inci dan 5,5 inci dan desain yang mirip seperti iPhone yang ada di pasaran saat ini. Hanya saja untuk materialnya bakal mengadopsi kaca di bagian belakang bodi dan bingkai aluminium.


Baca juga:


iPhone 8 dan iPhone 7s Plus disebutkan bakal dilengkapi dengan besaran DRAM yang sama yaitu 3GB buat mendukung kamera lensa. Sedangkan iPhone 7 masih bakal dilengkapi RAM 2GB.

Ketiga model iPhone 2017 disebutkan bakal hadir dalam opsi kapasitas storage 64GB dan 256GB dan Lightning port yang mendukung teknologi pengisian baterai cepat (fast charging). Hal tersebut dimungkinkan dengan bakal disematkannya IC USB-C.

Kualitas suara di iPhone 8 juga bakal ditingkatkan. Kuo mengatakan bahwa Apple bakal menyematkan speaker stereo yang output-nya yang lebih seimbang dan konsisten. Untuk varian warnanya, iPhone 8 hanya bakal tersedia dalam pilihan warna yang terbatas. Kemungkinan hitam dan putih sebagaimana sudah yang dibikin Martin Hajek.

Kuo memprediksikan Apple bakal mengumumkan ketiga model iPhone 2017 berbarengan pada bulan September mendatang. Namun ketersediaan iPhone 8 di pasaran bakal menyusul di bulan Oktober. Terakhir, sebanyak 80–85 juta iPhone 2017 diprediksikan bakal terjual tahun ini.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top