Reviews

Monogram, Membuat Kartu Cerita Unik & Sederhana di iPhone



Menulis cerita dalam bentuk paragraf atau artikel memang sudah biasa. Nah untuk kamu yang ingin tampil lebih visual – membuat portofolio dari hasil kerjaan foto misalnya atau cerita pengalaman unik coba deh gunakan Monogram. Aplikasi ini membantu pengguna untuk membuat deretan kartu sebagai media cerita dalam bentuk teks, gambar atau tautan ke akun sosial media. Tim MakeMac sudah mencobanya dan ingin berbagi review untuk kamu pembaca setia!

Mengenal Monogram

Aplikasi gratisan dari grup pengembang Moo Print ini tersedia untuk pengguna iPhone dan berfitur utama membagikan cerita dalam bentuk visual yang unik. Ya, unik karena dalam setiap kartunya kamu hanya bisa mengisi dengan sebuah gambar, teks atau tautan ke sosial media lain. Mode aksesnya juga unik, ke samping dan atas bawah.

Langsung Cobain Ya!

Selesai mengunduh Monogram dan buka, kamu akan disambut dengan beberapa tutorial dan panduan dasar. Ada juga contoh catatan monogram yang sudah jadi, untuk kamu gunakan sebagai sumber inspirasi. Nah sekarang saatnya buat Monogram kamu sendiri! Tekan ikon + New Monogram di bagian bawah untuk memulai ya!

Setelah itu pilih objek yang ingin kamu tambahkan – gambar, teks atau More yang berisi beragam layanan sosial media seperti VSCO, Facebook, YouTube atau lainnya. Setelah menentukan jenis objek yang akan kamu isi, silahkan slide ke samping atau bawah untuk melanjutkan cerita kamu. Saya pribadi lebih senang mengisi deretan paling kiri dari atas hingga bawah dengan gambar, lalu keterangan dalam bentuk teks di slide berikutnya alias sebelah kanan. Oh ya sebagai catatan, sebaiknya gunakan gambar dengan resolusi kotak ya, jika tidak akan ada mode crop otomatis.

Kustomisasi yang ada di Monogram tergolong cukup minimalis. Kamu hanya bisa mengganti warna card untuk objek teks. Font, filter gambar atau beragam kustomisasi lainnya tidak ada di aplikasi ini – memang rasanya tidak perlu sih mengingat konsep sederhana yang diusung.


Baca Juga:

Simpan atau Bagikan, Terserah Kamu

Ini dia favorit saya, hasil akhir dari Monogram dapat kamu simpan untuk diedit lagi lain waktu atau langsung bagikan kepada teman dan sahabat misalnya. Untuk fitur membagikan, kamu wajib membuat akun Monogram lebih dahulu ya. Tenang, hanya butuh alamat email dan password saja tanpa mode verifikasi atau hal ribet lainnya.

Setelah itu silahkan bagikan tautan dari hasil karya cerita kamu di Monogram dengan cara menekan tombol Copy atau ketik alamat email teman kamu di kolom yang tampil. Bagi kamu yang penasaran, ini contoh Monogram yang sudah saya buat. Bagaimana, sederhana dan tetap menarik kan?

Segera unduh Monogram dari tautan di bawah ini dan selamat membuat cerita kamu ya! Jangan lupa bagikan tautan dari cerita kamu di kolom komentar artikel ini.

Download Monogram – Share what you do beautifully – by Moo · Harga: Gratis


Rapikan Dokumen & Foto Jadi Cerita Unik di Adobe Slate

Gambar


2 Comments

2 Comments

  1. iwe

    15 March 2016 at 15:29

    sedikit lucu ketika saya melihat ada tulisan SAMSUNG di jeroan Apple, di sisi lain seringnya Apple di sindir di setiap iklan yang di buat oleh SAMSUNG hahaha, ntahlah rasanya janggal.

    • Bagus Hernawan

      15 March 2016 at 19:29

      Hahahaha sempet2nya mas Iwe ini :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top