Muzzy: Pendamping Kecil iTunes Yang Manis di Menu Bar

Aplikasi pemutar lagu merupakan topik favorit para penulis MakeMac. Lihat saja jumlah aplikasi yang dibahas, termasuk tips kami untuk memanjakan diri saat mendengarkan lagu di iTunes. Ini menunjukkan bahwa aplikasi dalam kategori musik memiliki daya tariknya tersendiri.

Pedro Vieira menghubungi kami dan menunjukkan aplikasinya yang cukup indah buat dipasang pada menu bar. Muzzy adalah aplikasi pendamping iTunes yang mendiami menu bar. Fungsinya sederhana yaitu menawarkan kendali iTunes, menampilkan lirik, dan memunculkan notifikasi saat berpindah lagu.

 Halaman Pengaturan Muzzy

Halaman Pengaturan Muzzy

Desainer Muzzy, Raphael Lopes dan Célio Silva, menggunakan beberapa warna solid untuk menghiasi halaman pengaturan Muzzy. Penggunaan warna ini juga akan terbawa ke notifikasi, yaitu warna biru terang dengan tulisan berwarna putih, yang akan ditampilkan di bawah lambang aplikasi menu bar setiap kali terjadi perpindahan lagu. Sayangnya, kamu tidak dapat mengubah warna notifikasi dan terpaksa menggunakan warna biru. Yang menjadi perhatian saya hanyalah orang-orang yang menggunakan wallpaper biru. Hasilnya tidak terlihat begitu indah apabila warna wallpaper dan notifikasi mirip.

 Notifikasi Muzzy saat berpindah lagu

Notifikasi Muzzy saat berpindah lagu

Memilih lambang Muzzy di menu bar akan menggeser cover album dari atas ke bawah. Judul lagu dan waktu bermain akan terlihat pada sisi kiri bawah. Muzzy secara otomatis mengubah ukuran cover album menjadi segiempat untuk menyesuaikan ukuran bingkai. Kalau cover album bukan berbentuk segiempat, maka kamu akan menemukan sebuah gambar dengan proporsi aneh. Cara yang lebih masuk akal adalah memotong cover album daripada mengubah panjang dan lebar ukurannya.

 Ikuti lagu dengan membaca lirik di bagian bawah cover album

Ikuti lagu dengan membaca lirik di bagian bawah cover album

Lagu dengan lirik? Lihat lebih dekat bagian bawah cover. Sebuah slip kertas bisa ditekan supaya menampilkan lirik lagu. Jangan lupa tekan tombol panah untuk menyelipkan kertas lirik kembali ke bawah cover album.

Kamu juga bisa mengatur posisi lagu melalui Muzzy. Pengaturan ini bisa dilakukan langsung dengan meletakkan kursor mouse di atas cover album. Kalau kamu memperhatikan dengan teliti, sebuah garis putih tipis menunjukkan posisi lagu saat ini akan terlihat. Garis tersebut cukup sulit ditemukan. Pergerakkan kursor mouse juga akan menunjukkan posisi lagu yang akan terpilih di sisi kanan bawah. Saya mengharapkan ada perubahan dengan cara menunjukkan posisi lagu, misalnya dengan menggunakan overlay warna gelap di atas cover, karena garis putih tipis tersebut memang sulit digunakan.

Tambahan fitur pengendali Muzzy adalah kemampuan memilih lagu dari artis yang sama dari satu album melalui lambang “burger” di kanan atas. Saya rasa bagian ini membutuhkan peningkatan supaya tidak terlalu lamban pada saat scrolling dan juga menggunakan album artist daripada artist saja saat melakukan pencarian.

Yang terakhir dan paling bagus, seandainya bekerja sesuai yang dijanjikan, adalah fitur Plugout menghentikan sebentar lagu di iTunes saat headphones dicabut dari Mac. Saya sudah mencobanya berkali-kali tanpa ada hasil yang memuaskan.

Kesimpulan

Saya menyukai Muzzy. Bila tidak menggunakan Bowtie untuk menunjukkan lagu yang sedang dimainkan dan Growl untuk notifikasi perpindahan lagu, maka Muzzy akan menjadi pilihan utama saya untuk mendampingi iTunes. Buat yang membutuhkan sebuah aplikasi sederhana untuk menampilkan notifikasi dan melihat lirik, Muzzy adalah sebuah aplikasi yang akan sesuai dengan kebutuhanmu.

Download Muzzy for iTunes · Harga: Gratis


Seorang penggemar produk Apple dan memiliki blog pribadi yang membahas kebiasaannya dalam menggunakan produk Apple sehari-hari. Ikuti dia di Google+.

4 Comments

  1. JogjaGadget  /  4 June 2013, 18:49 Reply

    Apakah lirik nya berjalan sesuai kata yang sedang dinyanyikan ? semacam MiniLyrics di windows?

    • Sayz Lim  /  8 June 2013, 14:55

      Tidak.

  2. dawok  /  8 June 2013, 11:13 Reply

    broo.. saya pengen aplikasi lirik buat di 10.6.8.. apa y?? yg gratisan aja broo… thhxxsssss

    • Sayz Lim  /  8 June 2013, 14:54

      Pake iTunes saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>