How-To

Kupas Tuntas Pengaturan Notification Center di iOS 10

Notification Center adalah salah satu fitur penting untuk melihat beragam pemberitahuan dari aplikasi yang kamu gunakan. Meskipun penting, masih banyak pengguna yang menganggap fitur ini sepele dan tidak mengelola dengan maksimal. Berikut ini beberapa hal yang wajib kamu tahu seputar Notificatin Center dan pengaturan pentingnya:

Mengenal Notification Center

Ada yang belum tahu fungsi Notification Center? Fitur ini berguna untuk memberikan beragam pemberitahuan terbaru dari sistem iOS 10 atau aplikasi pihak ketiga yang kamu instal. Misalnya komentar dari teman kamu di posting Facebook, pesan iMessage, alarm dari app Clock atau lainnya. Biasanya setiap aplikasi yang baru kamu instal dan mendukung mode pemberitahuan ini akan memberikan pertanyaan, apakah kamu ingin mengaktifkan mode ini. Jika iya, silahkan tekan Allow.

Kamu juga dapat mengakses daftar Notification Center yang masuk dan belum sempat diakses saat itu juga. Yaitu dengan cara scroll dari atas ke bawah di bagian layar iPhone atau iPad. Di setiap list yang tampil, pengguna bisa melakukan swipe dari kanan ke kiri untuk menghapus informasi yang diberikan.

Pengaturan untuk Notification Center

Untuk mengelola beragam hal seputar Notification Center, silahkan masuk ke Settings – Notification. Dari bagian ini ada beragam aplikasi yang mendukung fitur notifikasi dan jenisnya. Yaitu Badges, Sounds dan Banners, sesuai dengan dukungan yang diberikan aplikasi tersebut. Mari kita bahas semuanya:

– Allow Notifications: Pengaturan ini ada di bagian paling atas dari semuanya. Aktifkan mode ini untuk mendapatkan pemberitahuan dari setiap hal menarik yang dikirimkan oleh aplikasi tersebut. Jika pengaturan ini dalam kondisi OFF, pengguna tidak akan mendapatkan pemberitahuan apapaun kepada aplikasi tersebut.
– Show in Notification Center: Mode ini cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan Alert (pemberitahuan) dari sebuah notifikasi tetapi tidak ingin mendapatkan tampilannya di Notification Center. Contohnya adalah beberapa aplikasi dengan tema games yang sering sekali mengirimkan informasi terbaru. Sebaiknya kamu tidak mematikan pengaturan ini untuk aplikasi penting seperti aplikasi yang berhubuungan dengan akses email atau hal yang berhu pekerjaan.
– Sounds: Ada beberapa aplikasi yang mendukung mode Notifications dengan suara. Bahkan kamu bisa mengganti Sounds yang digunakan seperti di beberapa aplikasi chat (Telegram Messenger, Messages, Facetime, Phone).
– Badge App Icon: Badge atau lencana adalah tanda bulatan merah dari jumlah notifikasi yang belum kamu akses pada aplikasi tersebut. Tanda ini bisa menjadi bantuan yang memudahkan jika ingin melihat berapa pesan email yang belum kamu baca, chat yang belum dibalas atau beragam lainnya. Tetapi tanda ini bisa menjadi gangguan tampilan di beberapa pengguna, menyebabkan Homescreen menjadi kurang rapi. Silahkan matikan tanda ini di aplikasi yang tidak kamu perlukan ya.
– Show On Lockscreen: Silahkan matikan pengaturan ini jika kamu tidak ingin menampilkan informasi notifikasi dari aplikasi tertentu pada saat device terkunci. Contoh aplikasi yang cocok dengan mode ini adalah beberapa aplikasi chat yang sering ramai dengan banyak teman di Grup Chat atau mungkin kerjaan kantor di akhir pekan.
– Alert Style: Pengaturan ini juga tidak kalah penting loh. Yaitu tampilan saat pesan pemberitahuan ini masuk pertama kali ke perangkat iOS. Ada 3 jenis tampilan yang dapat kamu pilih untuk Notification Center di iOS 10. Yaitu None alias tidak tampil, Banners yaitu tampilan dari bagian atas ke bawah dan otomatis hilang setelah beberapa detik atau Alerts yaitu tampil dan bertahan di bagian atas layar. Baik Banners atau Alerts dapa kamu acuhkan dengan cara swipe ke bawah dan lanjut ke arah sebaliknya.


Baca Juga:


Tips Pengaturan Notification Center

Tips pertama adalah tidak perlu mengaktifkan Notification Center untuk semua jenis aplikasi yang kamu gunakan di perangkat iOS. Pilih saja mana yang paling dibutuhkan dan memang menarik. Beberapa jenis games terkadang bisa mengirimkan notifikasi lebih dari 4x dalam sehari – tujuannya jelas untuk mengganggu produktivitas kamu atau mengajak kembali menikmati aplikasinya. Dengan mematikan Notification Center untuk aplikasi yang tidak diperlukan, kamu juga bisa menghemat baterai di perangkat iOS dan mendapatkan penggunaan device yang lebih lama.

Tips kedua adalah mengelola pengaturan yang sudah saya jelaskan di atas. Bedakan mana saja aplikasi yang bisa mendapatkan fitur akses di Lockscreen untuk Notification Center penting, Badge App Icon dan tentunya mode Alert sesuai kebutuhan. Terakhir dan yang paling penting, jaga privasi kamu dengan mematikan mode Show on Lock Screen atau mungkin pengaturan Preview Mode di beberapa aplikasi jika memiliki dukungan fitur tersebut.


5 Kebiasaan Buruk Pengguna iOS yang Harus Dihentikan Segera

Gambar


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top