Games

Review Oceanhorn, Menguak Teka-Teki Menghilangnya Sang Ayah



oceanhorn-1

Menjadi pahlawan adalah hal yang tidak mudah. Dibutuhkan lebih dari sekadar kekuatan untuk melawan ketakutan dari diri sendiri, sehingga dapat melawan kekuatan dari luar. Penggalan cerita tadi adalah suatu awal dari game action adventure berjudul Oceanhorn. Game besutan tim pengembang FDG Mobile Games GbR yang banyak disinggung meniru game jadul The Legend of Zelda: The Wind Waker.

Action adventure adalah sebuah genre video game yang menggabungkan elemen aksi dengan elemen petualangan. Genre yang satu ini memang sangat populer di dunia game. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila genre action adventure banyak sekali menghasilkan game lain yang dapat dikategorikan menjadi bermacam genre lain yang lebih khusus lagi.

Satu Buku Catatan Dan Satu Kalung

oceanhorn-2
Cerita dimulai ketika Ibu sang karakter utama meninggal tanpa alasan yang jelas. Ayah kalian tentunya tidak begitu saja menerima kenyataan dan tinggal diam. Suatu hari, sang ayah memutuskan untuk mencari penyebab meninggalnya Ibu kalian dan meninggalkan kalian sendiri di rumah.

Alih-alih pulang dengan membawa kabar baik, sang ayah justru menghilang. Petunjuk yang ditinggalkan hanyalah sebuah kalung milik Ibu dan buku catatan milik ayah. Selanjutnya harapan ada pada diri kalian sendiri. Kalian diharapkan untuk berpetualang, mencari dan mengumpulkan sedikit demi sedikit petunjuk untuk menemukan jawaban dari hilangnya orang-tua kalian.

Dalam perjalanan, kalian akan melalui daerah perbukitan dan juga gua, serta menyeberangi lautan untuk mencapai ke pulau lain. Tentunya, perjalanan ini tidak akan semulus yang diharapkan. Akan ada banyak monster yang terdapat di darat maupun yang dapat terbang, yang akan menghalangi perjalanan. Selain itu, kalian akan menemukan berbagai macam puzzle sederhana yang harus dipecahkan untuk dapat melanjutkan perjalanan.

Hajar Musuh Dengan Berbagai Cara

oceanhorn-3
Tidak banyak tombol yang dapat ditemui pada tampilan utama game Oceanhorn ini. Karakter dapat dikendalikan dengan kendali tangan langsung melalui virtual joystick dan juga melalui satu tombol aksi, yang terletak di sebelah kanan layar. Tombol aksi ini mewakili semua jenis aksi yang dibutuhkan selama petualangan kalian, diantaranya mengambil dan mendorong objek, serta menyerang.

Kalian dapat menyerang monster yang ditemui dengan berbagai cara. Hal ini tentunya menambah seru permainan. Semakin jauh perjalanan kalian, maka kalian akan menemukan jenis senjata lain, panah misalnya. Monster juga dapat dibunuh dengan berbagai macam cara. Melemparkan tong atau batu ke arah monster adalah cara favorit saya, karena selain dapat melukai monster secara signifikan, terkadang tong juga akan mengeluarkan beberapa keping uang.

Karakter Tidak Dapat Melompat

oceanhorn-4
Kendali yang diberikan hanya satu, tidak terdapat opsi lain untuk merubah kendali utamanya. Hal ini tidak terlalu bermasalah bagi kalian yang mudah untuk beradaptasi ataupun untuk kalian yang memang terbiasa dengan kendali sentuh. Namun untuk kalian yang lebih suka dengan kendali dalam bentuk tombol, hal ini akan menjadi masalah tersendiri.

Kurangnya tutorial juga sedikit banyak menambah masalah. Walaupun kalian bebas untuk mengambil ataupun melempar objek di map, tidak ada petunjuk pasti bagaimana cara melempar dan menyerang dengan benar. Terkadang saya merasa kesulitan saat ingin meletakkan batu. Beberapa kali saat ingin meletakkan batu, karakter saya justru melempar batu ke tempat yang tidak dapat dicapai.

Tombol lompat juga tidak tersedia di game ini, sehingga jika kalian terjatuh dari platform yang lebih tinggi, satu-satunya cara untuk kembali ke tempat yang sama adalah dengan memutar, mengulang jalan yang sama.


Baca Juga:

Kesimpulan

Jika kalian adalah penggemar game action adventure, saya pastikan bahwa Oceanhorn akan menjadi pilihan yang tepat. Seperti sudah dikatakan bahwa game ini sedikit-banyak mengingatkan kita pada game The Legend of Zelda, tapi bukan dalam artian yang buruk. Oceanhorn tetap menjadi sebuah game yang asik untuk dimainkan karena environment dan desain tiap levelnya dibuat detail dan khas.

Oceanhorn juga merupakan game petualangan yang seru. Banyaknya fitur yang diberikan, detail serta jalan cerita yang dirangkum dengan sangat baik. Grafis yang memukau dan kombat yang bertambah terus seiring jalan cerita, selama ini sulit didapatkan pada game untuk mobile, yang memang sengaja dibuat sederhana. Namun di Oceanhorn, semua itu dapat kamu temui. Dan kabar baiknya lagi, Oceanhorn tersedia untuk iPhone dan iPad secara universal sehingga kalian tidak perlu membeli dua kali. Jadi tunggu apalagi!

Pada tanggal 21 Oktober kemarin, Oceanhorn baru saja memperbarui game ini ke versi 2.6. Tim pengembang menaikkan kualitas grafis Oceanhorn ke ultra, sehingga tentunya grafisnya akan lebih mantap lagi untuk dimainkan di iOS 9, terutama untuk iPhone seri 6s, iPad mini 4, iPod touch 6, dan iPad Pro. Jika kalian lebih suka bermain di PC, Oceanhorn juga dapat dibeli melalui Steam.

Download Oceanhorn ™ · Harga: 119000


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top