Articles

Office365: Semua Hal Tentang Office di Mac, iPhone, dan iPad

Office

Office

Seiring dengan diluncurkannya aplikasi Microsoft Office untuk iPad dan OneNote untuk Mac, maka kini aplikasi Microsoft Office yang legendaris itu sudah tersedia untuk seluruh lini produk Apple. Tapi bagaimanakah cara menggunakan Office di ketiga perangkat tersebut? Microsoft secara tidak langsung memaksa kamu untuk beralih ke Office365. Memang, apa bedanya dengan Office yang selama ini kita pakai? Skema pembelian lisensinya.

Office365, Layanan Sewa Aplikasi

Office365 bisa dibilang bukan aplikasi, lebih cocok jika disebut sebagai sistem sewa aplikasi. Office365 bersifat langganan, bukan dijual, jadi kamu hanya “membeli lisensi” untuk periode waktu tertentu. Ditawarkan untuk periode satu tahun, sesuai namanya. Tapi tersedia pula opsi “ketengan” untuk pembayaran per bulan.

Ketika kamu menghentikan langganan atau masa langganannya habis dan tak diperpanjang, maka lisensi Office365 kamu akan “mati”.

OneDrive

OneDrive bisa dibilang sebagai pusatnya aktivitas Office di era cloud. OneDrive ini sebenarnya sederhana, semacam penyimpanan di cloud yang bisa tersinkronisasi dengan berbagai perangkat yang dihubungkan. Mirip iCloud disk, Dropbox, Google Drive, atau Adobe Cloud. OneDrive ini yang memungkinkan kamu bisa bekerja di banyak perangkat untuk satu dokumen. Misalnya membuat dokumen Word di iPad, lalu dilanjutkan di Mac. Tersinkronisasi.

OneDrive ditawarkan sebagai layanan gratis dengan kapasitas 7GB. Tentunya ada pilihan untuk peningkatan kapasitas dengan biaya. Untuk pelanggan Office365, kapasitas tambahan OneDrive sudah termasuk dalam paket langganan.

Microsoft Office di Mac

Microsoft Office 2014 Tahun Ini

Microsoft Office 2014 Tahun Ini

Untuk Mac OS X, secara teknis hampir tidak ada bedanya antara Office 2011 yang biasa digunakan dengan Office365. Karena Office365 bukanlah aplikasi, melainkan “langganan layanan” (service subscription). Jadi, aplikasi yang digunakan di Mac tetap saja Microsoft Office 2011 for Mac yang terdiri dari Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook.

Tapi, ketika nanti Microsoft misalnya meluncurkan Office versi baru untuk Mac, katakanlah Office 2014, maka pelanggan Office365 aktif dapat langsung melakukan upgrade tanpa biaya.

Bagaimana kalau misalnya langganan Office365 sudah habis atau dihentikan? Office 2011 yang ada di Mac kamu akan tidak aktif, alias sudah menjadi tidak terlisensi lagi.

Sementara OneNote ditawarkan sebagai aplikasi gratis yang tersedia di Mac AppStore. Kamu tak butuh biaya apapun untuk menggunakannya. Begitu juga dengan OneDrive, gratis.

Microsoft Office di iPhone

Untuk iPhone, Microsoft hanya menyediakan aplikasi OneDrive, OneNote dan Microsoft Office Mobile.

Awalnya Office Mobile hanya disediakan untuk pelanggan Office365, tapi sekarang sudah bisa diakses secara gratis dan bebas. Tak perlu beli atau langganan berbayar. Tapi Office Mobile hanya bisa membuat dan mengolah berkas Word dan Excel. Sementara berkas PowerPoint hanya bisa melihat saja.

Seperti halnya OneDrive, OneNote juga tersedia gratis di AppStore serta dapat digunakan dengan gratis dan bebas pula. Tak perlu langganan Office365.

Microsoft Office di iPad

Microsoft-Office-for-iPad

Microsoft-Office-for-iPad

Untuk platform iPad, aplikasi Office yang ditawarkan jauh lebih “powerfull”: Word, Excel, PowerPoint. Ketiga aplikasi ini dapat didapatkan secara gratis di AppStore. Tak perlu langganan Office365 untuk menggunakannya. Tapi hanya terbatas untuk membaca dokumen saja. Untuk melakukan penyuntingan ataupun membuat dokumen baru, dibutuhkan langganan aktif Office365.


Baca juga: Microsoft Office Untuk iPad Sudah Diunduh 12 Juta Kali


Sementara aplikasi OneDrive dan OneNote, kurang lebih sama dengan versi iPhone, tentunya dengan tampilan yang disesuaikan untuk iPad.

Apa Saja Yang Kita Dapat Dalam Paket Office365?

Ketika kamu berlangganan Office365, kamu akan mendapatkan lisensi untuk penggunaan penuh keluarga Microsoft Office. Untuk Mac, kamu mendapatkan Microsoft Office 2011 (lengkap dengan Outlook). Di iPad, kamu bisa menggunakan Office suite dengan fitur lengkap. Sementara di iPhone, hampir tidak ada bedanya dengan yang gratisan.

Di samping itu, kamu juga akan mendapatkan kapasitas tambahan untuk OneDrive (20GB) dan kredit menit untuk Skype (World Minutes).

Adakah Lisensi Microsoft Office Yang Seumur Hidup?

intro_microsoft_office

intro_microsoft_office

Tapi memang, kalau pakai Office365, dengan segala fiturnya itu, kamu mesti berlangganan. Jadinya semacam sewa. Bayar per tahun (atau cicil per bulan). Kalau kamu berhenti membayar, maka layanan dan lisensi pun terhenti. Masih bisa sih pakai Office, tapi hanya sebatas fitur gratisnya.

Untuk yang lisensi seumur hidup, alias kamu beneran beli dalam arti sesungguhnya, masih tersedia kok. Saat ini tersedia Microsoft Office 2011 for Mac dalam beberapa edisi: Home & Students, dan Home & Business. Aplikasi Word, Excel, dan PowerPoint bisa kamu gunakan seumur hidup. Begitu juga Outlook, tapi hanya untuk edisi Home & Business. Ada edisi yang lebih lengkap, tapi tidak dijual secara retail, melainkan secara volume licensing: Academic, dan Standard.

Lalu Apa Kelebihan Office365 Jika Dibandingkan Office 2011?

Kita mulai dari Office 2011. Salah satu nilai plus-nya adalah lisensi yang berlaku seumur hidup kita. Kepemilikan penuh. Tapi kamu hanya akan mendapatkan updates saja, tidak upgrade. Jadi, misalnya nanti Office 2014 muncul, kamu harus beli lagi lisensi Office 2014 kalau mau upgrade.

Bagaimana dengan Office365? Ya, kamu harus “menyewa” aplikasi setiap tahun (atau cicil per bulan). Namun kamu akan mendapatkan upgrade gratis setiap ada versi baru dari Office, tentunya selama berlangganan aktif.


Baca juga: Bagaimana Mengurangi Ketergantungan Microsoft Office


Harga Microsoft Office 2011 Home & Business berkisar di angka 3.5 juta. Biaya tersebut setara dengan hampir 7 tahun langganan Office365 Personal (540 ribu/tahun). Tentunya dengan Office365, selama 7 tahun tersebut kamu juga bisa pakai Office di iPhone dan iPad secara penuh plus kapasitas tambahan OneDrive dan Skype World Minutes.

Microsoft Office Yang Gratis?

Bisa kok. Tapi ya memang terbatas. OneDrive memang disediakan secara gratis untuk berbagai platform, termasuk Mac dan iOS. Kapasitas 7GB harusnya lebih dari cukup kalau hanya untuk sekedar penyimpanan dokumen kan? Dengan OneDrive di iOS dan di web, kamu sudah bisa membuka dokumen Word, PowerPoint, dan Excel. Tidak untuk OneDrive di Mac. Tapi kamu bisa pakai OneDrive.com kan dari Mac?

OneNote dapat digunakan secara penuh baik di Mac, iPhone, iPad, maupun via Safari (atau browser lain) tanpa perlu berlangganan Office365 atau membayar apapun.

Membuat dokumen Word dan Excel bisa dilakukan dengan aplikasi Office Mobile di iPhone secara gratis. Sementara kalau hanya sekedar melihat atau membaca dokumen, pastinya bisa. Termasuk membuka dokumen PowerPoint.

Untuk iPad, aplikasi Word, Excel, dan PowerPoint tersedia secara gratis. Tapi hanya untuk membaca saja. Untuk mengolah dan membuat dokumen, dibutuhkan langganan Office365 yang aktif. Bisa sih, kalau mau pakai Office Mobile di iPad via “iPhone mode”. Lumayan masih bisa bikin dokumen Word dan Excel.

Jadi?

Ya, pilih sesuai kebutuhan saja. Ada yang sudah pakai Office365? Yuk bagi pengalaman kamu di kolom komentar.


21 Comments

21 Comments

  1. KuroAnnahl

    16 April 2014 at 15:21

    persetan dengan office365, saya pake Keynote, Numbers, Pages :’D

  2. agil

    16 April 2014 at 17:00

    ckckck… Pages, Numbers & Keynote full gratis di iPhone gue..hahahaaa thanks Apple!!

  3. Vincent

    17 April 2014 at 09:40

    ribet banget sih microsoft.. ampun deh.. awalnya niat banget pengen pake office di ipad.. tapi liat caranya gitu jadi males banget..

  4. Jaka Maulana

    18 April 2014 at 16:56

    Sistemnya kaya Adobe CC (Creative Cloud) ya?

  5. Thio

    19 April 2014 at 09:03

    Dari segi sistem, microsoft sudah bagus, sistem berlangganan adalah metode yang jitu untuk mengurangi pembajakan, tapi kalau sudah ada yang gratisan buat apa beli lagi.. ya ga ?

  6. Hanif

    18 June 2014 at 20:17

    Bagaimana kalau disuruh mengisi email adress ??

  7. Michell

    8 August 2014 at 23:11

    Dear admin,
    mau nanya dnk….saya pake macbook pro nih, jujur sih baru pertama kali pake, heheh.
    kmrn sempet beli office 365 tapi yang home, ternyata cuma bisa word, exel, power point, ternyata utk outlooknya ternyata hanya trial.
    pertanyaannya nih, kalo kita nambahin outlook nya aja bisa ga yah? soalnya otlook gw butuhin bgt, buat email coorporate.
    thx yah…

  8. buy instargram followers

    27 August 2014 at 11:11

    sangat simple dan menyenangkan ..awesome

  9. omanhomsa

    10 February 2015 at 09:28

    dear admin.
    saya baru membeli MacbookAir sudah pakai office365 jadi sudah ada word,exel,power point, dan outlook tapi ko untuk aplikasi one note tidak ada ya, bagaimana cara saya utk mendpatkan aplikasi one note, sudah ingin comot di appstore yg gratis tapi tidak compatible, versinya 10.9 sdngkan macbookAir saya versi X life. mohon pencerhannya, maklum saya awam di apple

  10. rzlfotocopy

    15 February 2015 at 05:36

    kalau mau bnrin spasi yang kurang dari office 365 ke ms word 2007

  11. Ali machmoedi

    13 June 2015 at 07:16

    trims atas artikelnya,yang sangat membantu saya dalam memahami office di ipad

  12. m jamil rahman

    12 October 2015 at 19:00

    yang jelas microsoft office lebih profesional daripada buatan apple….
    apple fanboy said : “Kenapa harus beli kalau ada yg gratis ???”
    (terserah lu dah :D)
    Normal Man said : “Kenapa pilih yang jelek kalo ada yang bagus”

  13. icha

    24 January 2016 at 12:36

    bagaimana dengan mengatasi masalah seperti yang saya alami, saya beli aplikasi full docs microsoft office berbayar melalui ituns tapi setelah terinstal dan membuka aplikasi tersebut ternyata tidak bisa terbuka atau tidak bisa digunakan, hanya muncul laporkan masalah tapi hingga saat ini tidak ada respon dari pihak apple mohon informasinya dong

  14. harga office 365

    11 March 2016 at 10:02

    Wah, bagus dan bermanfaat artikelnya! Kunjungi juga harga office 365

  15. email office 365 untuk bisnis

    18 March 2016 at 10:27

    Wah, bagus ya artikelnya! Sekarang juga ada email office 365 untuk bisnis
    Loh! Dicoba yah, guys :)

  16. Office 365 untuk Bisnis

    21 March 2016 at 09:11

    Ternyata Office 365 bisa dibilang bukan aplikasi ya.

  17. Permana Fotocopy

    27 March 2016 at 11:33

    Menambah pengetahuan, terimakasih sudah berbagi, wlaupun belum punya mac atau iphone :)

  18. sefi

    31 March 2016 at 16:27

    Bisa kah ipad pro digunakan untuk edit file excel yang mengandung macros?
    karena saya pnya tablet sony xperia z4 dengan aplikasi excel 365, namun gagal membuka file excel yang mengandung macro.

  19. office 365 untuk bisnis

    1 April 2016 at 09:41

    Terima kasih untuk informasinya :)

  20. irmawati yunus

    14 August 2016 at 08:02

    saya punya masalah mengenai upload foto..

    saya coba di powerpoint tapi gak bisa import foto dari file photo.

    trus iphoto dan imovie juga gak berfungsi
    apa kalas di x capitan emang gitu ya ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top