Articles

Office365: Semua Hal Tentang Office di Mac, iPhone, dan iPad

Office
Office

Seiring dengan diluncurkannya aplikasi Microsoft Office untuk iPad dan OneNote untuk Mac, maka kini aplikasi Microsoft Office yang legendaris itu sudah tersedia untuk seluruh lini produk Apple. Tapi bagaimanakah cara menggunakan Office di ketiga perangkat tersebut? Microsoft secara tidak langsung memaksa kamu untuk beralih ke Office365. Memang, apa bedanya dengan Office yang selama ini kita pakai? Skema pembelian lisensinya.

Office365, Layanan Sewa Aplikasi

Office365 bisa dibilang bukan aplikasi, lebih cocok jika disebut sebagai sistem sewa aplikasi. Office365 bersifat langganan, bukan dijual, jadi kamu hanya “membeli lisensi” untuk periode waktu tertentu. Ditawarkan untuk periode satu tahun, sesuai namanya. Tapi tersedia pula opsi “ketengan” untuk pembayaran per bulan.

Ketika kamu menghentikan langganan atau masa langganannya habis dan tak diperpanjang, maka lisensi Office365 kamu akan “mati”.

OneDrive

OneDrive bisa dibilang sebagai pusatnya aktivitas Office di era cloud. OneDrive ini sebenarnya sederhana, semacam penyimpanan di cloud yang bisa tersinkronisasi dengan berbagai perangkat yang dihubungkan. Mirip iCloud disk, Dropbox, Google Drive, atau Adobe Cloud. OneDrive ini yang memungkinkan kamu bisa bekerja di banyak perangkat untuk satu dokumen. Misalnya membuat dokumen Word di iPad, lalu dilanjutkan di Mac. Tersinkronisasi.

OneDrive ditawarkan sebagai layanan gratis dengan kapasitas 7GB. Tentunya ada pilihan untuk peningkatan kapasitas dengan biaya. Untuk pelanggan Office365, kapasitas tambahan OneDrive sudah termasuk dalam paket langganan.

Microsoft Office di Mac

Microsoft Office 2014 Tahun Ini
Microsoft Office 2014 Tahun Ini

Untuk Mac OS X, secara teknis hampir tidak ada bedanya antara Office 2011 yang biasa digunakan dengan Office365. Karena Office365 bukanlah aplikasi, melainkan “langganan layanan” (service subscription). Jadi, aplikasi yang digunakan di Mac tetap saja Microsoft Office 2011 for Mac yang terdiri dari Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook.

Tapi, ketika nanti Microsoft misalnya meluncurkan Office versi baru untuk Mac, katakanlah Office 2014, maka pelanggan Office365 aktif dapat langsung melakukan upgrade tanpa biaya.

Bagaimana kalau misalnya langganan Office365 sudah habis atau dihentikan? Office 2011 yang ada di Mac kamu akan tidak aktif, alias sudah menjadi tidak terlisensi lagi.

Sementara OneNote ditawarkan sebagai aplikasi gratis yang tersedia di Mac AppStore. Kamu tak butuh biaya apapun untuk menggunakannya. Begitu juga dengan OneDrive, gratis.

Microsoft Office di iPhone

Untuk iPhone, Microsoft hanya menyediakan aplikasi OneDrive, OneNote dan Microsoft Office Mobile.

Awalnya Office Mobile hanya disediakan untuk pelanggan Office365, tapi sekarang sudah bisa diakses secara gratis dan bebas. Tak perlu beli atau langganan berbayar. Tapi Office Mobile hanya bisa membuat dan mengolah berkas Word dan Excel. Sementara berkas PowerPoint hanya bisa melihat saja.

Seperti halnya OneDrive, OneNote juga tersedia gratis di AppStore serta dapat digunakan dengan gratis dan bebas pula. Tak perlu langganan Office365.

Microsoft Office di iPad

Microsoft-Office-for-iPad
Microsoft-Office-for-iPad

Untuk platform iPad, aplikasi Office yang ditawarkan jauh lebih “powerfull”: Word, Excel, PowerPoint. Ketiga aplikasi ini dapat didapatkan secara gratis di AppStore. Tak perlu langganan Office365 untuk menggunakannya. Tapi hanya terbatas untuk membaca dokumen saja. Untuk melakukan penyuntingan ataupun membuat dokumen baru, dibutuhkan langganan aktif Office365.


Baca juga: Microsoft Office Untuk iPad Sudah Diunduh 12 Juta Kali


Sementara aplikasi OneDrive dan OneNote, kurang lebih sama dengan versi iPhone, tentunya dengan tampilan yang disesuaikan untuk iPad.

Apa Saja Yang Kita Dapat Dalam Paket Office365?

Ketika kamu berlangganan Office365, kamu akan mendapatkan lisensi untuk penggunaan penuh keluarga Microsoft Office. Untuk Mac, kamu mendapatkan Microsoft Office 2011 (lengkap dengan Outlook). Di iPad, kamu bisa menggunakan Office suite dengan fitur lengkap. Sementara di iPhone, hampir tidak ada bedanya dengan yang gratisan.

Di samping itu, kamu juga akan mendapatkan kapasitas tambahan untuk OneDrive (20GB) dan kredit menit untuk Skype (World Minutes).

Adakah Lisensi Microsoft Office Yang Seumur Hidup?

intro_microsoft_office
intro_microsoft_office

Tapi memang, kalau pakai Office365, dengan segala fiturnya itu, kamu mesti berlangganan. Jadinya semacam sewa. Bayar per tahun (atau cicil per bulan). Kalau kamu berhenti membayar, maka layanan dan lisensi pun terhenti. Masih bisa sih pakai Office, tapi hanya sebatas fitur gratisnya.

Untuk yang lisensi seumur hidup, alias kamu beneran beli dalam arti sesungguhnya, masih tersedia kok. Saat ini tersedia Microsoft Office 2011 for Mac dalam beberapa edisi: Home & Students, dan Home & Business. Aplikasi Word, Excel, dan PowerPoint bisa kamu gunakan seumur hidup. Begitu juga Outlook, tapi hanya untuk edisi Home & Business. Ada edisi yang lebih lengkap, tapi tidak dijual secara retail, melainkan secara volume licensing: Academic, dan Standard.

Lalu Apa Kelebihan Office365 Jika Dibandingkan Office 2011?

Kita mulai dari Office 2011. Salah satu nilai plus-nya adalah lisensi yang berlaku seumur hidup kita. Kepemilikan penuh. Tapi kamu hanya akan mendapatkan updates saja, tidak upgrade. Jadi, misalnya nanti Office 2014 muncul, kamu harus beli lagi lisensi Office 2014 kalau mau upgrade.

Bagaimana dengan Office365? Ya, kamu harus “menyewa” aplikasi setiap tahun (atau cicil per bulan). Namun kamu akan mendapatkan upgrade gratis setiap ada versi baru dari Office, tentunya selama berlangganan aktif.


Baca juga: Bagaimana Mengurangi Ketergantungan Microsoft Office


Harga Microsoft Office 2011 Home & Business berkisar di angka 3.5 juta. Biaya tersebut setara dengan hampir 7 tahun langganan Office365 Personal (540 ribu/tahun). Tentunya dengan Office365, selama 7 tahun tersebut kamu juga bisa pakai Office di iPhone dan iPad secara penuh plus kapasitas tambahan OneDrive dan Skype World Minutes.

Microsoft Office Yang Gratis?

Bisa kok. Tapi ya memang terbatas. OneDrive memang disediakan secara gratis untuk berbagai platform, termasuk Mac dan iOS. Kapasitas 7GB harusnya lebih dari cukup kalau hanya untuk sekedar penyimpanan dokumen kan? Dengan OneDrive di iOS dan di web, kamu sudah bisa membuka dokumen Word, PowerPoint, dan Excel. Tidak untuk OneDrive di Mac. Tapi kamu bisa pakai OneDrive.com kan dari Mac?

OneNote dapat digunakan secara penuh baik di Mac, iPhone, iPad, maupun via Safari (atau browser lain) tanpa perlu berlangganan Office365 atau membayar apapun.

Membuat dokumen Word dan Excel bisa dilakukan dengan aplikasi Office Mobile di iPhone secara gratis. Sementara kalau hanya sekedar melihat atau membaca dokumen, pastinya bisa. Termasuk membuka dokumen PowerPoint.

Untuk iPad, aplikasi Word, Excel, dan PowerPoint tersedia secara gratis. Tapi hanya untuk membaca saja. Untuk mengolah dan membuat dokumen, dibutuhkan langganan Office365 yang aktif. Bisa sih, kalau mau pakai Office Mobile di iPad via “iPhone mode”. Lumayan masih bisa bikin dokumen Word dan Excel.

Jadi?

Ya, pilih sesuai kebutuhan saja. Ada yang sudah pakai Office365? Yuk bagi pengalaman kamu di kolom komentar.


21 Comments
To Top