News

Opera Reborn: Wajah Baru dan Fitur Chat WhatsApp, Messenger, Telegram

Opera hari ini merilis update ke versi 45 dengan banyak hal menarik. Dari catatan resmi di blog Opera, versi terbaru ini diberi nama Opera Reborn dengan banyak perubahan menarik. Salah satu yang paling ditekankan adalah akses aplikasi chat favorit kamu dari mode Sidebar – tanpa Extension atau cara instal yang merepotkan.

..we bring you Opera Reborn, the first browser to allow messengers to reside within your browser, withDikutout the need to install any extensions or apps.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Opera Reborn adalah pengembangan lanjutan dari peramban revolusioner sebelumnya yaitu Opera Neon. Fitur utama yang dihadirkan pada Opera Reborn adalah kemudahan untuk berseluncur di dunia maya dalam peramban Opera sembari mengakses 3 aplikasi chat yang paling sering kamu gunakan. Yaitu Facebook Messenger, WhatsApp dan Telegram.

Kamu tidak perlu melakukan pengaturan apapun untuk dapat menikmati layanan ini. Tinggal update Opera for macOS ke versi terbaru. Setelah itu tekan ikonnya di Sidebar Opera dan login menggunakan akun chat favorit atau yang paling sering digunakan. Secara tampilan, ada 2 mode yang bisa kamu nikmati yaitu Overlay atau menutupi sebagian tampilan web kamu atau Pin yang berarti tampilan di layar akan terbagi antara jendela aplikasi chat dan peramban Opera. Sebagai pengaturan tambahan, silahkan gunakan shortcut Cmd + Shift + m untuk berpindah antara aplikasi chat yang digunakan. Pengguna juga bisa menghapus bagian Sidebar yang tidak diperlukan agar membuat tampilannya lebih minimalis.


Baca Juga:


Dark Theme dan Wallpaper Baru

Selain menghadirkan fitur chat, Opera Reborn juga membawa tampilan baru yang membuat sisi tampilan untuk pengguna menjadi lebih nyaman. Yaitu warna tema Light dan Dark yang bisa kamu atur dari tombol Customize Start Page di bagian kanan atas. Pengguna juga dapat menemukan beberapa wallpaper baru yang bisa dipilih secara mudah dan cepat.

Fitur berikutnya yang masih berhubungan dengan tampilan adalah deretan ikon baru yang ada di Sidebar. Bagian ini dibuat lebih sederhana, modern dan ringan serta mendukung animasi saat kamu mengarahkan kursor ke bagian atasnya.

Fitur Blokir Iklan

Pastinya kamu sudah pernah mencoba fitur blokir iklan dan VPN di Opera ya? Nah di Opera Reborn, fitur blokir iklan akan berlangsung untuk semua tab perambang yang terbuka dan berlaku mode reload otomatis. Pengguna juga dapat mengendalikan daftar website yang terhindar dari fitur blokir iklan ini secara mudah. Yaitu masuk ke pengaturan Basic di Opera lalu pilih Easylist dan EasyPrivacy lalu ikuti panduan yang diberikan.

Masih banyak update menarik lainny yang dapat kamu gunakan di Opera Reborn. Silahkan simak catatan lengkapnya di laman dev.opera.com ya! Tim MakeMac sudah menyiapkan tombol download untuk Opera for Mac terbaru dari tautan di bawah ini. Selamat mencoba Opera terbaru dan bagikan review kamu di kolom komentar!

Download Opera for macOS


Microsoft To-Do, Penganti Wunderlist dengan Fitur Cerdas

Gambar


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top