Panduan Lengkap Cara Download Video Youtube di Mac

Sekarang ini internet sudah menjadi suatu sumber hiburan. Konsumsi hiburan mulai berpaling dari TV atau sumber offline ke ranah online. YouTube selalu menjadi kiblatnya untuk mencari video yang menghibur. Berhubung koneksi di Indonesia bukanlah yang tercepat, banyak dari kita lebih baik mengunduh video, lanjut kerja dan melihatnya di kemudian waktu. Ada beberapa cara mengunduh video Youtube atau layanan video lainnya untuk pengguna Mac OS X. Simak panduan lengkap ini.

Ada beberapa cara, yaitu dengan extension browser, aplikasi atau dengan bantuan website lain. Saya hanya memilih dua yang terbaik.

Safari Extensions

Click to Flash

Sebenarnya extension ini fungsinya untuk menghentikan plug-in Flash Player supaya tidak berjalan otomatis. Tapi bisa juga berfungsi sebagai pengunduh video. Apabila Anda membuka video di Youtube yang diputar adalah versi HTML5, untuk mengunduh video dengan memilih menu Download Video klik kanan di atas video.

YouTube 5

Extension ini mengubah pemutar video Flash Player di Youtube menjadi format HTML5. Flash player menghabiskan tenaga processor, sedangkan HTML5 memutarnya dengan quicktime. Anda bisa mengunduh video dengan menekan tombol (i) di sudut kanan layar video. Selain YouTube, video di Facebook juga bisa di unduh menggunakan extension YouTube 5.

Firefox Extensions

Ada cukup banyak extension Firefox yang bisa untuk mengunduh video YouTube. Yang ditulis dibawah ini merupakan extension unggulan dan yang bekerja pada Firefox versi terbaru. Extension yang sudah tidak di update dan mempunyai tampilan buruk tidak di pertimbangkan untuk dipakai.

Easy YouTube Video Downloader

Dengan extension ini di bawah video YouTube akan ada tombol download. Anda bisa memilih berbagai macam format yang diinginkan. Keuntungan dari extension ini tidak memenuhi menu ataupun toolbar Firefox.

Video DownloaderHelper

Download Helper

Extension ini bekerja dengan sangat baik. Anda bisa mengunduh video ketika sedang ada dihalaman video YouTube. Mampu mengunduh resolusi video hanya dengan memilih menu yang ada. Extension ini bisa juga langsung konversi video ke format lain, asalkan Anda sudah mempunyai aplikasi yang dibutuhkan untuk konversi. Bagi Anda yang hanya ingin mengunduh video, gak perlu atur preference nya. Tapi, bagi Anda yang ingin mengkonversi video supaya lebih kecil dan bisa diputar di perangkat lain, ngutak-ngatik preference sepertinya suatu keharusan.

Google Chrome Extensions

Nah yang ini cukup ribet, tampaknya Google menghapus semua extension download YouTube dari halaman Chrome Store dan extension. Aplikasi yang terdapat di website sudah kadaluarsa, tidak bisa lagi bekerja untuk versi YouTube baru. Untungnya masih ada extension yang di update dan tersedia di websitenya.

YouTube Downloader

Aplikasi ini bekerja seperti Easy YouTube Video Downloader, menampilkan tombol di bawah video Youtube. Tersedia berbagai macam format dan resolusi yang bisa di pilih, sebagai MP3, MP4 HD atau FLV.

Chrome YouTube Downloader

Sama saja dengan extension di atas, tapi yang ini mempunyai setingan untuk one-click download, video format dan pengaturan judul video yang diunduh.

Mengunduh dengan Aplikasi

Ada banyak aplikasi untuk mengunduh video dari YouTube, ada yang gratis ada yang berbayar. Tidak semua aplikasi bisa mengunduh dengan sempurna, kadang gagal. Jadi, saya tuliskan dua aplikasi yang mumpuni dan tentunya gratisan.

iFunai Free YouTube Download

Namanya memang aneh, tapi aplikasi ini mempunyai dukungan yang bagus dan antarmukanya lumayan lah. Anda tambahkan URL video YouTube, aplikasi ini akan mengunduh format video FLV yang kemudian bisa di convert ke format lain oleh aplikasi lain.

Bonus Aplikasi

Untuk memutar file FLV dan berbagai format yang tidak didukung oleh OS X, install Perian.

Giliranmu!

Sekarang giliran Anda, apakah Anda memakai aplikasi atau extension di atas? Yang berbayar ataupun yang gratisan, silakan berbagi di komentar di bawah ini.


Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

19 Comments

  1. Ibuguruyoshinaga  /  1 December 2011, 09:29 Reply

    Kalau saya seh mending pake safari terus tinggal tekan cmd+opt+A, tinggal klik item yang mau didownload (biasanya lagi loading)..

    • Kuswanto  /  2 December 2011, 11:45

      Itu shortuct browser apa ya? Baru tahu saya :)

  2. Tri Emil Alim  /  1 December 2011, 09:50 Reply

    Saya download tanpa make app apapun, kecuali filenya mp4 (720p dan 1080p).
    1. Buka video yang mau dibuka (bukan youtube juga bisa)
    2. trus buka Activity (Command+Option+A)
    3 .terus cari Adress yang Size-nya gede, ukurannya MB pasti
    4. Klik 2x di adress itu and you’re done. ;)

    Kalo filenya 720p atau 1080p keatas diakan formatnya mp4, safari akan otomatis nge-stream instead of download, jadi kl mp4 musti ada download manager (kalau saya make Speed Download).
    1. Langkah 1 sampai 3 sama dengan diatas
    2. Klik 1x di adress yang sizenya gede.
    3. copy (command+C)
    4. Buka Download Manager kesayangan anda
    5. Add URL dengan paste (command+V) di Download Manager kamu, and you’re done. ;)

    • Kuswanto  /  1 December 2011, 10:37

      Thanks untuk sharing tipsnya.

    • Tri Emil Alim  /  2 December 2011, 09:45

      hohoho, tentunya my dear apple user. ;)
      I love sharing. :D

    • Debby Febriana  /  2 August 2013, 13:28

      Mas Tri makasih buat panduannya, kebetulan aku pemula sebagai apple user jadi masih bingung ngelakuin segala hal setelah pindah dari windows. Aku cuma mau tanya kenapa ya setelah berhasil nge-download address yg udah dipilih di fitur activity format filenya jd ga jelas, bukan mp4 atau yg lainnya tapi cuma tulisan2 ga jelas gitu. Tlg penjelasannya ya mas, makasih : )

    • Holiq Hudairi  /  16 October 2013, 22:12

      Saya suka dengan download pakai safari, praktis dan mac command banget.

  3. Can Masagi  /  1 December 2011, 11:48 Reply

    Kalau saya suka dan pakai Easy YouTube Video Downloader, pasalnya bisa konversi ke format lain…. biasanya saya lebih senang fromat mp4… ketimbang flv…

  4. Yosep Wu  /  1 December 2011, 17:57 Reply

    bisa juga buka di keepvid.com copy link kesana.. bisa jd mp3 juga.. :D

    • Kuswanto  /  2 December 2011, 11:31

      Thanks ya sharingnya. Sengaja gak masukin web YouTube grabber, soalnya di luar konteks. Tapi kadang memang berguna banget web seperti itu.

  5. las artes  /  9 December 2011, 02:05 Reply

    Caranya yaitu copy script dibawah ini kemudian paste-kan di address bar browser anda yang sedang buffering atau sedang membuka/menjalankan video youtube.(Kode/alamat yang ada di address bar dihapus/ ditimpa, sehingga yang ada hanya kode/ script yang … tambahin kata Kiss di dpt Youtube atawa yg satu ini, ganti tulisan youtube nya dengan kata2 Voobys :) pa kbr ni kang ??? lama tak basuo?!?!? E R I S K A N B L O G, 10 Mei 2009 07:44. manteb nih sob,, tak coba ya?

  6. Obat Kuat  /  14 December 2011, 09:24 Reply

    makasih panduanya gan.

  7. Fad  /  19 December 2011, 19:31 Reply

    Klo saya biasanya pake keepvid.com aja, tinggal copy URL-nya terus izinkan Java,, terus akan muncul banyak pilihan video dengan berbagai kualitas yang bisa kita download…

  8. KhoirulMufida  /  1 April 2012, 20:19 Reply

    Malam..
    Gan mau tanya saya pake ipad2 gimana caranya downloand lewat youtube?
    Thank..

    • @tuteng_gw  /  26 May 2012, 17:59

      kalo gw pake MxTube.. install di cydia..

  9. pandryweird  /  29 June 2012, 06:06 Reply

    kawinkan aja IDM dari windows ke MAC hasilnya maknyuss

  10. Mulyono Herman  /  31 August 2012, 09:39 Reply

    Sejak Mac OS X Mountain Lion diluncurkan, fitur Activity (cmd + opt + A) sudah ditiadakan, jadi artikel diatas sangat membantu sekali. Terima kasih

    • Holiq Hudairi  /  16 October 2013, 22:13

      Saya masih bisa nih boss …

  11. tips windows  /  16 June 2014, 05:58 Reply

    cara beda lagi, bisa dicoba nih…
    thanks gan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>