News

Pangsa Pasar iPhone di Tiongkok Terjerembab

iPhones

2016 menjadi tahun yang kurang menggembirakan dan menguntungkan bagi Apple khususnya di daratan Tiongkok. Pasalnya, pangsa pasar iPhone besutannya menunjukkan penurunan yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari data terbaru yang dirilis firma riset Canalys (via Apple Insider), pangsa pasar iPhone di Negeri Tembok Besar tersebut mengalami penurunan drastis sebanyak 18 persen di tahun 2016 lalu.

Penurunan tersebut otomatis menggeser pangsa pasar Apple ke peringkat kelima. Mereka tahun tersebut lalu tercatat berhasil menjual sebanyak 43,8 juta unit iPhone. Penjualan iPhone berada di bawah para vendor lokal yang menjadi pesaingnya.

Huawei berhasil menjadi vendor nomor dengan pangsa pasar tertinggi. Mereka tahun lalu berhasil menjual sebanyak 76,2 juta unit smartphone. Oppo membayangi di posisi kedua dengan berhasil menjual 73,2 juta unit.

Di posisi ketiga ada Vivo yang berhasil membukukan penjualan 63,2 juta unit smartphone. Berikutnya, Xiaomi yang mengalami penurunan penjualan sebanyak 21 persen berhasil menyabet posisi keempat dengan penjualan smartphone sebanyak 51,4 juta unit.

iPhone-Tiongkok


Baca juga:


Penyebab turunnya pangsa pasar iPhone di Tiongkok disinyalir karena harga jualnya yang lebih tinggi dibandingkan dengan smartphone Android. Nilai mata uang asing terhadap dolar juga disebut-sebut berpengaruh terhadap penurunan pangsa pasar iPhone.

Pengguna di Tiongkok disebutkan masih setia menggunakan iPhone lama mereka. Sehingga mereka belum mau untuk mengupgradenya ke iPhone paling baru. Meski demikian, mereka kemungkinan tengah menunggu kedatangan iPhone 8 walau bakal lebih mahal daripada model sebelumnya.

iPhone 8 yang diharapkan bakal hadir pada musim Gugur mendatang rumornya bakal dibanderol dengan harga AS$1.000. Hal ini mengingat Apple sedang menyiapkan sejumlah fitur canggih di dalamnya, seperti wireless charging, layar OLED, teknologi pengenalan wajah, dan lain sebagainya.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top