News

Patuhi Apple, 4 Manufaktur Rekanan Kena Gugatan Hukum dari Qualcomm

Qualcomm

Qualcomm tidak hanya mengajukan gugatan hukum terhadap Apple saja dalam kasus pembayaran royalti paten teknologinya. Tapi pembuat chip modem terbesar buat iPhone tersebut juga dikabarkan menggugat sejumlah manufaktur besar rekanan Apple.

Sebagaimana dilaporkan Reuters, Qualcomm melayangkan gugatan hukum terhadap empat manufaktur yang dikontrak Apple, yaitu Foxconn, Pegatron, Wistron, dan Compal Electronics.

Alasannya gugatan Qualcom baru ini masih sama seperti terhadap Apple. Keempat manufaktur tersebut sudah menghentikan pembayaran royalti paten milik Qualcomm karena disebutkan mendapatkan perintah dari Apple untuk menahan pembayaran royalti tersebut.

“While not disputing their contractual obligations to pay for the use of Qualcomm’s inventions, the manufacturers say they must follow Apple’s instructions not to pay,” Qualcomm said on Wednesday.


Baca juga:


Dalam gugatannya, Qualcomm meminta para manufatur Apple untuk mematuhi kewajiban kontrak yang sudah terjalin lama. Selain itu, mereka juga menuntut denda atas kerugian yang diderita.

Apple sendiri sudah melayangkan gugatan hukum terhadap Qualcomm pada awal tahun ini di tiga negara, yaitu AS, Tiongkok, dan Inggris. Gugatan hukum dari Apple muncul setelah FTC dalam penyelidikannya menyatakan Qualcomm sudah melakukan praktik monopoli supaya Apple tidak menggunakan chip dari perusahaan selainnya.

Kemudian Apple pun berang dan menuntut kerugian hingga $1 milyar dari Qualcomm. Serta berhenti melakukan pembayaran royalti paten chip Qualcomm yang digunakan di produk-produknya. Qualcomm pun menuntut balik dan beberapa waktu lalu meminta penjualan iPhone di AS diblokir.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top