News

Pegatron Kini Setuju Bikin Pabrik iPhone di AS, Asalkan…

Pegatron

Wacana mengenai rencana Apple untuk membangun pabrik perakitan iPhone di Amerika Serikat atas desakan Presiden Donald Trump mendapatkan tanggapan dari petinggi Pegatron yang merupakan salah satu manufaktur rekanan utama Apple.

Seperti dilansir Focus Taiwan (via 9to5Mac), CEO Pegatron Liao Syh-jang mengatakan dalam pertemuannya dengan investor mau-mau saja untuk membangun pabrik perakitan iPhone di AS. Namun dengan catatan, konsumen yang menanggung kenaikan biaya produksinya.

“As long as there is demand, whether the clients are American or Chinese, Pegatron already has its production lines in place,” Liao said. “If Trump institutes his Made in America proposal, it will be fine for Pegatron as long the client is willing to absorb the costs.”

Sebelum ini, Pegatron pernah menyatakan penolakannya untuk membangun pabrik iPhone di AS dikarenakan biaya produksi yang bakal lebih mahal, disamping upah buruh yang juga bakal bertambah dan sedikitnya supplier bahan baku.


Baca juga:


Lambat laun, sikap Pegatron terhadap wacana pemindahan produksi iPhone di Negeri Paman Sam tersebut sedikit melunak. Sepanjang para kliennya di AS dan Tiongkok tidak punya masalah dengan kenaikan biayanya.

Apple sendiri saat ini belum diketahui pasti kapan bakal mulai membangun pabrik perakitan iPhone di kampung halamannya. Namun saat ini, fokus utama Apple adalah daratan Tiongkok yang merupakan rumah para supplier iPhone berada dan buruh dengan keahlian kerja lebih baik daripada buruh AS.

Meski demikian, Foxconn sudah menjalin kerja sama dengan Apple untuk membangun fasilitas pabrik layar LCD di AS dengan alokasi dana investasi sebesar $7 miliar. Bisa jadi hal itu awal bagi mereka untuk memproduksi iPhone di masa mendatang.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top