Articles

Pengalaman Kecurian iPhone + Terkena Phishing Apple ID

Kehilangan perangkat iPhone atau iPad adalah sebuah mimpi buruk yang tidak ingin kamu alami. Sayangnya salah satu pembaca MakeMac mendapatkan musibah tersebut dan bahkan hampir kecurian akun iCloud-nya dengan teknik phishing.

Tim MakeMac sudah melakukan sesi wawancara dan mendapatkan ijin untuk membagikan pengalaman ini, supaya jangan sampai ada korban lain yang sudah iPhone-nya dicuripun masih tertimpa tangga karena iCloud account-nya juga ikut dicuri.

Berikut ini adalah detail informasi dan laporannya:

Kronologi

Pengguna perangkat iPhone 6 ini mengalami kecopetan hari Senin 25 Mei 2015, siang di dalam Kopaja di kawasan Jl. MH Thamrin, persis ketika akan turun di jembatan penyeberangan Sarinah. Sang copet tidak cukup cerdas untuk mematikan iPhone, sehingga lokasinya sempat bisa diikuti oleh korban lewat aplikasi Find My iPhone, lewat iPad sang korban. Meskipun sudah cepat melaporkan kejadian ke kantor polisi, dan mengetahui lokasi markas copet setelah kabur 3 jam setelah kejadian, sayangnya iPhone tidak berhasil diselamatkan.

Penting sekali untuk selalu menggunakan fitur Passcode Lock untuk mencegah orang lain terutama copet membuka dan mengakses ke dalam iPhone anda. Hal terakhir yang bisa dilakukan korban adalah mengaktifkan Lost Mode dan mengirimkan pesan ke iPhone yang dicuri dan menyertakan nomor hp yang bisa dihubungi.

Sebaiknya tidak mengirimkan nomor hp yang merupakan nomor utama anda. Dan penting untuk sesegera mungkin mengaktifkan Lost Mode agar copet tidak membaca notifikasi yang masuk ke iPhone anda.

Dalam mode Lost Mode anda tetap bisa mengikuti kemana larinya copet selama iPhone anda tetap dalam keadaan hidup dan terkoneksi dengan internet.

Serangan Phishing Mulai Dikirim

Karena sudah menggunakan fitur keamanan Find My iPhone berbasis iCloud + mengirim pesan peringatan, sayangnya iPhone sudah dalam kondisi offline. Sehingga korban hanya bisa menunggu kabar dari Apple apabila Lost Mode telah aktif ketika iPhone dinyalakan.

Setelah hari ke–8 dari peristiwa tersebut, pada pagi hari, ada notifikasi email yang masuk sebagai tanda iPhone telah dinyalakan kembali. Namun sayang tidak dapat dilacak posisinya. Sudah pasti iPhone saat ini ada di tangan penadah yang cukup paham prosedur. Sore harinya, ada sebuah SMS masuk ke hp korban, yang juga adalah nomor hp yang disertakan pada saat korban mengaktifkan fitur Lost Mode.

Isinya memberikan informasi bahwa lokasi iPhone telah ditemukan, dan meminta untuk sign in dan verifikasi Apple ID lewat sebuah tautan yang seolah mirip dengan alamat situs apple sendiri, namun bukan.

Inilah yang saya sebut phishing dan sangat berbahaya!! Dapat kamu lihat pada gambar di atas, tautan yang diberikan menggunakan alamat yang mirip dengan website Apple – menggunakan beberapa kata khas seperti iCloud dan juga Apple.

Karena lengah dan tidak teliti, sang korban langsung menuju laman tersebut dan mendapatkan tampilan web yang sangat mirip dengan halaman Apple
untuk memasukkan data Apple ID berupa username dan password.

Namun setelah memasukkan username dan password, lalu mengklik login, ternyata halaman tidak menuju kemana-mana. Langsung merasa ada yang salah, korban mencoba mengklik link lainnya, dan mencoba alamat domain utama dari situs tersebut. Korban segera sadar bahwa itu adalah situs Phishing yang digunakan untuk mencuri data username dan password iCloud account dari korban.

Tentu saja, karena data ini penting untuk penadah ‘memutihkan’ iPhone yang dicuri agar bisa di restore seperti baru lewat iTunes. Korban langsung cepat mengganti password iCloud nya dengan yang baru.

Kejahatan Phishing Kedua!

Beruntunglah karena korban berhasil lebih dulu mengganti password sebelum penadah mereset iPhone curian, terbukti karena kemudian ada pesan masuk ke email korban, yang juga adalah alamat email iCloud account, dengan modus yang sama seperti SMS tadi, memberitahukan bahwa lokasi iPhone sudah ditemukan dan meminta untuk membuka halaman situs yang digunakan untuk phising. Tentu saja korban tidak jatuh lagi ke perangkap yang sama.

Berselang beberapa jam, SMS serupa dengan sebelumnya dikirim lagi. Ini merupakan umpan ketiga dari penadah iPhone curian.

Hingga artikel ini saya bagikan, iPhone tersebut masih terkunci dengan iCloud Activation Lock dan belum diketahui keberadaannya. Sang penadah masih mencoba mengirimkan umpan lewat SMS beberapa hari kemudian, berharap bahwa korban akan jatuh ke dalam perangkapnya, dengan modus yang sudah jelas diketahui.

Melaporkan Pada Pihak Berwajib

Selain berusaha sendiri mengandalkan teknologi Find My iPhone dari Apple dan akun Apple ID yang sudah diamankan, pengguna iPhone 6 ini juga telah melaporkan kasusnya pada pihak berwajib. Hingga kini beragam upaya masih terus dilakukan dengan beberapa data seperti posisi iPhone terakhir serta alamat website Phishing yang sebetulnya bisa dilacak.

Kejahatan Dengan Memanfaatkan Teknologi Phishing

Para copet sudah pasti bekerja sama dengan penadah iPhone curian yang mengerti prosedur atau SOP. Cara yang digunakan adalah menyalakan iPhone yang sudah dimatikan dan sudah pasti akan ada pesan masuk lewat fitur Lost Mode yang berisi nomor HP korban yang bisa dihubungi. Dan sudah pasti, biasanya korban dalam kondisi lengah berharap iPhonenya segera ditemukan dan dikembalikan.

Kondisi emosional inilah yang dimanfaatkan secara psikologis oleh penjahat yang mencoba mencuri data pribadi anda lewat Phishing.

Langkah selanjutnya adalah mengirim pesan tersebut (SMS atau email) dengan tampilan yang mirip, seolah-olah resmi dari Apple. Jika korban tertipu dan memasukkan informasi yang diminta, iCloud Activation Lock
akan terbuka (bisa di restore) dan perangkat tersebut dapat lepas dari Apple ID sang pemilik asli.

Bagi kamu yang belum tahu, kejahatan Phishing sebetulnya sudah lama ada di Indonesia. Sebut saja kasus Phishing data internet banking yang beberapa waktu lalu sempat diangkat hingga pencurian login akun
Facebook dengan tampilan halaman yang mirip.

Selalu Waspada!

Sejauh yang tim MakeMac baca di laman Apple mengenai Find My iPhone, tidak ada proses mengirimkan SMS sebagai notifikasi pemberitahuan iPhone berhasil ditemukan. Jadi jika kamu ada dalam kondisi yang sama dalam cerita ini, jangan pernah percaya pada SMS apapun yang dikirimkan terkait informasi iPhone ditemukan dan sebuah tautan di dalamnya.

Saran tambahan, jangan pasang nomor ponsel utama di pesan Lost Mode yang kamu kirimkan. Hal ini untuk mengurangi kebocoran data pribadi penting ke tangan orang yang salah.

Untuk urusan tampilan web dengan informasi input data penting, pastikan benar bahwa itu alamat website milik Apple. Cara paling gampang adalah melihat lambang gembok di alamat websitenya atau keamanan lain (menggunakan https, bukan http). Cara lainnya adalah melihat domainnya – Apple hanya menggunakan domain Apple.com atau iCloud.com baru subdomain yang mengikuti. Contohnya adalah selfsolve.apple.com, appleid.apple.com, atau subdomain lainnya.


Baca Juga:


Bantu MakeMac dan Pengguna iPhone Lain

Tim MakeMac membagikan cerita ini untuk mengedukasi para pembaca dan pengguna perangkat iPhone agar tidak terkena kejahatan Phishing yang serupa.

Kejahatan ini bisa terjadi kapanpun dan di mana saja. Supaya korban tidak semakin banyak bertambah, bantu tim MakeMac menyebarkan berita ini dan bantu mengedukasi teman atau keluarga yang menggunakan perangkat iPhone agar selalu mengaktifkan fitur Find My iPhone dan Passcode Lock.

Jika kamu berada dalam posisi korban pencurian dan Phishing seperti cerita ini, jangan segan-segan untuk melaporkannya ke pihak polisi. Semakin banyak laporan kasus sejenis maka polisi akan bekerja lebih serius mengurus kasus semacam ini dan kejahatan yang berhasil dipecahkan pasti akan membuat semuanya lebih nyaman dan tentram.


66 Comments

66 Comments

  1. Fauzan Alfi

    8 June 2015 at 11:57

    Untungnya situs phishing-nya sudah di-suspend oleh penyedia jasa hosting situs tersebut. Uniknya, situs tersebut di-hosting di salah satu pengelola jasa hosting lokal. Dengan kata lain, besar kemungkinannya situs ini dikendalikan oleh oknum lokal.

    • Husein

      8 June 2015 at 12:06

      nice inpoh

  2. Tommy Winarta

    8 June 2015 at 12:38

    Halo,

    infonya sungguh bermanfaat. Saya seringkali mendengar berita mengenai iPhone kerabat yang dicuri. Adik saya sendiri mengalaminya, sayangnya belum di proteksi dengan menggunakan iCloud (Activation Lock, Find My iPhone).

    Kira-kira apakah ada yang tau, kok bisa SMSnya datang dari nomor yang tidak kelihatan seperti nomor lokal ya (tidak dimulai dari +628)? Terimakasih banyak.

  3. Monika

    8 June 2015 at 12:42

    saya juga pernah mengalami kejadian serupa, waktu itu 5s saya dicopet. tapi mungkin copetnya nggak profesional2 banget atau nggak paham iphone jadi waktu saya aktifkan lost mode masih bisa dilacak. hanya sayangnya ketika melaporkan ke pihak berwajib, mereka seperti enggan untuk mendatangi tempat dimana iphone saya terlacak dengan alasan keselamatan (hellow…) sehingga akhirnya setelah melapor saya tetap berusaha sendiri untuk mencari. keesokan harinya, tiba2 ada counter HP yang mengatakan pencopetnya menjual iphone saya ke dia dan dia minta ditebus seharga 4jt – tapi untungnya saya sudah lapor pihak berwajib sehingga saya bisa mendapatkan iphone saya kembali tanpa keluar uang sepeserpun.
    intinya kalau iphone anda hilang langsung aktifkan lost mode dan langsung lapor pihak berwajib.. setidaknya walaupun polisi tidak terlalu membantu pencarian tetapi kalau iphonenya ditemukan bisa menghindari pemerasan.

    • Aini

      2 December 2015 at 19:10

      Halo mbak,
      bagaimana caranya pihak kepolisian bisa bantu saat ambil iphone nya di counter hp tsb? Apakah ada polisi yang ikut bersama mbak? Mohon info, terima kasih

  4. MiFTiD

    8 June 2015 at 15:03

    Produk apple emang aman :)

  5. Tia

    8 June 2015 at 17:18

    info yang sangaylt berguna. Saya akui memang produk apple sangat aman. Beberapa waktu lalu saya sempat kehilangan iphone 6 saya. Dan saya langsung aktifkan lost mode. Perangkat sempat berpindah2 dri jakarta cibubur dan bogor. Dan karena kewalahan mencoba untuk membuka2 iphone ini yg telah masuk lost mode, akhirnya iphone saya dikembalikan… Untungnya saya tidak mendapatkan email atau sms jebakan tersebut, krn kalau tidak, saya pun mungkin akan terjebak.

  6. leonk

    8 June 2015 at 19:37

    wah, info yang sangat berguna. apakah cara yg sama bisa dilakukan pada macbook?

  7. Aan

    9 June 2015 at 00:13

    Maaf, bagaimana cara membedakan email yang asli berasal dari Apple dengan email phishing? Karena diatas hanya compare dari segi penulisan, tanpa menampilkan alamat email phishing yang dimaksud. Pengalaman saya, Apple terkadang menggunakan alamat email yang berbeda-beda untuk mengirim email ke user, namun tetap dengan domain apple.com atau itunes.com. Dan juga apakah benar yakin contoh email phishing diatas itu asli? Karena setahu saya bila Find My iPhone tidak bisa menemukan lokasi device maka kita akan diberikan opsi untuk mendapatkan notifikasi lokasi terakhir device yang di keep selama 24 jam melalui email, dan sepertinya contoh email di atas itu merupakan email yang dimaksud. Mohon dicek kembali. :)

    • Raka Wilantara

      31 May 2017 at 07:59

      Biasanya email dari find my iPhone kalo di klik details trus kita klik find my iPhone nya masuk ke kontak dan email nya noreply@email.apple.com dan sms dari Apple pasti nama nya Apple trus klo kita telpon keluar nomor 277 53 dan kalo kita klik details gak ada nomor telepone nya

  8. Ace

    9 June 2015 at 08:34

    saya juga pernah mengalami kejadian seperti ini, namun sudah saya ikhlaskan dan saya memilih untuk menghapus device dari iCloud untuk menghindari pembobolan akun seperti kejadian diatas

    • tasa

      18 October 2015 at 17:37

      Mas Ace akhirnya gmn Iphonenya? udah nanya2 ke APPLE pusat belum?

    • Novia

      20 May 2017 at 10:08

      kalo hapus devicce? artinya apa ya? apa foto dan segala macam akun sperti line grab akan hilang juga? terima kasih

  9. endik eko

    14 June 2015 at 00:28

    wahh kalau sampe punya website untuk phising udah niat banget…sebagai kerjaan sampingan tuh

  10. tasa

    18 October 2015 at 17:35

    Saya sekarang korban phising apple id itu,, belom ada solusi nih,, ada yang bisa bantu? besok mau minta batuan APPLE pusat siy, gak tau deh berhasil apa gak,, sekarang Iphone saya bener2 gak bisa dipake soalnya User ID sama Passwordnya diubah,, hiks

  11. inhue

    23 October 2015 at 15:36

    terimakasih infonya makemac. ini ade ane mengalami pencopetan iphone. lostmode udh ane aktifin pake idevice ane sendiri. cuman sekali dapat lokasi terakhir tracking dari fmi. terakhir lokasi tanjung periok kehilangan lokasinya dibogor. sms location pun bermunculan ke hape ane dengan domain applecare.com
    apkh sms ini termasuk pishing?
    amankah hanya aktifin lost mode?
    apakah lbh baik ane erase iphone aja? namun ane blm paham betul mengenai erase device. tolong dibantu para kaka pertama!

    • Bagus Hernawan

      25 October 2015 at 11:49

      Iya itu phissing. Tetap biarkan iPhone dalam kondisi lost mode.

  12. juki

    1 December 2015 at 17:44

    mas kalo iphonenya di update atau direstore via itunes apakah masih berfungsi fitus FMI-nya???

  13. dinda bogor

    2 January 2016 at 14:59

    Saya pas malem tahun baru ini juga kehilangan ipin, saya aktifkan lost mode segera kemudian iphone baru terlacak 18 jam setelah kehilangan ( Ipin nya dihidupin sama yg curi ). saya belum melapor ke pihak kepolisian, saya masih berunding sama keluarga gmna langkah selanjutnya ini. sekarang ipinya udh off lagi, cmn tinggal ada lokasi trahir

    • Harry

      3 January 2016 at 22:15

      Saya juga kehilangan iPhone 5 baru 7 jam yang lalu, saya coba lacak ternyata posisi sudah pindah jauh di Jakarta Utara. Untung saja posisi Lost Mode sudah saya aktifkan dan password cukup sulit ditebak karena 6 digits. Percuma saya curi iPhone karena tak akan bisa direset karena perlu Apple ID ayng sangat secure. Dijual juga tidak akan laku, karena terkunci password.

  14. Agit

    14 January 2016 at 07:46

    Guys, cara tracking website phishing nya gimana? 6s+ gw dicuri dan uda di lock, kemarin udah sempet nyala dan gw tracking tapi karena terlalu luas (trakhir nyala di parkiran mall paling gede sesurabaya) gw pulang. Ini skrg gw mulai dikasih sms phishing bbrp kali. Untung gw kira itu notif apple yg terlambat, jd ga gw apa2in. Cm baca aja. Nah track websitenya gimana ya? Apa lapor aja pak pol aja kah?

    • Agit

      14 January 2016 at 07:59

      Oh iya, thank you makemac for sharing. Klo ga ada artikel ini mngkn gw udah tertipu. Password asal gw 12 digit, gw ganti jd 16 digit. Biar mampus tuh maling. Hope i’ll get it back soon

    • ahsanov

      2 May 2016 at 13:48

      aku juga barusan kecopetan iphone 6 plus, di busway, pagi ini. aku udah aktifin find my iphone, tapi si pencurinya kayaknya belum online, jadi belum kelacak

  15. angel

    23 January 2016 at 11:51

    baru2 ini iphone 5s saya hilang di sekolah, untungya saya dapat melacak iphone tersebut, pada saat saya pergi ke lokasi yg telah di tunjukkan .ternyata hp saya sudah berada di tangan para penadah hp pinggiran, namun pada saat saya tiba disana dan bertanya2 mereka malah menyembunyikannya dan tidak mau mengembalikannya

  16. angel

    23 January 2016 at 11:53

    kira-kira jika iphone di curi dan mereka tidak mengaktifkannya selama beberapa hari? pakah masih bisa di lacak?

  17. Khairul Shiddiq

    24 January 2016 at 03:42

    Artikel yang sangat menarik Pak Bagus Hernawan,

    tanggal 23 januari 2016 saya mengalami kecurian IPAD AIR 2 (wifi only), dan sampai sekarang masih offline, namun sudah saya aktifkan lost mode nya.
    data penting yang sudah saya kerjakan berhari-hari sayangnya belum sempat saya back-up kan. T_T.

    pertanyaan saya kalo ipad saya terhubung ke internet apakah lost mode nya akan aktif walaupun offline setelahnya?
    lalu bagaimana prosedurnya untuk melapor ke kepolisian?

    makasih sebelumnya

  18. Wahid

    26 January 2016 at 11:33

    Nice info nih, soalnya sya baru pertama x pakai product apple (iPhone 5s). iPhone hasil curian, kalo ga bs dipulihkan lagi. Kemungkinan cuma buat kanibal kan ya?

  19. Vino

    15 March 2016 at 09:21

    Kalo di hp kita sudah setting dan pasang aplikasi find my iphone terus aplikasi nya di hapus , itu masi ttep terlacak kan ?
    Terus aku kan pake pengaturan di restriction supaya cellular data gabisa di nonaktifkan , tapi ko masih tetep bisa ya ? Padahal di pengaturan restriction udah don’t allow changes .

  20. Fiona

    21 March 2016 at 17:56

    Iphone 6 saya baru dicuri 18 Mar 2016 kemarin di GI. Dan hari ini saya terima email yang dari Find My Iphone yang dibuat persis seakan2 dari apple. Ketika saya click view map, langsung ada warning website phishing. Tapi kemudian saya terima email kedua yang sama, mengatakan lokasi iphone sudah ditemukan. Walaupun saya merasa ada kejanggalan yaitu map kecil yg tertera di email tidak seperti di Indonesia walaupun lokasi berkata JAKARTA. Tetapi saya tanpa berpikir click lagi di view map nya dan memasukkan apple ID saya dan password. Tapi kemudian ada tulisan password saya salah. Saya tidak tahu itu memang kebetulan saya lagi memasukkan password saya salah, atau sindikat pencuri sudah berhasil mendapatkan appleID dan password saya? Lalu setelah itu semua terjadi saya baru menemukan artikel ini dan buru2 saya ganti password icloud saya. Kebanyakan orang memang merasa helpless dan merelakan saja, tetapi setelah membaca artikel ini, saya merasa saya harus at least melaporkannya ke polisi, dengan harapan bahwa polisi akan menyorot petty theft seperti ini. Begitu banyak masyarakat sudah dirugikan. Saya juga himbau supaya kita jangan mau beli produk refurbished dengan garasi distributor (platinum, bless etc) karena jangan2 produk2 itu adalah hasil dari barang curian yang sudah diperbaiki.

    • Novia

      20 May 2017 at 10:21

      caranya pass icloud diubah bagaimana? karna saya sudah coba dia perlu verifikasi dari devicenya padahal device saya sudah di curi orang :(

  21. Fiona

    21 March 2016 at 17:59

    Apakah makemac ada rekomendasi untuk step berikutnya apa yang harus saya lakukan sebagai korban? Apakah polisi bisa melacak website phishing tersebut?

  22. Vanes

    30 March 2016 at 21:09

    Saya pernah kehilangan 3 hp karena waktu tidur kamar tidak ditutup (maklum kos) , pagi bangun tidur cuma bisa bengong sock Hp lagi di cash gak ada semua… coba tlp dan mencari info dari data sim / dll tetep gak nemu jalan keluar malah2 bikin saya pusing … tiga hari habis kehilangan rasa pusing banget karena kecewa .. mencoba mencari sampai 1 bulan tetep gak nemu cuma dapet pusing kepala sama hati rasanya gak fokus ngerjain apa aja… setelah saya pikir2 lebih baik saya iklasin aja hp hilang biarin mungkin kurang amal juga saya.. saran saya mending hp hilang 3 hari gak ketemu di iklasin aja dari pada seperti saya 1bulan akirnya juga ngiklasin saja..

  23. Bhisma

    7 April 2016 at 23:35

    Sya baru2 i.i kecuria iphone dan ada notif lokasi iphone Cma beberapa saat kemudian hilang lokasinya alias kosong. Apa itu msh bisa kelacak iphonenya? Mohon infonya

  24. Bhisma

    7 April 2016 at 23:38

    Sya baru2 ini kecurian iphone dan ada notif lokasi iphone Cma beberapa saat kemudian hilang lokasinya alias kosong. Apa kita msh bisa kelacak iphonenya? Mohon infonya

  25. Ramadhani

    11 April 2016 at 08:25

    Saran aja buat yang situs pishing, bisa di tes masukin password salah dulu aja, kalo emang asli, pada ada tulisan apple id and password incorrect atau bla bla bla

  26. Iqbaal

    22 April 2016 at 15:52

    Kejadian sama persis ketika saya membantu teman saya yang kehilangan Iphone pada saat itu.

  27. anni

    29 April 2016 at 16:36

    saya baru saja kehilangan iphone, sudah kelacak posisi iphone tapi kemudian iphone offline, pertanyaan saya apakah selama dalam posisi Lost Mode Iphone yang hilang tidak akan bisa digunakan, atau ada trik lain dari penadah yang bisa membuka iphone tanpa perlu terkena Phishing Apple ID?

  28. melati

    10 May 2016 at 16:30

    Terimakasih, info ini sangat membantu saya. jumat kemarin saya kehilangan iphone6+ saya. dan berkat informasi dari disini saya bisa menemukan dimana posisi hp saya. sekarang pencuri itu sudah saya serahkan pada pihak yang berwajib.

  29. Baresi

    13 May 2016 at 22:30

    Bagaimana jika kita udah terlanjur terkena phising? apa langkah selanjutnya? terimakasih

  30. nadya iqmalia firdany p

    22 May 2016 at 22:19

    hape saya sekarang sedang terkena phising seperti yang dijabarkan diatas, apa langkah yang bisa dilakukan sekarang? karena saya gabisa me reset password saya lewat security question karena tanggal lahir saya diganti dan tidak bisa me reset password lewat recovery email karena recovery email jg sudah di ganti, dan benar yang mem-phising iphone saya itu org lokal karena no hp nya berawal dari 0898, mohon bantuannya apa yg bisa dilakukan setelah terkena phising tanpa harus kehilangan data data dan icloud lama saya, thanks

    • maudy

      20 June 2017 at 09:49

      kalau sudah begini ikhlaskan saja, tak bisa apa2 lagi! si pencuri sudah meresrtore semua data dan mengembalikan ke produk awal, dan mungkin juga iphone anda sudah dijual!

  31. wan

    5 June 2016 at 20:11

    saya baru kehilangan iphone6 smalam, lost mode uda diaktifkan. saya ada mencoba untuk chat, yang jadi pertanyaan, knapa chat itu kemudian bisa masuk, padahal sudah diaktifkan lost mode, thanx atas infonya?

  32. Mia

    5 June 2016 at 22:46

    Saya kehilangan iphone sekitar 2 bulan lalu, kmudian baru saja saya mendapat sms dan email phising! Yang sms sih saya cuekin trus yg email wah parah kalo g teliti bisa kena jebakan betmen juga. Karna isinya 90% mirip sama email yg dikirim dari apple. Sempet panik karna tulisannya apple id sudah masuk ke i cloud, trus ya sama suruh ubah password di tautan yg di ksh. Tp saya gugling nyari website resmi apple, dan stlh saya perhatikan ternyata email itu bukan dari apple asli melainkan hacker

  33. Nir

    7 June 2016 at 03:56

    Cara melacak website phishing nya gimana caranya? Karena tampilan website nya mirip find my iphone, jadi gegabah memasukkan apple id+password. Dan sms nya itu tulisan nya dri apple.inc. Saat klik telfon nomornya kosong. Mohon bantuan nya terimakasih

    • Aul

      7 June 2016 at 13:06

      Noted from article above!
       official domain is apple.com, icloud.com, itunes.com. Selain itu, fixed phising bro

    • Raka wilantara

      31 May 2017 at 08:13

      Kalo nomor sms asli dari apple sih kalo kita klik details gak ada nomornya tapi kalo kita telfone 277 53 kalo kita pernah aktifin two factor authentication biasanya dapet verification number itu nomor apple yang asli

  34. Imam arrahman

    24 June 2016 at 04:08

    Mas saya sedang kesusahan barusan kehilangan iphone 5s barusan saya beli dan icould nya belum saya login mas, gimana cra melacak keberadaan nya mas, mohon saran nya mas terimakasih

  35. dewi

    26 July 2016 at 23:43

    Thx informasinya sangat bermanfaat sekali.

    Saya baru kehilangan ip 6 saya di Plaza Senayan pada hari Sabtu, 23 Juli 2016 . Saya memang selalu mengaktifkan find my iphone di iphone tersebut. Tapi bodohnya saya, ketika saya lost mode saya memberikan notes & no hp untuk dihubungi. itu yang menyebabkan si pencuri langsung mematikan hpnya. Dan baru dihidupkan lagi 3 hari kemudian. Yang mau saya tanyakan adalah; Ip 6 saya yang hilang di find my iphone di gambar iphonenya muncul gambar gembok yang terkunci. padahal sebelumnya tidak ada.. kira2 apa maksudnya?
    2. Apabila si pencuri mematikan iphonenya lebih dr 1 bulan, tiba2 dia mengaktifkannya apakah mash bisa dilacak keberadannya?

    mohon dibantu dijawab
    thx

  36. Yourdan

    1 August 2016 at 08:47

    Hari ini saya kehilangan iPhone 6 saya .. Saya sudah mengaktifkan lost mode dan memberika note.. Yg bikin saya penasaran ketika saya lacak hp saya tidak pernah akurat.. Mengapa bisa terjadi seperti itu ya???

    Mohon di jawab para master dan admin
    Terimakasih

  37. Tomy

    18 August 2016 at 13:40

    Aku juga kehilangan iphone 5s bulan 7 kemarin, sekarang ganti yg baru dengan iphone 6s yg mau saya tanya? I cloud yg di iphone 5s saya pake dihp yg baru, jd dengan kata lain 1 cloud dengan 2 hp. Td malam cek di apple.com ada pilihan remove device di iphne 5s dan iphone 6s, kalau saya pilih removed di iphone 5snya? Melalui iphone saya yg sekarang. Apakah icloud di iphone 6s saya akan terhapus juga? Buat agan sekalian ada yg bisa bantu jawab?

  38. Hanisa

    25 August 2016 at 09:25

    Iphone 5 saya hilang 14 jam lalu. Lost mode udh saya aktifin. Ini ga apa ya kl saya k grapari urus simcard nya apa biarin aja dulu?

  39. Ahmad Haitami

    27 August 2016 at 06:58

    Mas mau nanya.. Kalau iphonenya hilang, trus d blokir, apa masih bisa digunakan lagi?

  40. Rahdilla Fairuz

    28 August 2016 at 12:38

    mau tanya, hp iphone 5s saya hilang 3 hari lalu.. saya masih baru dalam memakai iphone, dan hp saya belum saya aktifkan lost mode ataupun memakai aplikasi find my phone. Tolong bantuannya bagaimana cara bisa mengetahui lokasi iphone saya, apakah iphone harus dalam keadaan hidup? terimakasih.

  41. natalia

    7 September 2016 at 06:11

    maaf mau nanya, saya baru kehilangan iPhone 5S saya sekitar 14 jam yang lalu. saya coba buka apple ID saya di iCloud, di situ tertulis bahwa iPhone saya dalam keadaan offline.. kemudian saya aktifkan lost mode.. apakah tanda gembok di lost modenya itu artinka saya iPhone saya sudan dlm keadaan lost mode? trims

  42. Nabil

    2 November 2016 at 18:03

    Mau nanya,
    saya kecopetan di kereta sabtu lalu dan baru sadar iphone saya hilang setelah turun dari kereta. saya baru mengaktifkan lost mode pada saat iphone sudah offline namun AppleID saya masih tercatat ada di iphone yang hilang. Namun tidak berapa lama ada notifikasi di email ApppleID saya yang menyatakan bahwa AppleID saya telah dihapus dari iPhone saya yang hilang sedangkan tidak ada notifikasi bahwa iphone saya telah dihidupkan/online. Padahal seharusnya apabila si copet menghidupkan iphone saya untuk menghapus AppleID dari iphone tentu ada notifikasi iphone saya ditemukan dan suara diaktifkan. Tapi Notif untuk kedua action tersebut tidak ada.
    Apakah ada cara-cara yang memungkinkan untuk menembus pass lock dan mematikan fitur Found My iPhone tanpa mengetahui password AppleID dan pass lock?
    terima kasih

  43. Reza

    13 December 2016 at 00:43

    Mohon bantuan nya, saya pernah kehilanggan iphone 5, dan sudah saya aktifin lost mode, dan belum ditemukan sampai sekarang, kebetulan iphone saya yg hilang satu icloud dengan macbook dan hp saya yg lain, tetapi sekarang saya mengalami lost mode pada mac saya sendiri, dan icloud saya sudah diganti password
    Dan saya tidak pernah menjadi korban phishing seperti kejadian diatas
    Apakah ada cara lain yg terbaru selain phishing?
    Apakah bisa icloud saya kembali?
    Bagaimana cara nya?
    Tolong mohon bantuan nya

    • Bagus Hernawan

      27 February 2017 at 11:02

      Halo Reza,
      Apakah masih mengalami masalah MacBook dengan iCloud terkunci?
      Saran saya coba hubungi pihak Apple Support, mereka bisa membuka perangkat kamu jika menunjukkan bukti yang diperlukan seperti tanda kepemilikan MacBook yaitu kardus atau bukti pembelian.

      Semoga membantu

  44. bayu

    22 December 2016 at 08:13

    Dua Minggu yg lalu iphone saya dicuri tapi iphone saya tidak diaktifkan icloudnya cuma ada id Apple apakah msh bs dilacak / ada cara lain. Mohon infonya?

  45. bunga

    22 January 2017 at 23:51

    Ulasan yg sangat berguna, terima kasih banyak untuk infonya. Sy kehilangan iphone 6+ tgl 25 Des 2016 saat sedang berkunjung ke luar kota (Makassar). Tgl 21 January 2017 sy dpt email yg menunjukan jika lost mode saya sudan diaktifkan (berikut alamat ditemukan posisi terakir hp sy berada) dan lokasi sudah di jakarta. Beberapa jam kemudian sy menerima sms phishing seperti di artikel ini, beruntung salah satu teman sudah memperingati utk tdk memasukkan apple id & password saya pd link tersebut. Dari nomor tersebut sy dikirimkan sms hingga 4x. Kemudian sy mendapatkan sms kembali dari sms/call centre yg bernama ‘media info’ yg menyatakan hp sy sudah di service centre serta menyebutkan nama lengkap saya berikut no imei hp sy yg hilang, yg setelah sy cek betul, terdapat pula link namun setelah membaca artikel ini sy tdk berani utk mengklik link tersebut. Bagaimanakh cara utk mengetahui no imei hp tersebut?
    Sy akan melaporkan kepada yg berwajib utk menghindari pemerasan. Terima kasih sekali lagi.

    • Bagus Hernawan

      1 February 2017 at 10:18

      Halo Bunga,
      Terima kasih kembali untuk ceritanya, turut sedih untuk kehilangan yang kamu alami. Saran saya tingkatkan proteksi Apple ID yang kamu gunakan ya. Gunakan fitur Two Step Verification serta ganti semua password dari akun yang ada di iPhone tersebut untuk mencegah peretasan data.

    • syaefullah

      15 March 2017 at 10:04

      turut sedih juga, klo ingin mencari iphone kamu, coba masuk ke grup jual beli iphone locked di facebook, pasti pencuri nya jual iphone di sana, krn pas saya pernah masuk ke sana, bnyak bgt orang jual iphone yg kondisi lock icloud semua,

  46. Frasha

    22 February 2017 at 20:57

    Halo, saya ada pertanyaan. Bagaimana jika keadaannya saya menemukan device “tidak dikenal” muncul di aplikasi find my iphone saya?

    Apakah mungkin apple id saya di hack? Saya takut jika org tersebut dapat mengakses berbagai data dr apple id saya.

    Apa yg harus saya lakukan ya? Change password pun sudah saya lakukan tapi device tsb masih ada.

    Dan apa yg terjadi jika saya erase iPhone?

    • Bagus Hernawan

      1 March 2017 at 16:31

      Halo Frasha,

      Coba masuk ke Find My iPhone dari web iCloud.com ya. Lalu erase device yang tidak kamu kenal.
      Tingkatkan juga keamanan Apple ID yang kamu miliki dengan fitur Two-Step Verification.

  47. dian

    7 April 2017 at 08:27

    halo, mohon pencerahannya.. kalo sign in pake icloud lama (iphone lama ilang) di iphone baru apakah ngaruh ke lost mode find my iphone yang udah diaktifin di iphone lama?

  48. Poetri

    12 April 2017 at 16:33

    Halo Pak Bagus, saya baru kehilangan iphone 6+ saya satu minggu yang lalu di SG. Saya sdh coba find my iphone, lost mode dan terakhir erase iphone sehingga ketika saya coba buka find my iphone di web icloud muncul “perangkat tidak ditemukan”. pertanyaan saya, apakah iphone sy tersebut bisa dipakai oleh sang penemu? (sy sebelumnya sudah memberi note untuk mengembalikan ke hotel tmpt sy menginap namun tidak ada kabar sm sekali).
    di google sy menemukan banyak sekali web maupun jasa untuk membuka icloud yang terkunci, apakah hal tsb sebenarnya dapat dilakukan?

    terim kasih pencerahannya Pak

  49. Novia

    20 May 2017 at 10:11

    emang pass icloud bisa diubah ya? saya coba did harus verifikasi ke device yang tersambug i cloud tsb. Tapi devicenya saja hilang bagaimana caranya ya? terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top