Pengganti Pensil dan Kertas, Clear for iPhone

Salah satu jenis aplikasi yang menjadi pilihan developers sebagai project belajar adalah aplikasi to-do. Sebagian besar aplikasi to-do dibuat tidak memiliki pasar yang jelas. Mereka biasanya selalu berada di wilayah yang bersaing langsung dengan aplikasi Remindernya Apple.

Walaupun demikian, Real Mac Software dan Impending tetap merilis Clear for iPhone dengan menekankan interaksi yang intuitif. Real Mac Software dan Impending merancang Clear dengan memanfaatkan gesture dalam navigasi dan pengaturan list. Kombinasi tampilan berwarna-warni sebagai indikator prioritas beserta efek suara untuk feedback menjadikan pengalaman membuat to-do list yang membosankan lebih menyenangkan.

Anda seharusnya bisa memahami cara kerja Clear dengan menonton preview di bawah ini, atau Anda bisa membaca sisannya di bawah.

Desain dan Tampilan

Orang-orang mungkin akan mengira Clear adalah hasil porting dari Window Phone ke iOS dengan kesan Metronya yang kental. Desain yang bersih berhasil memanfaatkan layar sepenuhnya karena tidak membutuhkan buttons dan icons, mengembalikan fokus kembali ke items.

Clear for iPhone

Satu hal yang patut diperhatikan dari Clear adalah sedikitnya state Tapped Button. Feedbacks ditampilkan melalui teks dan icon yang hanya bisa dilihat saat menggunakan gesture. Ketika pulling down, sebuah animasi lipatan memunculkan item baru yang bisa diisi dengan teks. Swiping right dan left menampilkan icon. Pemanfaatan sound effects dan vibration memperdalam sense of control pengguna, menjadikan pengguna lebih sering menggunakan Clear.

Beberapa orang mempertanyakan cara menggunakan Clear seperti “Saya tidak bisa melakukan pinch in dengan satu tangan”. Tapping tetap menjadi salah satu interaksi utama di iOS. Clear tidak memaksakan gesture sebagai satu-satunya cara berinteraksi dengn aplikasi dalam mengatur list. Walaupun sebagian orang cenderung bepikir menggunakan gesture untuk setiap interaksi. Menggunakan satu tangan, penambahan item tetap bisa dilakukan dengan tapping daerah yang kosong dan pulling down untuk mengakses tampilan sebelumnya.

Sistem Navigasi

Clear menggunakan sistem navigasi top-down yang terdiri dari 3 layer di mana layer pertama terdiri dari konfigurasi. Saat pertama kali menjalankan Clear, Anda akan diberikan pengenalan dan tutorial dalam bentuk list. Pada layer ini juga Anda dapat melihat jumlah list yang sudah dibuat, mengubah warna tampilan, membaca tips & triks, mengikuti akun developers di Twitter, dan mengakses setting.

Layer kedua terdiri dari list. Beberapa cara dapat digunakan untuk membuat list. Cara memasukkan list dipilih berdasarkan lokasi list ingin dibuat.

  • Memasukkan list di atas dengan pulling down layar sampai “Release to Create List” muncul.
  • Memasukkan list di antara list dengan pinch in antara list yang ingin disisipkan.
  • Memasukkan list di akhir list dengan tapping area yang kosong (selama list tidak memenuhi layar).

Menghapus list cukup dengan Swiping right to left. Saya sempat bingung menentukan arah swiping. Cara sederhana untuk mengingat swiping direction adalah mencoba memunculkan icon yang tersembunyi. Icon delete berada di bagian kanan sehingga swiping right to left adalah aksi menghapus list.

Clear for iPhone Interaction

Layer terakhir terdiri dari daftar items. Interaksi menyerupai layer kedua dan terdapat beberapa interaksi baru seperti:

  • Mark item as complete dengan swiping right to left karena check mark berada di sisi kiri.
  • Clear completed items dengan pulling up untuk menampilkan “Pull to Clear”.

Untuk kembali ke halaman sebelumnya, Anda bisa melakukan pinching in atau pulling down.

Didesain Demikian

Clear tidak mendukung syncing, tags, ataupun search. Kesederhanaan tersebut yang menjadi ciri khas dan keunggulan utama Clear. Ia bekerja seperti pensil dan kertas yang bisa dibawa ke mana saja. Ia didesain agar bekerja dengan cepat, dapat diandalkan, dan sederhana. Ini yang menjadi salah satu alasan mengapa items dibatasi 30 karakter supaya bisa dilihat tanpa harus scrolling atau memunculkan ellipsis.

Jalankan Clear, masukkan to-do. Clear dirancang dengan sebuah konsep, membuat dan menyelesaikan to-do harus sederhana dan cepat.

iTunes Preview: Clear for iPhone


Seorang penggemar produk Apple dan memiliki blog pribadi yang membahas kebiasaannya dalam menggunakan produk Apple sehari-hari. Ikuti dia di Google+.

2 Comments

  1. adhams  /  20 February 2012, 23:08 Reply

    personally, still love the cloud of wunderlist :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>