Foxconn Indonesia Siap Beroperasi Pada Natal Tahun Ini

Siapa yang tak kenal Foxconn? Selain sebagai salah satu produsen motherboard untuk PC, Foxconn juga terkenal dengan perusahaan perakitan alat elektronik ternama. Salah satu klien utamanya adalah Apple. Bulan Juli lalu, Foxconn siap menanamkan investasinya di Indonesia sebesar $10 milyar dan juga membangun pabrik di Indonesia. Kabar terbaru menyatakan bahwa Foxconn sudah menentukan tanggal dan lokasi pabriknya di Indonesia.

Dikutip dari detikFinance, Foxconn akan mulai beroperasi pada 25 Desember 2012 sekaligus bertepatan dengan Hari Natal. Hal itu disampaikan oleh Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan. Menurutnya, Foxconn memilih kawasan Cikande sebagai tempat didirikannya pabrik perakitan mereka dengan luas 5000 meter persegi.

Gita juga menambahkan bahwa Foxconn menargetkan untuk merakit alat elektronik dengan kapasitas produksi awal sebanyak 3 juta unit handphone setiap tahunnya. Oleh karena itu, pabrik di Cikande bakal menyerap tenaga kerja hingga 50.000 karyawan. Dikabarkan dari Reuters, Foxconn juga akan memulai fase kedua kerjasama ini pada Juli 2013 dengan kapasitas produksi hingga 10 juta unit.

Belum ada kabar resmi soal apakah produk Apple juga akan dirakit di Indonesia karena Foxconn pun merakit produk dari merk lain seperti Sony dan Samsung. Tetapi melihat antusiasme konsumen untuk produk baru Apple dan besarnya permintaan Apple akan suplai produknya, bisa jadi kita akan melihat label ‘Designed by Apple in California. Assembled in Indonesia’ pada setiap produk Apple mulai tahun depan.


Fokus membahas iOS. Tertarik untuk merancang UI/UX. Terjebak di dunia Apple dan sangat terinspirasi dengan Steve Jobs. Hampir lulus dari Program Studi Arsitektur ITB dan aktif sebagai Mozilla Reps.

4 Comments

  1. denny  /  22 August 2012, 00:16 Reply

    Semoga perekonomian Indonesia bs maju juga,jaga konsistensi produk made in indonesia

  2. jelyandri  /  27 August 2012, 23:53 Reply

    dirikan foxconn JUGA DI PEKANBARU … Karna menurut saya pekan baru merupakan sebuah wilayah yang berkembang pesat di bidang industri…

  3. areximut  /  12 January 2013, 13:14 Reply

    Pabriknya ini apa sudah mulai beroperasi mas brow?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>