PhotoSweeper: Merapikan Koleksi Foto di Mac

PhotoSweeper Buat Mac

PhotoSweeper Buat Mac

Apakah kamu ingin merapikan koleksi foto-fotomu yang sudah berserakan di antara folder-folder dalam Mac?

Foto-foto bagus yang kamu lihat di jejaring sosial tidak muncul begitu saja. Hanya satu yang terlihat dari sekian foto yang diambil. Kalau kamu seorang fotografer atau seseorang yang sering mengambil foto, maka dalam koleksi fotomu pasti banyak yang mirip dan duplikat. Hal ini tidak bisa dihindari. Begitu kita mencolokkan kamera ke Mac, semua foto dipindahkan, dan sisa waktu dihabiskan untuk proses retouching. Mana mungkin sempat membereskan koleksi foto lagi bukan?

Foto-foto duplikat mengambil ruang di Mac. Tentu saja kamu ingin memanfaatkan ruang tersebut untuk keperluan lain daripada menyimpan foto-foto yang tidak berguna. Foto-foto lama dan duplikat sebaiknya dihapus untuk membuat ruang Mac menjadi lebih luas.

PhotoSweeper adalah solusi masalah di atas. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat menemukan semua foto serupa dan duplikat, kemudian memindahkannya ke sebuah kotak penyimpanan. Pada kotak pemyimpanan ini foto-foto lama akan ditentukan nasibnya, apakah harus dipindahkan, atau dihapus selamanya.

Pengaturan PhotoSweeper

Pengaturan PhotoSweeper

Hal pertama yang kamu lakukan setelah menjalankan PhotoSweeper adalah memasukkan folder yang akan diperiksa ke dalam jendela. Membahas sedikit skeuomorphism yang lagi hangat, kamu bisa melihat konsep kotak kayu dalam desain PhotoSweeper. Analagi dimaksudkan adalah memasukkan semua foto ke dalam sebuah kotak (box), mengelompokkan foto-foto yang serupa, kemudian memindahkan yang tidak berguna ke kotak lain. Demikian juga cara kerja PhotoSweeper, perbedaan hanya terletak pada sarana penyimpanan.

Pengelompokkan Foto-Foto Serupa

Pengelompokkan Foto-Foto Serupa

Terdapat beberapa jenis metode perbandingan di PhotoSweeper. Bagi orang awam, istilah-istilah perbandingan akan terbukti sulit dipahami. Kamu bisa membandingkan foto menggunakan nilai bitmap, histogram, waktu, atau kombinasi waktu dengan yang lainnya. Kecuali kamu memang memahami dampak yang dibawakan setiap nilai, saya rasa kamu dapat menggunakan PhotoSweeper dengan pengaturan bawaan saja.

Filter PhotoSweeper

Filter PhotoSweeper

PhotoSweeper mampu mendeteksi koleksi foto dari iPhoto, Aperture, dan Lightroom. Pengaturan filter membantumu menentukan format-format file apa saja yang harus dideteksi. Misalnya kamu hanya ingin mendeteksi gambar JPEG, maka hilangkan pemilihan format gambar lain.

Ia juga bisa memindahkan foto-foto ke kotak lain berdasarkan peraturan-peraturan. Setiap menemukan kelompok foto duplikat, PhotoSweeper akan merujuk peraturan-peraturan dan memindahkan foto-foto yang memenuhi syarat ke kotak luar, menunggu perintah berikutnya dari pengguna.

Saya hanya sempat mencoba PhotoSweeper dengan koleksi foto yang relatif kecil, sekitar 50 MB. Berkat penerapan teknologi Grand Central Dispatch dan dukungan multi processor buat OS X, kecepatan dalam impor dan deteksi foto duplikat terasa sangat cepat. Tidak ada rasa frustrasi dalam proses menunggu.

Akhir Kata

PhotoSweeper merupakan aplikasi yang bekerja dengan sangat baik dan lancar dalam menemukan foto-foto duplikat. Proses yang cepat dan konsep desain bisa dipahami oleh orang awam dengan mudah. Apabila aplikasi memang dirancang buat orang yang hanya sekadar ingin menghapus foto duplikat, maka penjelasan dalam aplikasi masih bisa ditingkatkan lagi.

Download PhotoSweeper · Harga: Rp. 119,000

Giveaway

Kami beruntung bisa mendapatkan 2 promo codes dari pengembang PhotoSweeper yang bisa dibagikan ke pembaca MakeMac. Kamu bisa menjadi salah satu dari pemilik PhotoSweeper hanya dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah:

  • Tweet artikel ini dengan menyertakan link http://www.makemac.com/s/131 serta alasan mengapa kamu membutuhkan PhotoSweeper. Misalnya:

    Koleksi foto-foto makanan saya sudah berantakan. Saya butuh PhotoSweeper untuk merapikan semua itu. http://www.makemac.com/s/131

  • Tinggalkan URL yang merujuk ke Twitter pada kolom komentar di bawah.

  • Follow @makemac karena promo code akan dikirimkan melalui DM.

Pemenang akan dipilih dari komentar-komentar di bawah. Undian akan berakhir pada Minggu, 17 Februari, 2013. Jadi tunggu apa lagi? Buruan ikutan!

Update 17 Februari 2013: Selamat kepada @mongkih dan @saputroarifqi yang memenangkan undian ini. Hadiah sudah dikirimkan melalui DM ke masing-masing pemenang. Redeem bisa dilakukan dengan menjalankan Mac App Store.


Seorang penggemar produk Apple dan memiliki blog pribadi yang membahas kebiasaannya dalam menggunakan produk Apple sehari-hari. Ikuti dia di Google+.

12 Comments

  1. Rury  /  10 February 2013, 00:35 Reply

    Om mau nanya, kalau cara untuk merubah nama file foto-foto di mac sekaligus caranya gimana? Kan kalau di jendela tinggal block semua fotonya lalu rename dan semua yang di block namanya berurutan, contohnya: File (1), File (2), FIle (3), dst. Terima kasih sebelumnya.

  2. mongkih  /  14 February 2013, 16:33 Reply

    om, ini link twitter saya :D https://twitter.com/mongkih/status/301987226722660352

    thanks

  3. Miftah Bravenda  /  14 February 2013, 17:24 Reply

    ini linknya: https://twitter.com/miftah_bravenda/status/302000062874124288

    thank you :)

  4. Gunawan  /  14 February 2013, 21:46 Reply

    nih link urlnya makemac : https://twitter.com/guna__wan/status/302064948664737792 =)

  5. Saputro arifqi  /  14 February 2013, 21:46 Reply

    apps yang musti di instal nih :D
    link statusnya :D https://mobile.twitter.com/saputroarifqi/status/302064162236932096

  6. Purnomo  /  15 February 2013, 05:08 Reply

    wah, ada ratusan file photo yg duplikat dari ribuan photo om,
    ini tweet saya:
    http://twitter.com/#!/iPhoer/status/302176697363599360

  7. Ari Arsyadi  /  16 February 2013, 20:24 Reply

    Mudah2an PhotoSweeper bisa beneran jadi pahlawan buat organize koleksi foto-2 gw yg udah membludak di MacBook Pro.

    Here we go: https://twitter.com/Arilontong/status/302769858062471169

  8. Syahrir Lantoni  /  23 February 2013, 16:52 Reply

    Pertanyaan Rury belum terjawab tuh. Saya juga butuh tips seperti yang ditanyakan Rury.. Thanks.

    • Kuswanto  /  26 February 2013, 10:39

      Pakai aplikasi Name Changer. Silakan googling, ada banyak.,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>