How-To

Cara Menggunakan Fitur Potrait Mode di iPhone 7 Plus


Kamera ganda di iPhone 7 Plus adalah salah satu inovasi terbesar untuk perangkat iPhone di tahun 2016. Ya, tidak sekedar menggunakannya secara bergantian dalam bentuk Optical Zoom, kamu bisa menggunakan kamera ini untuk Potrait Mode, sebuah fitur baru di iOS 10.1. Apa itu Portrait Mode, bagaimana cara menggunakan fitur ini? Yuk simak penjelasan dan hasil review tim MakeMac!

Penjelasan Potrait Mode

Photo by Apple

Photo by Apple

Fitur Potrait Mode hadir secara khusus untuk perangkat iPhone 7 Plus dengan iOS 10.1. Fungsi utamanya adalah menghasilkan gambar dengan fokus di wajah dan gambar latar belakang yang blur – dikenal dengan depth-of-field effect atau bokeh bagi kamu yang akrab dalam dunia fotografi.

Tidak seperti kamera DSLR yang memanfaatkan bukaan aperture besar untuk membuat bokeh. Di Potrait Mode ini Apple menggunakan dua lensa kamera di iPhone 7 Plus dan teknologi Machine Learning untuk membuat efek tersebut. Proses algoritma dalam jutaan perhitungan ini tetap dapat dinikmati pengguna dalam jeda sangat singkat, jadi kamu bisa melihat preview dari Depth Effect secara langsung sebelum menekan tombol jepret.

Pengaturan yang Diperlukan


Sekali lagi, Potrait Mode dengan hasil foto yang diberi label Depth Effect ini hanya ada di iPhone 7 Plus. Kamu juga harus menggunakan iOS 10.1 (saat ini sudah tersedia untuk pengguna umum). Jangan lupa juga untuk mengecek pengaturan di bagian Settings > Photos & Camera > Potrait Mode > Keep Normal Photo. Nyalakan pengaturan tersebut untuk tetap menyimpan setiap jepretan dalam mode normal ketika menggunakan Potrait Mode.

Cara Menggunakan Potrait Mode


Buka Camera lalu slide di bagian atas tombol jepret untuk memilih mode POTRAIT. Minta teman kamu menjadi objek foto dan ikuti petunjuk dari Potrait Mode – seperti mengubah posisi jika cahaya dianggap kurang cerah, objek yang terlalu dekat atau jauh dan beragam lainnya. Sebelum menekan shutter, pastikan ikon kotak berwarna kuning dengan tulisan DEPTH EFFECT sudah tampil di layar, baru deh kamu bisa mengambil gambar.

Sebagai catatan, Potrait Mode juga mendukung mode exposure yaitu memberikan efek gambar yang lebih cerah atau gelap dengan cara tekan dan tahan sentuhan di layar. Setelah itu slide ke atas dan bawah di ikon matahari yang tampil, persis seperti mode foto biasa. Catatan berikutnya adalah Potrait Mode mendukung fitur deteksi wajah 2 orang (mungkin lebih, saya belum mencobanya) dalam posisi yang sedikit berjauhan dan jarak yang masih masuk toleransi.


Sudah selesai mengambil foto dengan Potrait Mode? Silahkan masuk ke app Photos dan cek hasil foto kamu ya, ada tanda Depth Effect di bagian kiti atas foto sebagia cara cepat untuk mengenali foto yang baru saja kamu ambil. Bagaimana, mudah kan!


Baca Juga:

Tips Menggunakan Potrait Mode


Dari beberapa percobaan, tim MakeMac punya beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan foto terbaik di Potrait Mode:

  1. Gunakan objek utama berupa wajah. Ya, Potrait Mode diciptakan untuk memotret semi close up atau setengah badan dengan hasil yang fokus pada objek utama dan efek bokeh di gambar latar belakang. Jika kamu ingin memotret benda berukuran kecil, pajangan ruangan dengan detail menarik dan sepejisnya, saya rasa Potrait Mode bukan fitur yang tepat.
  2. Berikan cahaya yang cukup. Potrait Mode menggunakan sudut lebar dari lensa zoom (56 mm) yang ada di iPhone 7 Plus sebagai ukuran framming. Untuk mendapatkan gambar yang berkualitas dan noise minimal, berikan cahaya yang cukup kepada objek utama kamu. Cara paling mudah adalah memotret di luar ruangan pada kondisi pagi atau siang haru.
  3. Latar belakang yang menarik. Sebaiknya jangan gunakan Potrait Mode dalam kondisi latar belakang yang banyak gangguan atau orang lalu lalang misalnya. Gunakan latar belakang objek tidak bergerak seperti gedung, tanaman atau hal lainnya yang bisa memberikan kontras dan pemandangan menarik untuk foto kamu.
  4. Khusus untuk pengguna kacamata. Jika kamu menggunakan kacamata atau aksesoris sejenisnya di wajah, usahakan untuk menghadap ke arah kamera secara dominan. Hindari memotret dalam posisi tubuh terlalu ke arah samping atau gaya lainnya. Dengan melakukan hal tersebut, bocoran cahaya atau latar belakang cahaya di pantulan kacamata dapat dihindari.

Ingat, Masih Beta


Apple masih memberikan label beta untuk fitur Potrait Mode. Beberapa kendala seperti hasil simulasi bokeh yang bisa saja kurang pas atau sejenisnya, tentu menjadi hal yang normal. Semoga di update iOS 10 berikutnya ada perbaikan untuk membuat Potrait Mode lebih maksimal ya!

Sudah mencoba Potrait Mode di iPhone 7 Plus kamu? Yuk bagikan dengna cara tweet ke @MakeMac atau mention ke Instagram @MakeMac ya!


2 Comments

2 Comments

  1. N Firmansyah

    27 October 2016 at 11:40

    Saya nggak ngeliat perbedaan yang signifikan antara potrait mode dengan photo.

  2. Arajang

    24 April 2017 at 09:54

    Keren dan sangat terlihat perbedaan yg signifikan dibanding make mode biasa/normal. Asal itu tadi, mode potraitnya digunakan dengan pencahayaan yg baik dan cukup utk memakskan hasil potraitnya alias diluar ruangan, di waktu pagi/siang… hasilnya memuaskan kok, yaaah naik kelas dikit jadi photografer “Amatir Plus” lah, lama2 jg jadi pro…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top