Prediksi Produk Apple Baru di Macworld Expo 2009

apple-tanyaSetiap tahunnya, Macworld mengadakan Macworld Conference and Expo. Event besar ini mulai diadakan pada tahun 1985 dan sering diadakan di San Fransisco. Macworld Expo ini pun pernah diadakan di Washington DC, Boston, UK, dan Jepang. Sudah menjadi tradisi pada event ini, Apple mengumumkan berbagai produk dan layanan terbaru mereka. Bahkan, event ini menjadi saksi bisu kembalinya Steve Jobs ke Apple pada tahun 1997. Lalu, bagaimana prediksi produk – produk Apple yang akan diperkenalkan pada Macworld 2009 yang akan diadakan pada 5 – 9 Januari 2009?

iPhone nano

 

Mockup oleh Jeroenno

Mockup oleh Jeroenno

Produk ini sedang menjadi bahan pembicaraan forum–forum di internet. Kemunculan iPhone dengan ukuran dimensi yang lebih kecil, bagi saya sulit untuk membayangkannya. Peluang diluncurkannya produk ini kecil karena selama ini, Steve senang dengan layar widescreen yang besar. Layar 3’5 inch widescreen yang ada pada iPhone menjadi “senjata andalan” oleh Steve saat peluncurannya disamping fitur – fitur lainnya. Tanda kemunculan iPhone nano semakin jelas setelah dua vendor pembuat casing iPhone memuat iPhone nano dalam katalog mereka. Masalah waktu peluncuran, ada kabar yang menyatakan iPhone nano akan diluncurkan di Macworld 2009 dan ada pula yang mengatakan pada bulan Maret 2009.

Opini :

Kemungkinan Apple untuk meluncurkan iPhone nano sungguh kecil. Sulit kita membayangkan bila kita memiliki sebuah telepon genggam dengan ukuran layar yang kecil. Itu sangat bertentangan dengan misi iPhone yaitu sangat pintar dan sangat mudah untuk digunakan. Dimensi yang sangat kecil itu dianggap wajar pada iPod namun pada iPhone itu tidak berlaku.

 

iMac baru

Prediksi saya, Apple hanya akan memperbaharui spesifikasi iMac yang sudah ada, pasca diluncurkannya prosessor Quad Core dan Core 2 Duo baru oleh Intel. Selain itu, penggunaan chipset dan grafis NVidia pada iMac bisa saja terjadi seiring penggunaannya pada Macbook dan Macbook Pro unibody yang diluncurkan 3 bulan yang lalu.

Opini :

Kemungkinan munculnya iMac terbaru dengan spesifikasi yang terbaru itu sangat besar karena setiap awal tahun, Apple selalu memberi update pada produk – produknya yang menjadi hits di pasaran. Namun, untuk perubahan desain dari iMac sendiri, sangat kecil kemungkinannya karena saat ini Apple sedang menerapkan desain iMac alumunium kepada semua produk Apple lainnya, seperti iPod, iPhone, dan jajaran komputer jinjingnya.

Mac mini baru

Mac mini baru diperkirakan akan diluncurkan pada Macworld 2009. Dengan spesifikasi yang baru seperti penggunaan optical drive SATA dan casing yang baru dimana akan menyerupai Time Capsule.

Opini :

Seperti iMac, kemungkinan spesifikasi standar Mac mini akan diperbaharui. Apalagi, Mac mini sudah lama tidak diperbaharui kembali. Selain spesifikasi standar yang diperbaharui, kemungkinan besar Mac mini dengan desain terbaru akan diluncurkan atau malah dihentikan produksinya.

iPod Touch yang lebih besar

 

Mungkin tidak sebesar ini, foto oleh vernhart

Mockup oleh vernhart

Produk mini tablet PC yang ukurannya lebih besar dari iPod Touch diperkirakan juga akan diluncurkan pada Macworld 2009. Ukuran mini tablet ini akan 1,5 kali lebih besar dari iPhone. Produk ini akan kompatibel dengan aplikasi–aplikasi yang sudah ada di App Store.

Opini :

iPod Touch yang lebih besar bisa jadi akan diluncurkan karena beberapa hak paten yang sudah diajukan oleh Apple diantaranya adalah sistem navigasi untuk sebuah tablet PC. Namun, apakah itu akan diluncurkan di Macworld Expo? Kemungkinannya 50 : 50.

iWork ’09 versi online

iWork seri terbaru diperkirakan akan diluncurkan juga pada Macworld 2009. Tak hanya versi desktop, Apple pun diberitakan akan meluncurkan iWork Online dengan menggunakan teknologi aplikasi Web 2.0 layaknya MobileMe.

Opini :

Kemungkinan dirilisnya iWork ’09 untuk versi desktop sangat besar karena rentang waktu yang lumayan lama dari iWork sebelumnya yaitu iWork ’08 yaitu pada pertengahan tahun 2007. Namun, untuk iWork online, kemungkinannya 50 : 50

Semua penjelasan di atas itu hanya sekedar prediksi belaka. Kemungkinan diluncurkan atau tidak diluncurkan produk ini sangat besar. Hanya waktu yang bisa menjawab.


Fokus membahas iOS. Senang mendesain UI/UX. Terjebak di dunia Apple karena terinspirasi dengan Steve Jobs. Menjalani kuliah di jurusan Arsitektur ITB dan aktif sebagai Mozilla Reps.

1 Comment

  1. Roy Amrullah Ritonga  /  2 January 2009, 16:34 Reply

    Saya seneng banget baca-baca artikelnya.. thanks a lot..

    walaupun saya blom punya Mac :( tapi saya suka semua tentang Apple, Mac & Steve..

    duh.. harus pinter2 nabung buat gadget idamanku ini…

    sekarang lg pake GNU/Linux.. sepupunya..

    sekali lagi thanks… banget..

    Roy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>