Pengguna OS X Menjadi Target FBI Ransomware Dan Cara Menghapusnya

Ransomware

Semakin populernya MacBook sebagai notebook pilihan. Dan, semakin banyaknya pengguna Windows yang berpindah menggunakan produk Apple, menjadikan pengguna OS X target baru para penjahat digital. Laporan terbaru menurut Malwarebytes, sebuah Ransomware beralih menargetkan pengguna browser Safari di OS X.

Ransomware adalah sejenis malware yang meminta tebusan kepada korban pengguna dengan menampilkan sebuah ancaman. Apabila korban tidak ditebus, biasanya ransomware menyandera komputer atau aplikasi yang bersangkutan.

Ransomware tersebut menyaru menjadi halaman situs FBI apabila pengunjung mendatangi halaman yang terinfeksi. Ransomware akan meminta tebusan kepada korban sebesar $300. Apabila dihiraukan korban tidak akan bisa menutup halaman FBI palsu tersebut. Halaman tersebut akan tetap muncul apabila Safari dipaksa Quit. Dipastikan membuat korban menjadi frustasi, dan mungkin banyak korban yang membayar tebusan. Penyanderaan menggunakan kode JavaScript yang menjadi standar bahasa yang didukung oleh semua browser modern.

Mematikan secara paksa Safari tidak akan menghilangkan halaman tersebut. Satu-satu cara menghilangkan ransomware tersebut dengan me-reset Safari. Artinya pengguna akan kehilangan history, password yang tersimpan dan data lainnya. Ikuti panduan menghilangkannya dengan menonton video di bawah ini:

Pengguna OS X harus lebih berhati-hati ketika berselancar di internet. OS X tidaklah kebal terhadap malware. Waspadalah! Waspadalah!


Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

3 Comments

  1. Kevinggr  /  19 July 2013, 17:42 Reply

    Kalo di safarinya iPad/iPhone/iPod Touch bisa ter infeksi ngak ?

    • Kuswanto  /  19 July 2013, 21:03

      Gak, hanya di OS X.

  2. bimo  /  19 July 2013, 22:49 Reply

    thx infonya om kus….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>