News

(Video) Proses Restore Apple Watch dengan Alat iBus

Jika kamu sudah menggunakan Apple Watch, pasti tahu bahwa pengguna tidak bisa melakukan Restore atau downgrade watchOS. Ya, ini karena sifat koneksi Apple Watch yang menggunakan mode pairing ke iOS dan tidak memiliki koneksi kabel secara fisik untuk terhubung ke iTunes. Hanya pihak Apple saja yang memiliki alat rahasia tersebut dengan port tersembunyi, di dalam salah satu lubang untuk strap.

Namun masalah ini berhasil dipecahkan dengan sebuah alat bernama MFC iBus. Alat tersebut dapat digunakan sebagai adapter dari port rahasia di Apple Watch ke kabel Lightning yang biasa kamu gunakan di perangkat iPhone atau iPad. Setelah terhubung, pengguna bisa melakukan metode DFU Mode dan restore Apple Watch lewat iTunes di komputer. Berikut ini video lengkapnya:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca Juga:


Dapat kamu lihat pada video di atas, cara menghubungkan iBus dan Apple Watch ternyata sangat mudah. Pengguna hanya perlu melepas penutup dari konektor rahasia dengan sebuah jarum atau penjepit tipis, pasangkan adapter tambahan lalu masukkan kabel data Lightning di ujung bagian belakang iBus. Untuk menjamin perangkat ini tidak lepas atau goyang, gunakan karet gelang atau benda lainnya yang dapat mencegahnya kendor – membuat proses Restore gagal.

Dalam video tersebut juga dijelaskan, kamu perlu sebuah IPSW atau firmware untuk watchOS untuk proses Restore Apple Watch. Masalahnya, Apple tidak pernah membagikan tautan untuk dokumen tersebut karena Apple Watch selalu menggunakan teknik OTA Updates melalui koneksi ke perangkat iOS. Beruntungnya Alireza yaitu pemilik konten video tersebut sudah memberikan catatan di videonya yaitu tautan untuk mengunduh watchOS 3 dan watchOS 3.2 bagi kamu pengguna Apple Watch original serta Apple Watch Series 1. Silahkan simak catatannya di sumber berita artikel ini.

Tertarik untuk membeli iBus? Perangkat ini hadir dalam 2 versi yaitu iBus S1 untuk Apple Watch original sekaligus Apple Watch Series 1. Versi berikutnya adalah iBus S2 untuk perangkat Apple Watch Series 2. Masing-masing dijual dengan harga $100 dan $120. Menurut saya ini adalah alat yang menarik dan cocok untuk kamu yang biasa menggunakan Apple Watch dan mencoba akses ke watchOS Beta – lalu mengalami kesulitan untuk downgrade. Apakah ada Sahabat MakeMac yang berminat membeli perangkat tersebut?

Order iBus S1 |  Order iBus S2


5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Apple Watch

Gambar


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top