Review: iPhone 3G Factory Unlocked

iphoneTadi sore saya mendapatkan sebuah iPhone 3G, sebuah smartphone yang saya tunggu-tunggu sudah lama. Pada review kali ini, saya akan membandingkan peningkatan dan kekurangan dibandingkan dengan generasi pertama.

iPhone 3G sebenarnya belum secara resmi beredar di Indonesia, tetapi di negara seperti Hongkong dan Singapore, iPhone dijual tanpa kontrak, atau dalam istilah yang lebih dikenal dengan Factory Unlocked. Dimana kita dapat menggunakan sim GSM dari operator apapun tanpa kontrak dan tentunya dengan harga yang relatif sangat mahal untuk sekarang. Untuk patokan dollar $11.500, iPhone 3G berkapasitas 16GB berwarna hitam ini saya dapatkan dengan harga Rp. 9.900.000,00. tentunya harga yang sangat mahal dan beresiko karena barang ini tidak mendapatkan jaminan garansi di Indonesia berhubung karena belum resmi di pasarkan oleh Apple disini.

APA YANG ANDA DAPATKAN

Kotak box tebal iPhone 3G sama persis seperti generasi sebelumnya, tetapi ditambahkan tulisan 3G saja. iPhone 3G juga tersedia dalam 2 warna, yaitu hitam dan putih. Warna tersebut berada di back cover dari body. Tersedia juga dengan kapasitas penyimpanan sebesar 8GB dan 16GB.

Yang Terdapat di Dalam Kotak

Yang Terdapat di Dalam Kotak

Benda-benda yang terdapat di dalam kotak adalah:

  • iPhone
  • Manual, sticker, dan lap pembersih iPhone, semuanya dimasukan dalam 1 paket hitam.
  • Earphone beserta mic dan controller.
  • Charger
  • Kabel USB to iPhone, bisa dicolok ke komputer dan bisa juga dicolok ke charger.
  • Klip tipis seperti klip buku untuk mengeluarkan sim card dari slot nya.
Tampak Depan Mirip Dengan Generasi Pertama

Tampak Depan Mirip Dengan Generasi Pertama

PENINGKATAN KUALITAS DIBANDING GENERASI PERTAMA

Eksternal Speaker:

Satu hal yang mengganggu saya pada iPhone generasi pertama yaitu sangat buruknya kualitas eksternal speaker yang terletak di kiri bawah. Suara pecah ketika kita mendengarkan lagu menggunakan eksternal speaker, sehingga perlunya menggunakan equalizer dengan settingan “Bass Reducer” untuk meminimalkan suara yang terkesan pecah. 

Eksternal Mic, iPod Port dan Mic

Eksternal Mic, iPod Port dan Mic

Tampaknya Apple mendengarkan komplain dari para customer iPhone generasi pertama dengan malakukan peningkatan kualitas eksternal speaker yang terdapat di generasi kedua atau yang biasa kita sebut sebagai iPhone 3G. Suara terdengar lebih kencang dan tidak pecah. Tentunya merupakan salah satu peningkatan yang penting dari generasi pertama.

Koneksi 3G:

Teknologi EDGE (Enhanced Data Rates for GSM Evolution) yang dipakai pada generasi pertama sangatlah lambat. Ok untuk membuka situs-situs ringan, tetapi akses yang lambat akanlah tetap mengganggu kita untuk browsing. Penggunaan teknologi 3G pada generasi baru ini merupakan sebuah fitur yang paling dinanti oleh para calon pembeli iPhone.

Peningkatan performa yang saya alami cukup signifikan dan terasa. Tentunya koneksi 3G yang stabil juga diperlukan. Jadi pilihan operator 3G yang tepat sangat berperan penting disini.

Penggunaan teknologi 3G ini tentunya sedikit lebih menguras baterai daripada penggunaan teknologi EDGE.

Homescreen dengan lebih banyak icon:

Pada generasi pertama, homescreen di iPhone tidak dapat bergeser seperti pada generasi kedua, sehingga tidak banyak icon shortcut untuk menaruh aplikasi. Pada iPhone 3G, homescreen juga bisa di geser sehingga dapat memuat banyak icon shortcut. Tentunya fitur ini disediakan oleh Apple karena user sekarang sudah bisa memuat banyak aplikasi di iPhone melalui aplikasi gratis ataupun berbayar yang bisa didapatkan melalui AppStore.

AppStore dan iTunes Store:

Dua fitur ini sangatlah mengasyikan, apabila bila anda sudah mempunyai account dan kredit di iTunes USA Store. Anda bisa langsung membeli aplikasi atau mengunduh yang gratis, serta membeli lagu secara langsung dari iTunes melalui iPhone anda. Seperti memiliki toko musik di kantong anda.

Untuk membuat account USA iTunes, silahkan membaca artikel ini.

KUALITAS BODY

casing bagian belakang berbahan aluminum dan plastik hitam yang kita temui pada generasi pertama sudah dihilangkan dan semuanya diganti menjadi casing plastik yang berkualitas tinggi. Tentunya casing plastik lebih tidak memblok sinyal jaringan dan dari sisi desain membuat bagian belakang iPhone lebih konsisten daripada generasi sebelumnya. Tetapi kekurangan dari bahan plastik ini adalah menjadi sebagai tempat berkumpulnya minyak yang terdapat pada jari tangan kita.

Ladang Minyak

Ladang Minyak

Bagian belakang yang menjadi tempat berkumpulnya minyak membuat iPhone terlihat kurang menarik. Tetapi kondisi nyata tidak terlalu parah seperti gambar foto diatas.

Pada layar depan juga tetap menjadi tempat berkumpulnya minyak karena gesekan jari kita untuk mengontrol iPhone. Penggunaan anti gores pada layar bisa menanggulangi masalah ini, tetapi akan menjadikan layar terlihat lebih terkesan matte dan kurang terang. 

Pengalaman saya menggunakan iPhone generasi pertama, kualitas layar yang terbuat dari kaca sangatlah baik. Dengan menggosokannya ke baju, layar terlihat bersih kembali tanpa meninggalkan lecet. Hal yang sudah benar-benar diperhatikan Apple ketika membuat produk ini dan tentunya berlaku juga untuk generasi kedua ini.

Semoga review kecil ini membantu anda yang ingin membeli iPhone 3G. Bila ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar dibawah. Cheers!


Tags:
Penulis adalah Designer dan produser skala massal di bidang industri garment.

23 Comments

  1. sunardi  /  27 December 2008, 12:18 Reply

    Wah indahnya blog ini. Artikelnya pun sesuai dengan apa yang akan aku cari. Thanks. Salam kenal.

    Kapan ya bisa ngeblog pake Black Macbook.

  2. Adi Chandra  /  27 December 2008, 13:11 Reply

    @sunardi: black iPhone maksudnya pak? hehe.

  3. Indra  /  27 December 2008, 16:01 Reply

    nice review.. too bad my heart has already with other gadget LoL..

    anyway, saya mempertimbangkan untuk beli Macbook nih, ada yg bersedia review.

    other than that, nice post as always :)

  4. Adi Chandra  /  27 December 2008, 16:43 Reply

    Macbook yg baru kualitas layarnya jauh di bawah mbp dan macbook air. Mungkin utk menekan budget production.

  5. taufiq  /  27 December 2008, 17:55 Reply

    waduh, kapan yak keluar di sini, katanya digandeng sama telkomsl yah???
    *mode ngiler on :D*

  6. Yo  /  28 December 2008, 09:34 Reply

    @Adi Chandra:

    Mosok kwalitasnya jauh dibawah mbp/mbair? Bukan karena jenis video cardnya? bener sih kemarin liat2 di toko..mbp kelihatan lbh terang dan crisp. kalau bandingin dgn mb late gen kemarin masih lebih oke kan?

  7. Adi Chandra  /  28 December 2008, 18:10 Reply

    @Yo: betul mas. kualitasnya jauh dibawah screen MBP dan MB Air. bukan pengaruh dari VGA, tp memang dari kualitas screenya tersebut.

    ya kalau mb alu dibandingin sama macbook yg lama masih lebih bagus. kalau anda upgrade dari mb lama ke mb baru sih gak kecewa.

    tp bagi anda yg dulunya pake MBP, trus tiba2 berpindah ke Macbook baru krn specnya mirip, siap2 kecewa sama layarnya. apalagi dibandingin sama layar MBP baru dan MB air sekarang ini.

  8. Indra  /  29 December 2008, 18:43 Reply

    Ralat om, iPhone first gen homescreen juga bisa geser. Semua iPhone max. homescreen 9 halaman. AppStore juga di iPhone 2G bisa asal udah upgrade ke fw 2.*

    audio jack iPhone 3G juga bisa dicolok jack biasa, kalo yang iPhone 2G kan dia lebih kecil & musti pake converter kalo buat jack biasa.

    Oh iya, iPhone 3G juga bisa HSDPA alias 3,5G.

    *proud iPhone 2G owner :P*

  9. Adi Chandra  /  29 December 2008, 19:05 Reply

    oh. Soalnya dulu make iphone 2g cm sempet sampe firmware 1.14. Ya anggap aja ini sebagai perbandingan iphone 2g dan 3g secara factory default. Thanks.

  10. fauzan@MakeMac  /  30 December 2008, 07:36 Reply

    @taufiq:
    menurut berita yang beredar, iPhone 3G akan masuk ke Indonesia sekitar bulan Februari.

  11. Indra  /  30 December 2008, 08:39 Reply

    1.1.4 pun bisa digeser2 kok halamannya.

    @Yo
    karena screen MacBook yang baru itu glossy sedangkan MacBook Pro yg lama itu Matte. Semua line up mac sekarang screennya glossy.

  12. Adi Chandra  /  30 December 2008, 09:04 Reply

    mb alu sama2 glossy kayak mbp alu. Tp kualitas layar mb tetap dibawah mbp. Hitamnya kurang gelap, putihnya kurang putih. Kalau lagi di toko apple, coba bandingkan sendiri. Tp tetep lebih baik drprd macbook white atau black.

  13. synMac  /  4 February 2009, 23:39 Reply

    wah…jadi iri neh…pertengahan Januari aku sempat ditawari TELKOMSEL iPhone 3G aku kira sudah ada, tapi ternyata mereka cuma survey peminat dan belum ada harganya.
    bagi pemakai iPhone 2G gimana neh rasanya?
    trus dimana ya bisa ndapetinnya+how much/berapaan neh?
    makasih makasih… O:)

  14. Philindo Taguba  /  11 February 2009, 20:43 Reply

    jd mas, baiknya gimana nih..
    mending nunggu yg join ma telkomsel, atau nitip temen di singapur, atau beli bm??

    tolong kasih pendapat ya boss….bingung nih…thx b4

  15. rahmad  /  13 February 2009, 11:28 Reply

    mas kmaren q kn bli iphone tapi second,tak hidupin tu hanya ada tampilanya itunes dan kabl usb trus ada tulisanya NO SIM CARD INSTALLEDINSERT AN UNLOCKED AND VALID SIM TO ACTIVATE IPHONE gmn y mas,makasih

  16. Iman  /  22 March 2009, 21:27 Reply

    Salam kenal bro,

    Saya minta izin ambil psoting ini ya ke blog saya.

    Makasih sebelumnya :)

  17. yuyu  /  25 June 2009, 13:46 Reply

    saya mau tanya katanya IPHONE 3G kalo nelp lama casing belakangnya bisa jadi cembung karena terbuat dari plastik ga tahan panas…

  18. yayat  /  12 September 2009, 22:00 Reply

    Mau tanya Mas, apakah gadget ini bisa buat push email kantor )Microsoft Outlook seperti BB? mohon pencerahannya.

    terima kasih,

  19. harada  /  29 October 2009, 10:34 Reply

    Mau nanya nih,
    1. Kl beli iphone 3g di singapura hrs kontrak dgn singtel selama 2 thn y? Trus kl kontrak sudah habis, iphone akan ter-lock lg? mohon penjelasan nya?
    2. Bedanya jailbreak dan unlocked? berlaku untuk iphone fu dan su?
    3. Garansi/servis iphone 3g yg dibeli di singapura bs di servis di apple indonesia ga?

    Thx

  20. saatulihsan  /  8 November 2011, 10:15 Reply

    Kalau iPhone yang kudu pakai gevey baru dapet sinyal itu SU atau FU bang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>