Games

Menjadi Pelari yang Tercepat di Rope Racers!



rope-racers-1

Membuat game yang lucu namun tetap mempunyai sisi kompetitif untuk dapat dimainkan di sebuah layar yang kecil bukanlah sebuah tantangan yang mudah. Beberapa alasannya adalah, karena biasanya game yang lucu cenderung lebih memikat hati anak kecil, yang lebih menyukai permainan multiplayer daripada kompetisi. Tidak hanya itu saja, tim pengembang juga harus menerapkan kendali yang cukup sederhana agar permainan tetap dapat dinikmati dengan semaksimal mungkin dibalik luas layar yang terbatas.

Tetapi pada kenyataannya tantangan yang tidak mudah tersebut tidak juga membuat tim pengembang Small Giant Games mundur untuk membuat Rope Racers. Sebuah game platformer yang mempunyai tampilan lucu dan sangat kompetitif pada sistem permainannya. Pada game ini, sejumlah pemain dari seluruh dunia harus saling berlomba untuk menjadi yang pertama.

Gunakan Tali dan Booster Secara Bersamaan

rope-racers-2
Rope Racers adalah sebuah game tentang lomba lari, yang dihiasi dengan berbagai sistem unik di dalamnya. Di dalam permainan, tugas pemain adalah untuk menjadi yang paling cepat diantara pemain lainnya. Untuk itu, pemain harus memaksimalkan kemampuan karakternya sendiri serta memanfaatkan berbagai objek yang ada di dalam permainan untuk membuat karakternya berlari lebih cepat dibanding yang lain.

Selain karena pemilihan karakter, pada track permainan akan terdapat beberapa objek yang dapat membantu karakter pemain untuk dapat berlari lebih cepat, seperti adanya tali dan booster. Tali menjadi satu bagian dari karakter sendiri, sehingga semua karakter akan mempunyai tali dengan fungsi yang sama. Dengan menggunakan tali tersebut, pemain dapat membuat karakternya bergelantungan, menjadikan karakter mereka melesat jauh ke depan dengan memanfaatkan momentum lompatan.

rope-racers-3
Gabungkan momentum lompatan tadi dengan booster yang tersedia acak di dalam game, dan saya jamin karakter pemain akan menjadi pelari yang lebih cepat dari pemain lainnya. Tapi tetap, pemain harus berhati-hati. Walaupun pemain dapat secara terus-menerus menggunakan tali untuk keuntungannya sendiri dalam melompat, menggunakannya di waktu yang salah akan membuat karakter pemain menabrak dinding atau justru melompat ke jalan yang salah, yang membuat karakter pemain menurunkan kecepatannya atau justru akan jatuh ke dalam bara api.

Kendali Sederhana dan Responsif

rope-racers-4
Sangat sederhana dan sangat responsif. Dua hal itulah yang sangat saya sukai pada kendali yang ada di Rope Racers. Pemain dituntut untuk memainkan game ini secara cepat karena disini, karakter kalian akan berlari untuk berusaha mengalahkan musuh lain, yang tentunya juga tidak mau kalah cepat. Jadi pemain yang lengah bisa dipastikan akan jauh tertinggal di belakang. Ingat, pada game ini, musuh kalian adalah pemain sungguhan bukan hanya sebuah AI komputer, jadi kompetisinya benar-benar nyata.

Mengetahui waktu pasti dari kapan karakter pemain harus melompat, dan kapan harus berlari merupakan dua hal yang penting. Salah perhitungan saat melompat misalnya, karakter pemain bisa saja terjatuh ke bara api, yang akibatnya, karakter pemain harus mengulang kembali untuk berlari dari posisi beberapa meter ke belakang sebelum karakter tadi terjatuh. Dalam hal lomba lari, hal tersebut tentunya bukanlah sebuah kabar baik.

rope-racers-5
Untungnya, tim pengembang menerapkan kendali yang cukup sederhana dalam game ini, sehingga pemain tidak merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan sistem kendalinya. Karakter pemain akan berlari secara otomatis sehingga tugas pemain hanyalah memastikan karakternya melompat di waktu yang tepat. Untuk melompat, pemain dapat melakukan tap lalu tahan pada layar bagian manapun. Semakin lama pemain menahan jarinya di layar maka semakin lama pula karakter pemain akan bergelantungan.

IAP dan Adanya Iklan Pada Menu

rope-racers-6
Jika kalian adalah seorang pemain yang cepat bosan dengan karakter yang ada pada suatu game, maka kecil kemungkinan hal itu tidak akan terjadi saat kalian memainkan Rope Racers. Karakter yang dapat dibuka di sepanjang permainan jumlahnya cukup banyak. Untuk saat ini saja, sudah tersedia 30 karakter dengan kekuatan dan kemampuannya masing-masing.

Sayangnya hal itu sedikit terbayangi dengan adanya IAP. Pada Rope Racers, ekonomi diatur dengan uang yang pemain dapatkan saat menyelesaikan misi, mengambil uang yang tersedia acak pada saat pertandingan, atau dengan membelinya langsung menggunakan uang sungguhan. Sehingga pemain yang tidak sabar mungkin akan mengambil cara cepat dengan membeli langsung karakter yang cukup kuat untuk mencoba mengalahkan lawan.

Hal lain yang kehadirannya tidak diinginkan adalah adanya iklan dan sistem energi. Rope Racers mempunyai iklan yang muncul secara acak pada saat pemain berada pada menu utama. Memang iklan ini tidak terlalu mengganggu karena kemunculannya dapat diantisipasi, namun begitu, saya rasa akan lebih menyenangkan apabila adanya iklan ini dimunculkan pada saat yang berbeda, seperti untuk mendapatkan karakter baru misalnya. Sistem energinya sendiri cukup banyak sehingga kehadirannya menurut saya tidak terlalu mengganggu sistem permainannya sendiri.


Baca Juga:

  • Review Shadow Blade: Reload, Memperbaiki Keseimbangan Dunia

  • Review Mechanic Escape, Misi Penyelamatan Spesies TV


Kesimpulan

Jika kalian pernah mendengar game bernama Speedrunners yang hadir untuk PC, maka kalian akan menemukan sistem permainan yang sama, dengan yang terdapat pada Rope Racers. Kendali yang sederhana, permainan yang hanya membutuhkan waktu pendek, namun tetap terasa menegangkan itulah yang saya rasakan saat memainkan Rope Racers.

Grafisnya cukup baik, tapi menurut saya masih bisa ditingkatkan lagi. Dan diluar itu, sistem kendalinya dibuat dengan sangat baik, sehingga pemain dijamin tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk dapat terbiasa meskipun kalian sama sekali adalah pemain yang baru dalam sebuah game platformer sekalipun.

rope-racers-7
Saya beberapa kali berhasil mengalahkan pemain yang mempunyai level jauh lebih tinggi daripada saya sendiri. Hal ini berarti adanya perbedaan kemampuan tidak ditentukan pada karakter yang dipilih, namun lebih kepada kemampuan pemain sendiri. Cukup mengejutkan, terutama karena game yang gratis biasanya cenderung mendukung adanya ‘menang karena membayar’, tapi tenang saja, hal tersebut justru tidak terlalu terasa pada Rope Racers.

Jika kalian mencari sebuah game kompetitif, yang tidak memakan waktu lama saat dimainkan, dan tetap mempunyai grafis yang cukup baik, maka Rope Racers bisa menjadi salah satu pilihan. Game ini telah dirilis di App Store tepat pada hari ini, sehingga kalian tidak perlu menunggu lebih lama lagi untuk dapat memainkannya.

Download Rope Racers - Fun Multiplayer Racing Game · Harga: Gratis


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top