News

(Rumor) iPhone 8 Bakal Dibekali “Function Area” di Bezel Bawah

iPhone 8

Lambat laun spesifikasi iPhone 8 yang sedang disiapkan Apple untuk diluncurkan tahun ini satu demi satu mulai terkuak. Kabar terbaru menyebutkan mengenai fitur baru di bezel bagian bawahnya.

Dalam catatan terbarunya seperti dilihat 9to5Mac, analis dari KGI Securities, Ming-Chi Kuo, memprediksikan bahwa Apple bakal menyematkan fitur baru yang disebut “Function Area” di bagian bawah layar iPhone 8. Dari namanya, fitur baru itu berfungsi sebagai tombol virtual dan akses cepat.

iPhone 8

Berada di area tombol Home seperti sebelumnya, Function Area itu disebutkan bakal menggantikan Touch ID. Sebagai penggantinya, analis ulung tersebut mengatakan Apple sedang menyiapkan teknologi biometrik baru dengan fungsi keamanannya serupa seperti pemindai sidik jari yang sudah lama diadopsi sejak iPhone 5s itu.

Meski demikian, Kuo dalam catatannya tidak mengkonfirmasi soal bakal adanya teknologi pengenalan wajah di iPhone 8. Mengingat rumornya, Apple bakal menyematkan teknologi ini disamping adanya teknologi biometrik baru di iPhone baru tersebut.

iPhone 8 sendiri dikonfirmasi bakal dibekali dengan layar OLED berukuran 5,8 inci. Meski layarnya lebih besar daripada model iPhone generasi sebelumnya, Kuo mengatakan area aktif layarnya yang bisa dioperasikan memiliki ukuran sekitar 5,1 inci.

The most apparent change of the OLED iPhone will be a full-screen design, along with the elimination of the Home button and current fingerprint recognition technology. Of particular note is that we expect the OLED iPhone will adopt a 5.8” physical OLED panel. But the actual display area will be around 5.15”, and the rest will be an area for functions (e.g. allocation of virtual buttons).


Baca juga:


Informasi menarik lainnya yang diungkap adalah soal faktor bentuk iPhone 8. Kuo menyebutkan iPhone 8 bakal memiliki ukuran bodi yang lebih kecil dari iPhone 5,5 inci. Malahan, bakal mirip seperti iPhone dengan layar 4,7 inci.

Selain itu, iPhone 8 juga disebutkan bakal dibekali baterai berkapasitas lebih besar. Hal ini dimungkinkan dengan desain papan sirkuit PCB yang didesain lebih kecil sehingga menyisakan ruang tambahan buat baterai lebih besar.

Secara spesifikasi dan desain, iPhone 8 bakal berbeda dari dua model iPhone generasi berikutnya yang masih menganut desain mirip seperti pendahulunya. Selain mengadopsi desain kaca, iPhone baru itu juga bakal disematkan wireless charging. Jadi tidak mengherankan jika muncul rumor beberapa waktu lalu menyebutkan harga jualnya menembus lebih dari AS$1.000.


2 Comments

2 Comments

  1. ola

    16 February 2017 at 14:13

    Menurut pendapat saya ” apple hanya berburu omset saja ada pun soal ke canggihan dr prodak2 nya hanya untuk menyaingi saingan nya saja , apalagi akan muncul iphone 8 ” jangan lah apple murah teknologi seperti samsung atau yg lain . Seandainya steve job masih ada sy yakin dia tdk akan seperti tim cook yg murah akan teknologi…..maaf kan sy cook , caba lah seperti steve job

    • zak

      17 February 2017 at 07:49

      Saya kira gak jadi soal. Cook paling tidak masih mempertahankan prinsip simple yang ditanamkan Jobs pada semua produk Apple. Jika pun Cook melakukan penambahan atau peningkatan fitur di produk2 terbaru, itu karena melihat permintaan pasar. Itu penting karena jika tidak berinovasi, Apple mungkin akan tinggal nama digerus pasar Android.
      Sebagai catatan, Apple kuat karena mempunyai pengguna loyal khususnya untuk iPhone. Maka, ketika mereka melempar produk dengan sederet fitur baru, selain perlu buat pengguna lama juga menarik pengguna baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top