News

Spotify Siapkan Strategi Pembatasan Album Musik untuk Pengguna Berbayar

Perang antara Spotify dan para label musik besar seperti Universal, Sony dan Warner masih terus terjadi. Hal ini mengacu kepada kebijakan Spotify yang menggunakan sistem streaming gratis dengan iklan di dalamnya. Hal ini membuat pihak label musik merasa dirugikan dan ingin menaikkan biaya royalti. Kini kabarnya Spotify dan para pihak tersebut sedang mengadakan beberapa negosiasi. Untuk meredam hal ini, Spotify juga kabarnya akan membatasi beberapa album musik terkenal dari ketiga label dalam waktu dekat. Yaitu hanya dapat diakses oleh pengguna berbayar alias Spotify Premium.

In exchange, Spotify would restrict the biggest album releases to its paid tier for a period of time — a substantial concession after years of friction with pop stars including Taylor Swift, who pulled her music from the platform in 2014.


Baca Juga:


Hingga berita ini tim MakeMac bagikan, belum ada keputusan resmi yang diambil atau diumumkan. Namun kabarnya negosiasi tersebut sudah berlangsung selama beberapa bulan dan akan segera diumumkan dalam beberpa minggu lagi.

Bagi kamu yang belum tahu, Spotify termasuk satu-satunya layanan streaming musik yang memberikan layanan gratis tanpa bayar dan bisa menikmati musik secara lengkap. Pengguna hanya akan menerima iklan berbentuk suara atau himbauan untuk berlangganan Spotify Premium atau batasan lain seperti kualitas suara atau mode ganti lagu. Sedangkan para pesaingnya seperti Tidal atau Apple Music, menggunaka mode gratis coba selama beberapa waktu dengan metode “setor” sistem pembayaran yang akan digunakan jika masa ujicoba tersebtu selesai.

Apakah kamu menggunakan Spotify? Atau menggunakan layanan Apple Music? Pertimbangan apa yang kamu pilih saat menentukan layanan streaming musik yang akan digunakan? Bagikan di kolom komentar ya!


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top