Spotlight: Sinkronisasi aplikasi iPhone

helpviewerPertanyaan kedua minggu ini adalah mengenai sinkronisasi aplikasi iPhone, dari Raudha.

Pertanyaan:

bagaimana cara memasukkan aplikasi iphone yang baru saya download di itunes store ke iphone saya TANPA menghapus aplikasi-aplikasi lama saya.

karena ketika saya menghubungkan iphone saya ke itunes dan mencoba memasukkan program yang saya download,itunes meminta untuk mensinkronisasi iphone tersebut.
bukankah dengan sinkronisasi,aplikasi/lagu/film/data apapun akan hilang, seperti di ipod

terima kasih atas jawabannya

Saya tidak tahu apakah Anda memakai dua mesin atau satu, dan kenapa aplikasi yang ada di iPhone berbeda dengan yang ada di iTunes.

Untuk menghindari hilangnya data, silakan backup terlebih dahulu library iTunes. Library iTunes biasanya terletak di dalam folder Music di akun Mac Anda.

Kemudian lakukan singkronisasi, kalau tidak salah ketika pertama sinkronisasi iTunes akan ditanya apakah akan “merge” (menggabungkan kedua data dari dua device tersebut), “replace data on device” dan “replace data on computer”—mengganti data di device dengan data yang ada di device lainnya. Dalam kasus Anda, sebaiknya pilih “merge“.

Apabila ada aplikasi yang terhapus, cobalah mematikan opsi “Automitaclly sync when iPhone is connected“. Kemudian di tab Application, bisa memilih aplikasi mana saja yang akan di Sync.


Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

46 Comments

  1. Dian  /  22 May 2009, 12:17 Reply

    dear pak,

    mohon bantuannya kalo dalam satu iphone , menggunakan dua account itunes yang berbeda( account A dan account B), apakah aplikasi2 yang sudah di DL dengan account itunes A kedalam iphone akan raib atau hangus jika saya login ke application store dengan account B ? atau saya akan masih tetap bisa menggunakan aplikasi2 tersebut walaupun saya login dengan account B.

    terima kasih banyak pak .. mohon penjelasannya ya :)

  2. Kuswanto  /  22 May 2009, 12:40 Reply

    @Dian: iya akan raib. iPhone harus memakai satu akun iTunes saja.

  3. Dian  /  22 May 2009, 14:06 Reply

    huaa…. :( jadi saya harus ngerelain applikasinya raib :(

    makasie yaa pak penjelasannya :)

    -dian

  4. raudha  /  28 July 2009, 00:25 Reply

    wah trima kasih atas jawabannya mas ^_^

    mengenai tanggapannya :)

    awalnya saya membeli iphone mendapat gratisan aplikasi skitar 90 buah dari toko iphone-nya, nah saya kan mau nambah aplikasi lagi jadi saya download lewat itunes store di laptop.
    saya sudah mendownload skitar 20 free apps, dan saya mau menambahkan ke iphone saya.

    pas saya mau sync, ada notifnya kalau iphone ini hanya bisa di 1 itunes library, jadi kalau mau nambah aplikasi baru, aplikasi yg lama (90 aplikasi saya) akan terhapus dan diganti
    dengan yg baru (20 aplikasi), :( :(

    awalnya saya sudah mem-back up data awal saya di laptop saya, tapi saya tidak bisa menemukan 90 aplikasi itu di library saya, saya hanya menemukan aplikasi yang baru saya download saya… ;-( ;-( ;-(

    kira2 diapain yah mas supaya bisa ditambahin

    fyi saya uda coba download file explorer buat iphone kaya diskaid,
    saya juga udah coba utak atik root folder, kopi paste folder aplikasinya ke desktop
    trus saya coba kopas aplikasinya ke iphone temen saya, tapi ga bisa kebaca,, ;-(

    makasih atas bantuannya :wink: :wink:

  5. Remy  /  17 November 2009, 19:25 Reply

    mohon pencerahan.. saya mau sync iphone di itunes agar bisa mengambil aplikasi yg saya download di itunes untuk iphone saya.. tapi sewaktu saya mau sync kok seperti tdk terjadi apa apa ya.. iphone saya tetap sama dengan aplikasi sebelumnya.. dan aplikasi di itunes yg saya download tidak satupun yg masuk ke iphone.. sekali lg mohon pencerahan nya.. terima kasih.. :)

  6. Kuswanto  /  17 November 2009, 21:18 Reply

    @Remy:
    Di iTunes pastikan “Sycn Applications”-nya di centrang. Lihat gambar ini.

    • xiena  /  9 May 2011, 18:04

      udah di centrang tapi tetep ga mau masuk

  7. dayana  /  26 November 2009, 16:28 Reply

    haaaaaaaaaaiii…

    setelah baca smua koment yg ada, msh blom ngerti jg neh cara masukin aplikasi yg sdh di download ke ipod.
    Permasalahannya hampir sama, bli ipod lsng dpt aplikasi gratis nah stlh smp dirumah mau tambah aplikasi lagi malah ga bs..
    untuk aplikasi yg lama tidak bs dibuka trus aplikasi yg baru stlh di sync ga muncul di ipod..
    klo boleh, ksh tau detail cara masukkan aplikasi ke ipod..

    thx for all :)

  8. beck  /  15 February 2010, 01:41 Reply

    kenapa tiap saya download applikasi dr laptop saya ke iphone, selalu error n tidak dpt di download. padahal iphone saya sudah dijailbreak.

    apakah game atw aplikasi versi dibawah 3.1.2 bisa di pakai pd versi 3.1.2

  9. poncha  /  5 April 2010, 07:18 Reply

    Untuk aplikasi yg di beli di Cydia apakah akan ikut terhapus (MySms dan iblacklist) apabila akan di sinkron dengan itunes karena saya akan sinkron dengan akun saya yg baru.
    Terima kasih.

  10. tedy  /  6 October 2010, 10:15 Reply

    permisi…
    mau nanya…
    saya baru saja beli iphone 3gs…
    namun belum mengisi aplikasi’a 1 pun…
    namun pada saat saya ingin mengisi aplikasi lewat itunes, tidak bisa…
    padahal program yg saya download telah ada…
    saya coba terus, tetap tidak bisa memasukan aplikasi itu ke iphone…
    apakah iphone saya rusak? atau gara2 itunes’a sendiri?
    mohon pencerahan’a…

  11. putri  /  3 November 2010, 08:46 Reply

    saya baru beli iphone 3Gs second yang udah full aplikasi tp waktu saya mau masukin lagu secara manual ternyata ga bisa .. trs saya klik yg manually manage music and videos tapi ternyata pas mau di apply ada tulisan erase and sync atau cancel … karena saya takut aplikasi nya semua kebuang jd saya cancel aja …
    nah jadi gimana? kalau saya pilih erase and sync, aplikasi yg ada bakan kehapus gaa???

    • Kuswanto  /  3 November 2010, 11:03

      Setiap iPhone hanya bisa di sync ke satu iTunes.

  12. lia  /  7 November 2010, 20:07 Reply

    Saya mau tanya ,pertama kali saya nambahin applikasi ke iphone itu pake laptop tmen saya . Pas saya mau msukkin app yang uda saya download , applikasi lama malah keapus trus applikasi saya ga mau masuk ke iphone nya ? Kira2 gimana ya penanganannya supaya saya bisa masukin aplikasi ke iphone ?

    • Kuswanto  /  7 November 2010, 21:10

      Delete dulu semua data di iPhone. Buka Settings, kemudian pilih Reset All. Data di iPhone akan hilang (jadi kalau ada data yang penting backup dulu)

      Kemudian colokin ke iTunes di laptop kamu, dan Sync deh…

      iPhone, iPod atau iPad itu hanya bisa Sync dengan satu library iTunes aja.

  13. totan  /  13 November 2010, 15:27 Reply

    mw tanya jg dong master… gw baru punya iphone & ga ada app’nya, lalu gw minta app dari temen, apakah bisa di masukkan tanpa harus download?
    bagaimana caranya? cos udah pernah coba ga bisa masuk.. mohon solusinya
    thx

    • Kuswanto  /  13 November 2010, 19:11

      Gak bisa. Totan harus beli sendiri aplikasinya.

  14. amole  /  17 November 2010, 06:22 Reply

    mau nanya nih…
    saya punya iphone 4 sudah terinstall beberapa aplikasi, saya mau tambah aplikasi lg dengan akun itune berbeda, gimana caranya supaya ketika di sync tidak menghilangkan aplikasi yg sudah terinstall sebelumnya dengan akun itune yg berbeda…..?

    note, aplikasi yg terinstall, dari toko tempat saya beli, yg pasti di install dengan akun itune mereka, saya mau namba aplikasi melalui akun saya sendiri

    mohon pencerahannya…makasih

    salam, tenny

  15. amole  /  17 November 2010, 06:24 Reply

    mau nanya nih… saya punya iphone 4 sudah terinstall beberapa aplikasi, saya mau tambah aplikasi lg dengan akun itune berbeda, gimana caranya supaya ketika di sync tidak menghilangkan aplikasi yg sudah terinstall sebelumnya dengan akun itune yg berbeda…..?

    note, aplikasi yg terinstall, dari toko tempat saya beli, yg pasti di install dengan akun itune mereka, saya mau namba aplikasi melalui akun saya sendiri

    mohon pencerahannya…makasih

    salam, amole

  16. safita  /  15 December 2010, 13:43 Reply

    aku br beli ipone,,,gmn sich hal pertama untuk masukin lagu ke ipone,,,,,,kalo dr itunes kom,,gmn caranya?????tolong yach

  17. Putri  /  26 December 2010, 20:32 Reply

    Permisi mau nanya, saya udh masukin applikasi game ke iphone tp ga muncul2 dihpnya. Pdhl udh disync. Malah spertinya gd yg brubah. Saya cb donlot dr iphonenya, jg sama ga muncul2 knp ya?

  18. Anni  /  8 February 2011, 12:40 Reply

    ini saya baru memakai iphone. kog pas saya colokkan iphone saya ke laptop. gak ada menu application. kog bisa gitu ya? itu yang salah itunesnya blm versi terbaru atau iphonenya mesti diupdate? thx

  19. willan  /  16 May 2011, 21:43 Reply

    4 jam gw ngotak ngatik dan cari info digoogle untuk transfer lagu, video dari pc ke ipad lewat itunes tanpa menghapus data2 sebelumnya yg ada di ipad tapi semua situs di internet yg gw buka gada yg bisa memberikan penjelasan dan memberi jawaban …..hem GW YG BODOH ATAU SITUS2 ITU YG BODOH?

    • Kuswanto  /  17 May 2011, 12:09

      Gini aja Wil, bikin satu akun baru yang fresh di Mac. Terus sync ke iTunes. Nanti lagu-lagu yang ada di iPad bakal masuk ke iTune libary akun baru tersebut. Setelah itu copy lagu-lagu di iTunes (ada di folder Music > iTunes) ke dalam hardisk.

      Log out dari akun baru, masuk ke akun lama. Drag-n-drop, lagu di hardisk external ke iTunes. Nah, terus sync dengan dengan iPad kamu, lagu-lagu yang ada di iPad akan tetap dihapus dan merging dengan data kamu yang lama.

      Cara di atas memang tidak elegan, tapi bisa dilakukan.

  20. dede  /  30 May 2011, 19:00 Reply

    halo, saya baru dapet ipod kosong, jadi download aplikasinya di komp.A. kemudian, sukses, aplikasinya masuk. kemudian saya donlod aplikasi2 lagi di komp B. nah, kalo di sync itu yg aplikasi lama bakal hilang ya ? gak ada cara menggabungkan nya ?
    thnx

  21. Leon  /  27 June 2011, 01:38 Reply

    Pak Kus numpang tanya klo saya tadinya itouch saya ada acc A terus saya ubah ke acc B. Nah terus saya pake acc B buat download banyak app store. Saya kan mo update os, Karena takut ada apa-apa yah saya mau transfer app store yang ada di itouch saya, Namun pas masukin acc B tersebut muncul tulisan “This computer is no longer authorized for applications that are installed on the ipod.” Harus bagaimana yah pak untuk membackup app purchases saya. thx

    • Kuswanto  /  27 June 2011, 07:08

      Di iTunes log-in ke akun B. Kemudian ke di menu, Store > Authorize Computer. Masukan username dan password. Semoga semua apps kamu bisa berhasil di sync.

  22. lidya  /  30 April 2013, 22:01 Reply

    Misi, mau nanya dong.
    Kok saya mau transfer aplikasi dari itunes ke iphone saya tdk bs ya? Saya sdh sync, tp saat proses sync step ke-3, tiba-tiba stop sendiri, dan aplikasi tdk masuk ke iphone saya. Kalau seperti itu bagaimana ya cara mengatasinya?
    Terima kasih sebelumnya.

    • Kuswanto  /  1 May 2013, 18:55

      Apakah muncul pesan kesalahan ketika Error?

    • lidya  /  1 May 2013, 20:03

      Tidak ada pesan apa-apa. Jd saat connect iPhone ke iTunes, kan automatically sync. Tp saat proses sync step ke-3 (determining apps to sync) dari 5 step, tiba-tiba stop, sync nya tdk bs sukses. Itu karena apa ya?

    • Kuswanto  /  1 May 2013, 21:20

      Bisa jadi ada salah satu aplikasi yang corupt. Mungkin bisa di ingat-ingat aplikasi apa yang baru-baru ini di download. Hapus aplikasi tersebut di iPhone dan iTunes. Kalau dibutuhkan, nanti bisa download kembali.

    • lidya  /  2 May 2013, 13:53

      Nanti akan saya coba. Terima kasih atas bantuannya.

  23. Lita Oktaviany  /  14 May 2013, 14:12 Reply

    Pak mau tanya nih, kalau misalnya ada dua iPhone yang satu iPhone 3Gs yang satu iPhone 5. Apa bisa di sync dalam satu iTunes yang sama? Mohon bantuannya. Terima kasih :)

    • Kuswanto  /  14 May 2013, 18:57

      Bisa.

  24. Farhan  /  14 June 2013, 10:06 Reply

    Mas saya mo nanya nih, saya pake iphone 5 yang udah di sync lagunya. ketika ada lagu baru yang saya download, saya remove syncnya. dan ketika saya synckan kembali, semua lagu terserbut menjadi crash dan amat sulit di sync kan(lama,fail,dll). ada saran apa yg harus saya lakukan mas? terimakasih sebelumnya.

  25. yoshie  /  17 June 2013, 00:14 Reply

    ampooen dah ma iphone ini…
    bang Koes… masalah ane kurang lebih sama kyk beberapa temen2 diatas…
    ane pake iphone 4s.. apple id dah beres dibuat.. itunes 10 dah terinstall plus update nya… authorized laptop jg udh.. download aplikasi lewat wi-fi ndak ada masalah, download lewat aplikasi lewat itunes laptop jg ndak masalah, tp giliran giliran nge sync nya yg ndak bisa2.. sampe step 3 langsung kelar gitu aja, di cek ke iphonenya aplikasinya mmg ndak masuk… dan bingungnya ndak ada keluar tulisan apapun (error dsb)… pdhal aplikasi yg corrupt jg ndak ada, tanda centang (automatically sync new apps) jg dah dicentang…. itu kenapa ya baaang ?????

  26. fanfan  /  18 October 2013, 22:56 Reply

    pak saya mau tanya kan saya beli iphone second trus waktu mau di authorization ngga bisa pak ada tulisan “iphone tidak dapat disinkronisasikan karena komputer ini tidak lagi berwenang untuk barang yang dibeli yang terdapat pada ponsel ini” itu gimana ya pak ?
    please reply ya pak :((((((

  27. irwan  /  23 October 2013, 23:55 Reply

    Mas saya mau tanya, waktu saya membuat nada iring di itunes dan harus saya pindahkan ke iphone kan saya harus sinkronisasi, tapi ko beberapa aplikasi saya pada pindah ke itunes PC dan beberapa foto yg ada di pc juga pindah ke iphone saya, waduh ko jadi pada pindahan gini yahh.. bagaimana cara balikin kembali aplikasi saya yah ? saya sudah coba di edit tapi waktu syncronisasi ko ga bisa yah ? sudah saya masukin aplikasinya ke iphone dan saya tekan syncronisasi malah balik lagi ke awal ? trimakasih pencerahanya mas ..

  28. nino  /  30 November 2013, 11:56 Reply

    kenapa terakhir ini saya mensinkron iphone 5 saya ke laptop muncul this backup is corrupt, delete and try again

  29. Edward  /  3 December 2013, 16:25 Reply

    Mohon bantuannya…Saya pake iphone 5 yang sempat ngesync dengan itunes di laptop saya, kemudian laptop saya error dan menyebabkan harus re-install windows nya jadi data-data sudah tdk sempat ter back-up, bagaimana apabila saya ingin merestore data di itunes yg ad d laptop saya tersebut sesuai dengan awal ketika telah sync dengan iphone 5 saya? Untuk bantuan dan perhatiannya, terima kasih…

  30. herwi  /  15 December 2013, 01:06 Reply

    mohon bantuannya, kenapa itune saya tidak ada pilihan syns=c contact ketika disambungkan dengan iphone?

  31. Karina  /  27 December 2013, 19:08 Reply

    Saya ingin bertanya.
    Setiap saya snyc iphone saya di itunes, pada step 2 saya selalu disuruh untuk authorize apps yang diinstal di iphone, saat saya pilih authorize selalu keluar pilihan “did you forget your password” padahal saya tidak disuruh memasukan password dan saya tidak lupa password apple id saya, jika saya pilih cancel, syncnya akan stop. Ini ada masalah dimananya dan bagaimana cara mengatasinya? Mohon bantuannya, terimakasih:)

  32. kaka fazilla  /  12 January 2014, 12:56 Reply

    pa saya minta bantuannya dong,saya pake iphone 4g,saya mau sync ke laptop dan mau masukin aplikasi dari laptop ke iphone tapi ketika saya ketik sync selalu ada notif “iphone saya tidak bisa sync karna “no longer authorized for purchased items that are on this phone” saya sudah klik store lalu klik authorize this computer berkali kali tapi selalu muncul notif itu lagi,minta solusinya ya pa
    trims.

  33. rakha ramadhan  /  10 March 2014, 18:36 Reply

    min , saya baru beli macbook air trus saya ingin memasukkan data di iPhone saya ke iTunes di macbook nya itu gimana carana ya ? setau saya apple divice hanya bisa menggunakan satu iTunes di satu laptop (?) tolong bantu saya saya tidak tahu cara memindahkannya .. apa bisa memindahkannya tanpa menghapus data ??

    – thanks –

  34. marcel  /  25 March 2014, 13:08 Reply

    kok saya setiap mau nge sync aplikasi selalu gabisa sih?pasti ada tulisan gini “the iphone could not be synced because this computer is no longer authorized for purchased items that are on this phone” gitu

  35. leon  /  6 April 2014, 21:21 Reply

    malam master.. sya baru beli iphone second… dan saya tahu iphone ini icloud… tapi iphone bisa berjalan dengan normal.. hanya tidak bisa telp dan sms.. tapi pas saya sambungkan iphone sy ke itunes ada divice iphone saya.. tetapi ada tulisan insert sim card.. mohon pencerahan.. apakah iphone saya jika dimasukan sim card akan ke lock..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>